Harmony Blog

Rasio Likuiditas: Penjelasan dan Kegunaannya dalam Perusahaan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

RASIO LIKUIDITASPin

Ada banyak topik yang bisa diangkat ketika membicarakan tentang bisnis dan ekonomi. Jika Anda bicara tentang rasio, maka akan hadir beberapa rasio keuangan yang akan bantu Anda sebagai pebisnis. Contoh rasio yang mungkin Anda sering dengar adalah rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, rasio likuiditas dan masih banyak lainnya.

Rasio likuiditas ini digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban atau membayar utang jangka pendeknya. Dalam menghitung rasio ini, Anda hanya akan mendapat dua jawaban yaitu:

1. Perusahaan likuid jika mampu memenuhi kewajibannya

2. Perusahaan likuid jika gagal memenuhi kewajibannya

Semakin tinggi tingkat likuiditasnya, maka kinerja perusahaan dianggap semakin baik. Perusahaan dengan rasio likuiditas tinggi biasanya lebih mudah dalam mendapatkan bantuan keuangan dari pihak lain.

Jenis-Jenis Rasio Likuiditas

Untuk bisa mengukur rasio ini, Anda bisa membandingkan komponen-komponen yang ada dalam neraca yaitu total aktiva lancar dan total pasiva lancar. Biasanya rasio likuiditas dihitung untuk beberapa periode sehingga terlihat jelas perkembangan perusahaan.

Rasio likuiditas ini terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

1. Current Ratio

Current ratio ini akan membantu Anda untuk melihat kemampuan perusahaan menggunakan aktiva lancar untuk membayar semua utang lancarnya.

Semakin besar rasio aktiva lancar dan utang lancar, maka semakin tinggi kemampuan perusahaan dalam menutupi kewajiban lancarnya. Nilai rasio yang tinggi bisa diartikan bahwa perusahaan mendapat keuntungan yang besar ataupun perusahaan tidak bisa menggunakan keuangan secara efektif untuk berinvestasi.

2. Cash Ratio

Jenis rasio yang ketiga ini akan menunjukkan tingkat kemampuan perusahaan melunasi utang jangka pendek menggunakan kas atau setara kas (mis. rekening giro). Semakin besar cash ratio maka semakin baik pula hasilnya.

Untuk melengkapi analisa atas cash dalam perusahaan, Anda perlu juga menghitung bagaimana tingkat rasio profit margin yang dihasilkan. Sehingga gambaran keuangan perusahaan akan lebih lengkap tercermin dan Anda mengetahui perkembangan bisnis dimasa depan.

3. Quick Ratio

Rasio ini akan menunjukkan tingkat kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka pendek dengan aktiva lancar, di luar persediaan. Dalam rasio ini, persediaan tidak disertakan karena butuh proses lama untuk menguangkannya. Quick ratio ini terdiri dari piutang dan surat berharga. Likuidasi perusahaan semakin baik jika rasionya minimal 1:1.

Baca Juga : Seperti Apa Quick Ratio yang Bagus dalam Keuangan Perusahaan?

4. Cash Turnover Ratio

Rasio ini menunjukkan nilai relatif antara penjualan bersih terhadap kerja bersih perusahaan. Rumusnya adalah pengurangan dari aktiva lancar dengan utang lancar. Perhitungan ratio ini akan menggambarkan seberapa besar penjualan atau profit untuk modal kerja perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Fungsi dan Manfaat Rasio Likuiditas

Fungsi utama dari penghitungan rasio likuiditas adalah untuk mengetahui apakah perusahaan masuk kategori perusahaan likuid atau ilikuid. Di luar itu, rasio likuiditas juga memiliki beberapa manfaat bagi perusahaan yaitu sebagai berikut:

a. Perusahaan akan lebih mudah mendapat nilai positif di mata investor atau kreditur jika hasil rasio likuiditasnya baik

b. Jika perusahaan Anda bergerak di bidang layanan keuangan, maka nasabah Anda bisa lebih mudah dalam menarik dana

c. Anda bisa mengantisipasi lebih awal jika memiliki kebutuhan yang sangat mendesak sekalipun


Tentunya setelah Anda mengenali fungsi, manfaat dan jenis dari rasio likuiditas, maka hal yang selanjutnya adalah melakukan perhitungan atas semua rasio tersebut. Dengan jaman teknologi saat ini, Anda tidak perlu khawatir untuk menghitung berbagai rasio tersebut. Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan software akuntansi seperti Harmony.

Dengan Harmony, segala kesalahan penghitungan berbagai rasio tersebut bisa diminimalisir. Anda akan mendapatkan semua hasilnya secara realtime. Harmony adalah software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda akses dimana saja dan kapan saja.

Segera miliki pembukuan rapih dengan mudah seperti para ribuan UMKM lainnya. Harmony ini dibuat dengan sistem canggih dan fitur yang lengkap yang mudah digunakan oleh siapapun walau tidak punya background akuntansi sekalipun. Anda ingin mencobanya secara Gratis 30 Hari? Daftar sekarang juga di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK