Harmony Blog

Resiko Usaha – Apa Saja Jenis, Contoh dan Cara Mengatasinya

Diupdate Mar 11th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

resiko usahaPin

Dalam menjalankan usahanya, setiap pebisnis harus menyadari bahwa seiring bisnis yang terus bertumbuh pasti selalu diikuti oleh semakin banyak resiko usaha yang harus dihadapi. Untuk menghadapi resiko usaha yang ada, perusahaan bisa menerapkan kebijakan manajemen risiko.

Tujuan dari manajemen tersebut adalah untuk memastikan bahwa berbagai macam resiko usaha yang timbul dalam aktivitas bisnis akan mudah teridentifikasi, terukur, dan jika terjadi akan dapat segera dikelola dengan baik.

Untuk menghadapi resiko usaha yang ada, perusahaan bisa menerapkan kebijakan manajemen risiko.

Pengertian Resiko Usaha dan Penyebabnya

Resiko usaha memiliki pengertian yang beragam dari beberapa para ahli. Misalnya H Abbas Salim yang menjelaskan bahwa risiko usaha merupakan ketidakpastian yang datang secara ilmiah dan memungkinkan terjadi kerugian bagi perusahaan. Sementara Martono dan Agus Harjito menjelaskan bahwa risiko usaha atau risiko bisnis adalah penyimpangan hasil yang diperoleh dari rencana hasil yang diharapkan perusahaan.

Jadi, definisi resiko usaha atau risiko bisnis secara mudah dapat dimengerti jika suatu usaha tidak mendapatkan hasil yang baik dalam target usahanya dan terjadinya kendala-kendala merugikan dalam periode usaha.

Resiko usaha bisa disebabkan oleh 3 faktor, yaitu adanya ketidakpastian secara ekonomi (economic uncertainty caused), ketidakpastian disebabkan oleh alam (nature uncertainty caused), dan ketidakpastian yang disebabkan oleh perilaku manusia (human uncertainty caused).

Persaingan atau kompetisi merupakan salah satu contoh resiko usaha yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha. Contoh resiko usaha lainnya misalnya kehilangan kepercayaan konsumen, kecurangan laporan keuangan, dan gagal dalam memperdagangkan produk. Hal ini disebabkan oleh semakin majunya sebuah bisnis secara otomatis akan bermunculan pesaing usaha yang sejenis. Hal-hal tersebut mungkin saja dialami oleh setiap usaha.

Baca Juga : Opini Audit Laporan Keuangan dan Jenis-Jenisnya dalam Perusahaan

Jenis Jenis Resiko Usaha

Ada banyak risiko yang dihadapi oleh perusahaan yang bisa diklasifikasikan pada jenis jenis resiko usaha tertentu. Berikut ini, akan dibahas mengenai jenis jenis resiko usaha berdasarkan kerugian yang diperoleh, kontrol usaha, dan target komponen usaha.

1. Berdasarkan Kerugian Yang Diperoleh

Jika ditinjau dari kerugian yang mungkin diperoleh usaha, jenis jenis resiko usaha dapat dibedakan menjadi 2, yaitu risiko spekulatif dan risiko murni. Risiko spekulatif merupakan risiko usaha yang kemungkinan terjadi peluang untung atau justru mengalami kerugian kembali.

Contoh resiko usaha yang tergolong risiko spekulatif misalnya pembelian saham. Peluang keuntungan yang mungkin diperoleh yaitu  keuntungan dari pembagian saham yang sudah diterbitkan oleh perusahaan. Sementara kerugian yang mungkin dialami adalah pemegang saham mengalami kerugian karena perusahaan penerbit saham mengalami kebangkrutan.

Risiko murni merupakan risiko usaha yang mungkin terjadi jika terjadi dipastikan usaha akan mengalami kerugian. Contohnya risiko yang disebabkan oleh bencana alam, pencurian, break event, kecelakaan, atau kebakaran. Faktor-faktor tersebut bisa menyebabkan risiko murni karena perusahaan akan kehilangan aset dan harus mengeluarkan biaya besar untuk melakukan pemulihan

2. Berdasarkan Kontrol Usaha

Jika ditinjau dari kontrol usahanya, maka ada jenis jenis resiko usaha, yaitu risiko yang bisa dikendalikan dan risiko yang tidak bisa dikendalikan. Contoh resiko usaha yang bisa dikendalikan adalah pasokan produk di pasaran yang siap dilaksanakan, kemudian selama berbulan-bulan produk tersebut belum maksimal dalam mendapatkan.

Meskipun perusahaan mengalami kerugian, namun risiko tersebut bisa dikendalikan dengan cara mengevaluasi produk serta strategi marketingnya. Sementara contoh risiko usaha yang tidak bisa dikendalikan adalah risiko yang bersifat tidak bisa diprediksi seperti bencana alam.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Berdasarkan Target Komponen Usaha

Jenis risiko target komponen usaha merupakan risiko usaha yang berupa ketidakpastian dalam manajemen perusahaan. Ada banyak risiko yang mengancam manajemen perusahaan, contohnya:

Risiko pasar, yaitu risiko yang timbul dari ketidakpastian suatu produk agar dapat terjual dan menghasilkan laba yang wajar atas investasi perusahaan.

Risiko keuangan, yaitu risiko yang menyangkut kebijakan yang akan diambil terkait pembiayaan akan dilakukan dengan kredit, modal, maupun hutang perusahaan.

Risiko produksi, yaitu risiko yang menyangkut ketidakpastian dalam urusan personalia, teknik produksi, cara mendapatkan persediaan, dan penggunaan mesin produksi.

Baca Juga : Pengertian Budget Management dan Pentingnya Bagi Perusahaan Anda

Cara Mengatasi Risiko Usaha

Untuk mengatasi risiko usaha, sangat penting bagi perusahaan untuk membangun sebuah sistem, yaitu manajemen risiko. Tugas dari manajemen risiko tersebut nantinya akan membuat perencanaan bisnis yang kemudian diberikan untuk berbagai divisi dan perusahaan sebagai program terstruktur untuk menghindari adanya ketidakpastian dalam satu periode usaha.

Setiap divisi hanya perlu melakukan program yang telah dibuat dalam menjalankan fungsinya di dalam perusahaan. Selanjutnya, pihak yang bertanggung jawab dalam manajemen risiko akan terus memantau perkembangan munculnya ketidakpastian dalam usaha.

Salah satu risiko usaha adalah risiko keuangan yang pastinya banyak ketidakpastian akan terjadi. Risiko terjadi kecurangan dalam laporan keuangan pasti akan sangat merugikan. Karena itu, pastikan dalam perencanaan manajemen risiko untuk menghadirkan software akuntansi Harmony. Neraca, laporan laba rugi, dan segala bentuk pembukuan bisa dibuat dan dicatat dengan akurat sehingga tidak akan terjadi kecurangan dalam laporan keuangan.

Software akuntansi Harmony memberikan promo GRATIS 30 hari untuk Anda yang mengambil peluang emas ini. Daftar di sini sekarang dan tingkatkan manajemen risiko Anda meminimalisir kecurangan keuangan usaha Anda. Update juga insight dan informasi Anda tiap hari dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony