Harmony Blog

Rahasia Prinsip Psikologi Marketing yang Memikat Konsumen

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

prinsip psikologi marketingPin

Berbicara masalah penjualan berarti tidak terlepas dari stategi pemasaran produk efektif dan efisien karena pada hakekatnya anda sebagai pelaku usaha harus menerapkan prinsip psikologi marketing. Dimana prinsip psikologi marketing ini membuat anda bisa lebih memberikan kesan yang special terhadap konsumen.

Dengan pemberian kesan yang special merupakan penerapan dari prinsip psikologi marketing membuat konsumen lebih loyal dan antusias dalam menggunakan produk yang anda tawarkan. Seperti dilansir dari platform media kolaboratif Indonesia kumparan.com edisi 4 Juni 2020, menerangkan perusahaan jaringan kedai kopi global asal amerika yaitu starbuck.

Penerapan prinsip psikologi marketing dapat menjadikan konsumen anda lebih loyal dan antusias dalam menggunakan produk yang anda tawarkan.

Perusahaan starbuck telah berhasil menerapkan salah satu trik prinsip psikologi marketing yaitu membuat jebakan “ukuran” yang memiliki harga tidak berbeda jauh atau dengan cukup menambahkan beberapa ribu rupiah bisa mendapatkan ukuran gelas yang lebih besar, tentunya anda akan tergoda.

Kali ini akan dibahas mengenai rahasia prinsip psikologi marketing yang memikat konsumen. Simak terus artikel ini.

Pengertian Prinsip Psikologi Marketing

Menurut Wikipedia.org, pengertian prinsip adalah Prinsip adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak.

Menurut Kristianto (2011:4), pengertian psikologi marketing adalah integrasi ilmu psikologi dan perilaku manusia ke dalam kegiatan pemasaran untuk menyukseskan tujuan pemasaran yaitu penjualan yang maksimal.

Dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa prinsip psikologi marketing adalah pedoman dalam penetapan integrasi ilmu psikologi dan perilaku manusia ke dalam kegiatan pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Hal tersebut merupakan indikasi dari strategi rahasia meningkatkan konversi penjualan.

Dalam bukunya “Psikologi Pemasaran” Kristianto (2011:5) menyebutkan adanya 2 cangkupan dasar dalam psikologi pemasaran yaitu:

1. Segmentasi Pasar

Pengelompokan segmen pasar atau pembatasan sasaran berdasarkan jenis kelamin/demografi/pendidikan/psikologi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Setelah segmen pasar ini juga penting bagi anda memahami strategi pemasaran STP (segmenting, targeting dan positioning) terlebih dahulu agar pemasaran bisa terukur dan terarah.

2. Pemahaman Proses Pembelian

Adapun tahap-tahap dalam melakukan proses pembelian seperti pencarian informasi, memilih satu dari beberapa alternatif barang yang dibeli, tindakan membeli, evaluasi pasca beli.

Prinsip Psikologi Marketing

Adapun beberapa prinsip psikologi marketing yang bisa anda terapkan dalam memikat konsumen dalam bisnis anda, diantaranya sebagai berikut:

1. Prinsip Priming

Prinsip psikologi marketing yang pertama adalah priming. Istilah priming mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Prinsip priming dapat diartikan sebagai kesan pertama atau stimulus image pertama kali terhadap produk yang anda tawarkan haruslah memberikan kunci yang positif sehingga dapat mengaktifkan pikiran atau perasaan terhadap perilaku konsumen.

Biasanya prinsip priming ini bisa anda terapkan pada website perusahaan anda dengan memberikan teknik priming yang halus secara berulang. Anda bisa membuat sesuatu yang mencolok tetapi sangat terkesan sederhana sehingga dapat tertanam dalam pikiran atau perilaku konsumen tersebut. Penetapan dari warna, benda, simbol atau hal lain yang dilihat konsumen dapat mengingatkan pada produk yang anda tawarkan.

Teknik psikologi marketing ini berasal dari psikolog amerika John A. Bargh, beliau menggunakan teknik ini dengan daftar kata dua topik yang berbeda. Daftar kata-kata yang berhubungan dengan topik “usia” seperti botak, pelupa, tongkat dan pincang. Dan daftar lain menggunakan istilah lentur, sopan, olahraga atau topik anak muda.

Teknik psikologi marketing ini juga dapat digunakan secara aktif untuk pemasaran rekomendasi influencer. Dalam penerapannya kampanye image dan branding merupakan kombinasi konsep pemasaran dan efek utama dari psikologi adalah cara modern untuk mengantisipasi kebutuhan dan keinginan pengguna dengan lebih cepat dan efektif melalui Crossmedia.

2. Prinsip Timbal Balik

Istilah timbal balik sudah sangat digunakan pada pemasaran online, dalam perkembangan saat ini sudah banyak pemasar yang menggunakan prinsip ini meminta feedback dari konsumen. Anda bisa memberikan sesuatu tanpa harapan pengembalian yang dirasakan seperti hadiah, poin bonus, diskon atau sesuatu yang eklusif ditawarkan kepada konsumen.

Pemberian hadiah lebih efektif jika anda tawarkan terlebih dahulu bukan pemberian hadiah di akhir penjualan. Hal tersebut merupakan bagian dari prinsip timbal balik menawarkan insentif lain saat penjualan.

Prinsip timbal balik ini dapat memberikan gambaran adanya hubungan yang kuat kebutuhan manusia untuk memberi dan menjalin keterkaitan yang kuat. Teknik psikologi marketing ini harus dibangun berdasarkan kepercayaan dengan menawarkan insentif kepada pelanggan, namun juga dengan menawarkan kebijakan penyelesaian layanan pelanggan dan keluhan.

Implementasi dalam pemasaran online anda harus memiliki tujuan agar pembeli memberikan timbal balik kepada anda seperti loyalitas. Pemberian hadiah seperti souvenir ucapan terima kasih membuat lebih terkesan pada konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Prinsip Social Proof

Prinsip psikologi marketing yang ketiga adalah prinsip social proof yang mana merupakan media marketing yang efektif dalam strategi rahasia meningkatkan konversi penjualan. Prinsip ini menggunakan rekomendasi dari publik figure mengenai testimoni produk anda sehingga cenderung dapat memberikan keputusan yang cepat dalam membeli produk tersebut.

Biasanya dalam prinsip psikologi marketing ini anda bisa menggunakan testimoni dari konsumen yang telah membeli produk, pendapat para pakar dibidang produk anda yang ditawarkan seperti food blogger, rekomendasi beberapa selebritis atau publik figur dan menampilkan sejumlah pengguna seperti penggunaan kata kata “produk ini telah digunakan oleh ribuan pelaku usaha”.

Penggunaan media sosial seperti Instagram, facebook dan twitter sangat cocok dalam penerapan prinsip social proof. Anda bisa melakukan mention para pakar atau publik figure pada akun toko online anda atau hashtag. Dengan bisa bisa memberikan secara psikologis para konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang anda tawarkan.

4. Prinsip Decoy Effect

Prinsip psikologi marketing ini mengadopsi kemampuan untuk menghipnotis konsumen dengan menggantikan pilihan diantara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Opsi tersebut dengan memberikan harga yang tidak masuk akal sementara di sisi lain memberikan solusi harga yang sangat menguntungkan bagi konsumen.

Teknik psikologi marketing ini merupakan salah satu permainan harga yang bertujuan mengarahkan pembeli untuk memilih pada pilihan yang lebih mahal dengan berbagai banyak keuntungan. Dalam ilmu psikologi marketing prinsip decoy effect ini sering disebut dengan istilah “attraction effect” atau “asymmetric dominance effect yang digunakan sebagai konsep pemasaran efektif.

5. Prinsip Kelangkaan

Prinsip psikologi marketing ini mengadopsi konsep tergantung pada hukum penawaran dan permintaan. Semakin kelangkaan produk tersebut memberikan dorongan para konsumen untuk membeli sebelum kehabisan. Anda bisa menggunakan istilah produk tersebut “sangat eksklusif” atau “limited edition” sehingga konsumen akan memanfaatkan kesempatan yang ada dalam membeli produk yang anda tawarkan.

6. Prinsip Baader-Meinhof

Prinsip psikologi marketing ini sangat berkaitan dengan konsep marketing automation, anda bisa menampilkan suatu produk di media sosial atau di media manapun. Anda bisa melacak konsumen ketika memberikan kontak atau IP address setelah konsumen membuka website, media sosial atau situs online shop toko online anda.

7. Prinsip Emotional Marketing

Prinsip psikologi marketing ini merupakan strategi pemasaran yang bertujuan memberikan emosi positif bagi pangsa pasar menjadi target pemasaran. Anda juga bisa membranding dan meningkatkan penjualan dengan pesan edukasi pada promosi iklan produk anda. Selain edukasi moral yang positif buatlah produk anda memberikan manfaat lebih bermakna dalam memenuhi kebutuhan.

8. Prinsip Foot-in-door

Prinsip psikologi marketing yang terakhir adalah prinsip foot-in-door dengan mengajak konsumen untuk melakukan hal hal yang sederhana seperti meminta untuk berkomentar di media sosial, mengikuti webinar gratis dan membaca postingan di blog website.

Begitulah penjelasan rahasia prinsip psikologi marketing yang memikat konsumen. Dengan penerapan prinsip psikologi marketing diatas akan menjadikan konsumen lebih loyal dan tetap bisa meningkatkan profit perusahaan.

Dalam menghitung profit pastinya anda memerlukan laporan keuangan yang akurat dan valid, maka dari itu anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony