Mau memiliki produk yang segera diingat oleh masyarakat? Nah, publisitas adalah solusinya. Berdasarkan definisinya publisitas adalah kalimat yang berasal dari kata Inggris yaitu publicity.
Di mana publisitas merupakan salah satu rencana strategis yang paling efektif sebagai alat promosi. Contoh publisitas yaitu penjualan, iklan, atau personal selling.
Untuk kegiatan publisitas ini biasanya lebih menekankan komunikasi satu arah saja.
Itulah sebabnya publisitas adalah salah satu hal yang perlu dilakukan sebagai pendorong pengembangan bisnis, serta memiliki beberapa manfaat dan contoh yang bisa Anda ketahui melalui artikel dibawah ini.
Table of Contents
Seperti pembahasan sebelumnya bahwa publicity atau publisitas adalah suatu cara untuk meningkatkan pengetahuan publik atas pelayanan atau produk.
Di mana adanya kegiatan publicity ini menunjukkan bahwa memproses, dan membuat produk tersebut bukanlah hal yang mudah bagi masyarakat.
Nah lebih menariknya lagi proses publicity ini memang membutuhkan biaya yang sedikit dibandingkan dengan pemasaran lainnya. Yang mana ternyata publicity juga memberikan manfaat yang baik pada perusahaan.
Mengapa demikian? Karena target audiens atas publicity ini menjadi lebih luas, dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu produk.
Demikian itulah secara definisinya bahwa publicity juga merupakan bagian dari strategi pemasaran, di mana tujuannya yaitu untuk memberikan pesan kepada publik untuk menggunakan atau membeli produk.
Apabila Anda belum memahami bagaimana bedanya publisitas dengan pemasaran lainnya, berikut ini ada beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui yaitu:
Dalam strategi ini akan membutuhkan biaya maupun anggaran yang lebih murah bahkan bisa gratis.
Tujuannya strategi ini tidak diperuntukkan untuk mempromosikan produk maupun jasa. Tidak menempatkan target audiens secara tertentu.
Pendanaan atau anggaran yang dikeluarkan lebih besar karena adanya pembayaran biaya iklan.
Pemasaran ini bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Strategi marketing memiliki adanya target audiens secara tertentu.
Sebagai kesimpulan sudah terlihat bahwa perbedaan marketing adalah untuk mendapatkan konsumen yang potensial, sedangkan publisitas hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat.
Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis
Kegiatan publicity ini bisa dilakukan dengan berbagai macam upaya, nah berikut ini adalah beberapa jenis dari publicity yang harus Anda ketahui.
Melalui siaran pers ini ternyata merupakan salah satu cara termudah untuk melaksanakan kegiatan publicity. Di mana perusahaan dapat menjalankan siaran pers, yang berisi informasi, atas merilis produk secara resmi atau dengan mengadakan acara yang pernah dilakukan.
Selanjutnya cobalah untuk membuat siaran pers dengan informasi yang penting secara singkat, kemudian disebarkan ke seluruh media atas siaran pers tersebut.
Selain melakukan kegiatan pers, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk publicity. Ada banyak tempat yang cocok untuk memperkenalkan produk ke publik, seperti contoh publisitas yaitu Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan Tik Tok.
Nah apabila Anda dapat menciptakan kepercayaan masyarakat secara efektif melalui media sosial, maka konten produk Anda menarik dan mendidik.
Melalui penempatan produk ini bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara meningkatkan brand awareness terhadap masyarakat.
Metode inilah juga dapat dilakukan sebagai pengiriman produk secara gratis kepada blogger, influencer, atau media lainnya untuk direview.
Kemudian jika sudah dikirim maka produk tersebut akan direview oleh seseorang ternama, yang dimana masyarakat akan lebih cenderung mempercayainya.
Dengan membangun kemitraan serta bekerja sama dengan merek lain, akan memungkinkan publik untuk mengenal produk tersebut secara luas. Nah kali ini ada banyak cara untuk bekerja sama, yaitu seperti membuat produk secara khusus dengan edisi terbatas, atau membuat bundel produk dua merek.
Sebagai contoh publisitas secara sederhana adalah misalnya sebut saja produk otomotif “Honda”, membuat acara event antar negara ASEAN, lalu acara tersebut ternyata diliput oleh berbagai media seperti TV, radio, koran, dan surat kabar lainnya.
Sehingga produk otomotif “Honda” tersebut secara tidak sadar sudah dipromosikan oleh berbagai media-media yang meliput acara event tersebut.
Contoh publisitas lainnya seperti misalnya ada seorang artis luar negeri dari Korea yang liburan ke Bali, kemudian artis tersebut menceritakan pengalaman liburannya di Bali pada media infotainment.
Sehingga secara tidak langsung wisata Bali tersebut akan dipublikasikan kepada masyarakat luas.
Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba
Meskipun dengan adanya publicity ini tidak memberikan dampak biaya yang besar, namun hal ini bisa memberikan hal yang baik bagi perusahaan.
Berikut ini ada beberapa manfaat publisitas yang dilakukan dalam bisnis:
Dengan adanya perusahaan maupun bisnis ini Anda harus mampu meningkatkan kredibilitas. Mengapa? Sebab semakin baik reputasi dalam sebuah perusahaan, maka akan semakin mudah menarik banyak pelanggan.
Namun apabila produk Anda baru saja dirilis, maka yang harus dilakukan yaitu melakukan publicity, supaya publik dapat mengetahui produk Anda sesegera mungkin.
Jika semakin banyak produk yang dilihat publik, maka semakin mudah diingat dan terlihat berkualitas di mata publik.
Manfaat publisitas selanjutnya adalah dengan meningkatkan bisnis supaya dapat menarik perhatian publik.
Sehingga dengan adanya publicity melalui media sosial, akan membuat bisnis menjadi lebih cepat diketahui publik terlebih lagi jika konten tersebut sangat menarik.
Oleh karena itu yang perlu Anda ingat yaitu apabila sebuah brand dapat membuat konten secara unik dan menarik, maka brand tersebut akan lebih dilihat.
Dengan demikian perusahaan pun harus benar memperhatikan media untuk melaksanakan kegiatan publicity.
[elementor-template id="26379"]
Itulah pembahasan mengenai publisitas. Yang dapat Anda simpulkan bahwa publicity merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, atas layanan, maupun produk supaya bisa diperhatikan oleh publik.
Adanya publicity ini ternyata memang memerlukan anggaran dana yang tidak banyak, dari beberapa jenis strategi pemasaran lainnya. Namun bagi Anda tetap saja harus melakukan pencatatan anggaran dana yang baik untuk melaksanakan proses publisitas.
Selain itu untuk melakukan perhitungan biaya anggaran Anda tentunya akan memerlukan pencatatan laporan keuangan, yang sangat penting didalam bisnis tersebut.
Nah untuk membantu Anda dalam melakukan kegiatan tersebut, cobalah gunakan melalui software pembukuan Harmony.
Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari di sini.
Mau update info menarik dan penawaran terbaik kami selanjutnya? Ayo, follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini ya.