Harmony Blog

Bagaimana Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah?

Diupdate Feb 24th, 2021
6

SHARES

PEMBACA

cara membaca laporan keuanganPin

Laporan keuangan adalah media informasi penting mengenai pengambilan keputusan yang menyangkut posisi finansial perusahaan.

Laporan keuangan biasanya dibuat dengan periode tertentu, sebagai pebisnis yang handal anda harus bisa membaca laporan keuangan dalam mengartikan berita atau informasi terkait dengan kinerja perusahaan. Dalam kondisi tersebut, kesalahan penafsiran akan berakibat serius terhadap akurasi pengambilan keputusan kebijakan perusahaan.

Banyak pebisnis yang gagal mengambil kebijakan perusahaan, karena salah membaca dan menilai informasi penting dalam laporan keuangan.

Laporan keuangan yang sering dijadikan bahan rujukan keputusan adalah laporan laba rugi (income statement), laporan neraca (balance sheet), laporan perubahan modal (the statement of shareholders’ equity) dan laporan arus kas (cash flow statement).

Biasanya laporan perubahan modal jarang digunakan karena didalam tidak terlalu banyak mengandung informasi penting.

Dari keempat laporan keuangan tersebut akan selalu dirilis oleh perusahaan secara berkala tiap tahunnya.

Ini Cara Mudah Membaca Laporan Keuangan

1. Membaca Laporan Neraca (Balance Sheet)

Dalam laporan neraca Anda dapat melihat posisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, hutang dan modal:

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca laporan neraca, antara lain:

– Akun aset, anda harus memperhatikan kas yang dimiliki dengan operasional perusahaan dengan mengecek notes, melihat rincian sesuai dengan nomor catatan. Seperti kas, piutang, persedian tergolong dalam aset lancar dan rumah, tanah kendaraan bermotor tergolong aset tetap dll.

– Akun hutang, hal pertama yang anda harus perhatikan hutang bank atau tidak. Jika tidak berarti bagus, memang lebih bagus tidak ada hutang bank.

– Modal, hal terpenting yang perlu anda ketahui modal yang anda dapatkan sebagai pemilik saham adalah modal yang dapat didistribusikan.

Neraca adalah sebuah sebuah laporan yang menceritakan kondisi keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu, dimana laporan keuangan akan berisi sejumlah harta, asset pada suatu sisi dan hutang modal pada sisi yang lain. Laporan neraca atau balance sheet biasanya disusun secara sistematis yang terdiri dari aktiva, hutang dan modal.

Bentuk laporan neraca terbagi 2 yakni:

1. Berbentuk skontro atau rekening, biasanya kolom aktiva bersebelahan dengan kolom pasiva (hutang dan modal).

2. Berbentuk vertikal, biasanya penyajiannya mulai dari aktiva atau (aset) sampai ke bawah kolo pasiva (hutang dan modal).

Berikut contoh laporan neraca dalam bentuk vertikal :

Membaca laporan keuanganPin

Dalam Laporan Neraca tersebut terlihat pada baris aktiva (baris atas) dan baris pasiva (baris bawah) memiliki nilai total yang sama sebesar Rp. 174.995.000, berarti seimbang antara aktiva dan pasiva.

2. Membaca Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan laba rugi akan memuat hasil usaha selama periode tertentu, didalamnya memuat informasi tentang berapa jumlah pendapatan, jumlah biaya yang terjadi pada suatu periode. Laporan laba rugi atau profit loss, laporan yang menerangkan jumlah penjualan dan beban biaya yang dikeluarkan dalam suatu periode tertentu. Biasanya laporan laba rugi dikeluarkan setiap setahun sekali, yaitu pada akhir tahun buku.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam laporan laba rugi, antara lain:

1. Dikatakan laba, apabila pendapatan lebih besar dari beban.

2. Dikatakan rugi, apabila pendapatan lebih kecil dari beban.

Berikut contoh laporan laba rugi :

Image 25Pin

Dalam laporan laba rugi ini menunjukan bahwa perusahaan mengalami keuntungan bersih sebesar Rp. 173.295.000, hal ini di tunjukan bahwa pendapatan lebih besar daripada beban.

3. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas atau cashflow, laporan yang menjelaskan adanya aliran keluar masuk kas dalam perusahaan. laporan arus kas berguna untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan membandingkan kondisi kas saat ini dengan yang akan datang.

Adapun yang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca laporan arus kas, antara lain:

1. Arus kas operasional, jika arus kas positif berarti usaha mereka sudah menghasilkan profit dan jika negative berarti pembiayaan operasional lebih besar dari kas yang diterima dan belum bisa menghasilkan profit.

2. Arus kas investasi

3. Arus kas pendanaan.

Metode laporan arus kas terbagi 2 bagian:

1. Metode Langsung, pengecekan ulang pada setiap pos (perkiraan). Misalnya yang berhubungan dengan penjualan dalam laporan laba-rugi adalah “kas yang diterima dari pelanggan”, yang berhubungan dengan harga pokok penjualan adalah “kas yang dibayarkan untuk persediaan”.

2. Metode Tidak Langsung, biasanya dimulai dari laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba-rugi. Metode ini sering digunakan kebanyakan perusahaan karena relatif lebih mudah untuk merekonsiliasikan perbedaan antara laba bersih dengan arus kas bersih.

Berikut contoh laporan arus kas dengan metode tidak langsung :

Image 26Pin

Dalam laporan arus kas terlihat antara kondisi saldo awal kas dengan saldo akhir kas, sehingga anda harus membaca adanya pergerakan bersih sebesar Rp. 230.440.000

4. Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal, laporan menjelaskan adanya perubahan atau pergerakan modal dalam suatu periode. Perubahan modal tersebut dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti saldo awal, laba rugi bersih, prive dan saldo akhir. Prive adalah penarikan sejumlah dana oleh owner untuk digunakan diluar operasional kantor atau pribadi).

Adapun hal-hal diperhatikan dalam membaca laporan perubahan modal, antara lain:

1. Dapat dikatakan profit, bilamana modal akhir menunjukan perubahan penambahan dari kondisi modal awal.

2. Dapat dikatakan loss, bilamana modal akhir menunjukan perubahan pengurangan dari kondisi modal awal setelah di kurangi total prive.

Berikut contoh laporan perubahan atau pergerakan modal:

Image 27Pin

Dalam laporan perubahan modal terlihat adanya penambahan dari kondisi modal awal sebesar Rp. 173.295.000,-

Begitulah penjelasan bagaimana cara membaca laporan keuangan dengan mudah? Dengan anda bisa membaca laporan keuangan dengan benar, anda tidak akan gagal dalam pengambilan keputusan agar bisa lebih efektif dan efisien.

Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini Anda dapat membuat laporan keuangan bisnis dimana saja, kapan saja secara realtime menggunakan software akuntansi harmony.

Harmony merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam menyediakan lebih dari 20 laporan keuangan secara real-time. Dengan sistem berbasis cloud dan teknologi yang canggih, lebih mudah bagi Anda untuk mengerjakannya walau Anda tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu Fintax Fair.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony