Harmony Blog

Apa Saja Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel Bayar? Simak Selengkapnya

Diposting Jul 20th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Perbedaan Wesel Tagih dan Wesel BayarPin

Agar bisa memahami perbedaan wesel tagih dan wesel bayar, tentunya kita perlu memahami dulu pengertian wesel tagih serta contoh wesel tagih. Dalam pencatatan persediaan, biasanya perbedaan wesel tagih dan wesel bayar bisa dilihat dengan jelas. Sebab, keduanya berada di sisi yang berbeda antara si kreditur dan debitur.

Sedangkan, dari segi fungsinya, perbedaan wesel tagih dan wesel bayar sebenarnya tidak jauh berbeda. Yaitu, untuk mengklaim suatu pembayaran yang sudah disepakati jatuh tempo dan besaran nominalnya.

Wesel bayar adalah suatu klaim dari hutang yang diterbitkan atau dirilis oleh perusahaan agar bisa melunasi utang usaha yang sudah jatuh tempo.Click to Tweet

Sangat penting bagi pelaku usaha mengetahui apa perbedaan wesel tagih dan wesel bayar. Di artikel berikut, kita akan merangkum pembahasannya. Simak, yuk.

Mengenal Wesel Bayar

Jadi, pada dasarnya wesel bayar adalah suatu klaim dari hutang yang diterbitkan atau dirilis oleh perusahaan agar bisa melunasi utang usaha yang sudah jatuh tempo.

Mengenal wesel bayarPin

Secara arti sederhana, wesel bayar adalah dokumen tertulis yang menyatakan bahwa perusahaan benar memiliki hutang terhadap pihak tertentu. Nama lain wesel bayar adalah utang wesel.

Baca Juga: 5 Jenis Pendapatan Lain Lain Dalam Pembukuan Perusahaan

Sebagai contoh wesel bayar adalah perusahaan memiliki hutang ke bank dengan rincian Rp 1 juta dan jatuh tempo tanggal 12 Juli 2021, beserta bunga 12%. Maka, perusahaan dapat menerbitkan wesel bayar.

Ciri-ciri wesel bayar adalah diterbitkan oleh pemilik hutang atau debitur. Selain itu, dalam contoh pembukuan, wesel bayar dicatat ke dalam sisi kredit saat dirilis. Apabila perusahaan memiliki wesel bayar atau utang wesel secara otomatis menjadi pasiva karena harus dibayarkan sesuai perjanjian.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pengertian Wesel Tagih

Jika wesel bayar adalah wesel utang. Maka, wesel tagih ini adalah wesel piutang. Menurut perbedaan wesel tagih dan wesel bayar, jika wesel bayar adalah suatu klaim yang sah dan tertulis yang berisi tentang utang pihak lain kepada perusahaan Anda.

  • Contoh Wesel Tagih

    misalnya ada PT ABC sebagai pihak internal yang harus membayar sejumlah uang ke perusahaan Anda. Biasanya, perbedaan wesel tagih dan wesel bayar, dari sisi wesel tagih adalah sering dikenal sebagai piutang wesel atau wesel piutang, baik dengan suku bunga atau tanpa suku bunga.

  • Ciri-Ciri Wesel Tagih

    Sedangkan, ciri-ciri wesel tagih adalah diterbitkan atau dirilis oleh perusahaan Anda agar si penghutang mau segera melunasi pembayarannya. Wesel tagih adalah salah satu bukti klaim piutang atau hak Anda yang harus segera dibayar sesuai kesepakatan. Selain itu, ciri-ciri lain wesel tagih adalah ditulis di sisi debit dalam buku besar.

Perbedaan wesel tagih dan wesel bayar dilihat pada karakteristik lain wesel tagih adalah aset perusahaan yang berarti aktiva. Sebab, menjadi jenis pendapatan lain-lain perusahaan.

Hal penting lainnya yang perlu dipahami dari wesel tagih adalah mengenai tanggal jatuh tempo atau due date. Perusahaan Anda boleh menentukan jatuh tempo pembayaran atau sesuai kesepakatan bersama.

Contoh wesel tagih, misalnya: satu minggu, satu bulan, atau maksimal 3 bulan. Sebab, wesel tagih adalah jenis pembayaran dalam jangka pendek.

Begitulah ulasan kali ini mengenai perbedaan wesel tagih dan wesel bayar. Setelah memahami perbedaan wesel tagih dan wesel bayar, Anda bisa membuat wesel tagih atau wesel bayar sesuai keperluan dan melancarkan arus kas perusahaan.

Seringkali ada beberapa pihak yang merasa lupa atau kendala lain, sehingga belum melunasi pembayaran ke perusahaan Anda. Jadi, dengan adanya wesel tagih dan wesel bayar, bisa menjadi klaim dan bukti yang kuat secara hukum mengenai pembayaran yang belum dilunasi.

Dalam hal pencatatan keuangan, sangat penting untuk mengelola pembukuan dengan baik. Termasuk soal pencatatan penagihan wesel. Pakai software akuntansi Harmony agar manajemen keuangan bisnis Anda selalu rapi, sistematis, dan minim kesalahan.

Software akuntansi Harmony kini semakin banyak dipakai ribuan klien dan menjadi andalan berbagai lembaga, instansi, maupun perusahaan dan klien personal. Proses pembukuan bebas ribet, praktis, dan modern.

Masih ragu apakah fitur software akuntansi Harmony cocok untuk bisnis Anda? Silakan coba terlebih dahulu, FREE Trial daftar di sini (tidak dipungut biaya apapun selama 30 hari). Follow juga akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info detailnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony