Harmony Blog

PIBK dan PIB, Apa Bedanya? Kenali Lebih Lengkap Aturannya

Diposting Jul 19th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

PIBKPin

Singkatan PIBK adalah Pemberitahuan Impor Barang Khusus yang seringkali dijumpai dalam perdagangan internasional. Sedangkan, kalau PIB adalah Pemberitahuan Impor Barang. Keduanya sama-sama pungutan tarif pajak yang berada di kawasan pabean untuk memudahkan saluran distribusi barang kiriman dari luar negeri.

PIBK adalah suatu pernyataan tertulis yang menginformasikan tentang pabean atas kiriman barang impor tertentu dan dikirim lewat pos.Click to Tweet

Hanya saja, PIBK adalah tarif pabean yang ditetapkan khusus bagi barang-barang impor tertentu yang berfungsi sebagai faktor perdagangan internasional. Contohnya seperti produk tembakau, minuman beralkohol, serta barang-barang impor lainnya yang sudah ditetapkan oleh undang-undang perpajakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai aturan PIB dan PIBK, mari kita simak bahasan berikut, ya.

Pengertian PIBK Adalah

Menurut pengertiannya, PIBK adalah suatu pernyataan tertulis yang menginformasikan tentang pabean atas kiriman barang impor dan dikirim lewat pos.

Selain itu, pemberitahuan impor barang khusus adalah bisa juga dipakai sebagai strategi distribusi untuk klaim pembebasan bea masuk oleh si penerima barang yang diimpor. Bergantung pada apa jenis dan jumlah barang impor yang dikirim, nilai tarif pajak dan nominalnya, akan ditentukan oleh pejabat bea cukai di bagian pengiriman barang.

Pengertian pibkPin

Hal ini sesuai dengan regulasi dan undang-undang penetapan tarif dan nilai pabean jika penerima barang memberikan Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK).

Sedangkan, apabila selama pembayaran bea masuk terdapat kelebihan atau kekurangan tarif pabean, nantinya pejabat bea cukai akan menerbitkan Surat Penetapan Tarif dan Nilai Pabean (SPTNP).

Hendaknya, tarif dan nilai pabean yang tercantum dalam SPTNP segera dilunasi biayanya. Jika tidak, barang impor yang dikirimkan tidak akan diproses dan akan dianggap sebagai kategori Barang Tidak Dikuasai (BTD).

Baca Juga: 10+ Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Contohnya

Aturan Tarif PIBK Adalah

Peraturan penetapan tarif dan nilai PIBK adalah berdasarkan Permenkeu No 199 Tahun 2019 mengenai ketentuan pabean, cukai, dan pajak atas impor barang kiriman.

Dalam aturan ini, sudah jelas disebutkan tentang penetapan tarif dan nilai pabean oleh petugas bea cukai berdasarkan undang-undang yang berlaku. Selain itu, penentuan tarif dan nilai pemberitahuan impor barang khusus adalah khusus barang kiriman impor individu dan bukan badan usaha dengan Free On Board (FOB) di atas $ 1.500.

Pengertian PIB Adalah

Selanjutnya, kita akan membahas tentang apa itu PIB? PIB adalah singkatan dari Pemberitahuan Impor Barang. Secara singkat, PIB adalah suatu aktivitas impor barang yang dilengkapi berkas-berkas pendukung berdasarkan prinsip self assessment. Namun, ada perbedaan mendasar antara PIB dan PIBK.

Perbedaan PIB dan PIBK Adalah

Menurut Permenkeu No 199 tahun 2019, PIB adalah barang kiriman impor yang nilai pajaknya di atas FOB $300 – $1500 didukung consignment note, antara lain:

  • Terdapat pajak bea masuk sesuai tarif pabean yaitu 75%.
  • Tarif pabean ditentukan sesuai total valuasi atau nilai pajak barang kiriman berdasarkan undang-undang tarif pabean.

Sedangkan, pemberitahuan impor barang khusus adalah penerimaan barang impor yang bukan badan usaha. Contoh PIBK yang tarif pabean di atas FOB $ 1500 bisa didukung fasilitas khusus berupa dibebaskan bea masuk barang kiriman impor.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pengertian Dan Fungsi Consignment Note

Consignment note adalah suatu pernyataan atau bukti tertulis mengenai perjanjian pengiriman barang lewat pos. Ada dua fungsi utama consignment note, yaitu dokumen transportasi yang sah untuk menetapkan pihak penanggung jawab barang. Dan kedua, menunjukkan jumlah dan tarif pabean yang harus dibayar oleh penerima atau pengirim barang.

Apabila, barang kiriman impor tersebut memiliki consignment note dengan FOB di atas $1500, maka oleh pos akan dikirimkan consignment note ke pejabat bea dan cukai.

Di dalam consignment note, terdapat sejumlah atribut yang biasa dijumpai. Di antaranya nomor barang, berat kotor, negara pengirim, harga, biaya kirim, mata uang, nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, dan lain-lain.

Mudah-mudahan penjelasan tentang aturan terbaru dari PIBK dan PIB di atas, bermanfaat bagi Anda untuk mengembangkan saluran distribusi bisnis Anda secara global.

Untuk mempermudah dalam pengelolaan perpajakan dan pembukuan, lengkapi sistem akuntansi bisnis dengan aplikasi Harmony. Fitur-fiturnya lengkap untuk mengelola pembukuan secara instan, bebas ribet, dan semudah beberapa klik. Follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info detailnya.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Harmony secara GRATIS selama 30 hari untuk memastikan kecanggihan fitur-fiturnya, daftar melalui tautan ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK