Harmony Blog

Peran Negosiasi Bisnis Dalam Pertumbuhan Usaha

Diposting Mei 18th, 2021
118

SHARES

PEMBACA

Negosiasi BisnisPin

Sering mengalami negosiasi bisnis yang alot? Sangat lazim jika dalam menjalankan bisnis atau usaha menemui bermacam tantangan.

Termasuk adanya perbedaan pendapat atau konflik di antara para eksekutif. Sebagai perusahaan yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi, sangat penting memahami negosiasi bisnis.

Apa itu negosiasi bisnis? Negosiasi adalah suatu metode atau cara menyelesaikan perbedaan yang ada. Jadi, dengan kata lain negosiasi adalah metode di mana terjadi penyesuaian atau kompromi di antara kedua pihak agar menghindari konflik.

Atau bisa dikatakan, negosiasi adalah proses penyelesaian perbedaan melalui sarana saling memberi dan menerima, baik dalam ranah bisnis atau kehidupan pribadi. Dalam dunia usaha, manajemen operasi atau ilmu manajemen saja tidak cukup.

Negosiasi bisnis adalah pembicaraan antara perwakilan perusahaan yang memperhatikan kepentingan kedua pihak agar tidak ada yang dirugikan.Click to Tweet

Namun, dibutuhkan pemahaman tentang negosiasi bisnis agar cepat menyelesaikan perselisihan dan mencapai kesepakatan bersama. Pemilik bisnis juga perlu membuat analisis SWOT untuk menemukan kekurangan dan kelebihan organisasi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang peran negosiasi bisnis dalam pertumbuhan usaha.

Pengertian Negosiasi Bisnis

Menurut pengertiannya, negosiasi bisnis adalah sebuah proses di mana dua perusahaan dengan misi berbeda, bertemu dan saling berdiskusi untuk mencapai kesepakatan bersama yang saling menguntungkan.

Kesepakatan ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kedua pihak. Misalnya, mensejahterakan karyawan, meningkatkan nilai valuasi perusahaan, atau mendorong kemajuan bisnis perusahaan, dan lainnya.

Memang setiap kebutuhan perusahaan akan berbeda-beda. Tetapi, negosiasi  dalam bisnis ini mengambil peran penting tersendiri. Kenapa begitu? Sebab, hasil dari proses negosiasi ini akan dapat saling menutupi kekurangan perusahaan.

Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Peran dan Tujuan Negosiasi Bisnis

Negosiasi adalah pembicaraan antar perwakilan perusahaan yang memperhatikan kepentingan kedua pihak agar tidak ada yang dirugikan.

Jadi, tujuan negosiasi bisnis adalah sangat penting agar bisa menemukan solusi dan alternatif yang lebih baik bagi semua. Berikut adalah peran dan tujuan negosiasi bisnis:

Contoh negosiasi bisnisPin

  1. Menemukan Kesepakatan Kedua Pihak

    Dari contoh negosiasi bisnis di atas, dapat dilihat bahwa tujuan negosiasi bisnis sangat berperan dalam menemukan kesepakatan antara dua perusahaan yang bertikai. Negosiasi pada bisnis yang baik sangat dibutuhkan karena akan berkontribusi banyak bagi kesuksesan bisnis dan pertumbuhan usaha.

  2. Mencapai Kepuasan Antar Perusahaan

    Negosiasi adalah proses memberi dan menerima yang berarti memberikan kepuasan terhadap masing-masing pihak. Sehingga, tujuan negosiasi pada bisnis akan berhasil menjalin hubungan yang baik dan bersedia saling kerja sama satu sama lain di masa depan.

    Dalam pasar yang kompetitif sekarang, negosiasi pada bisnis yang baik akan sangat dihargai. Bagi yang belum menguasai skill dalam bernegosiasi, sebaiknya dikembangkan lagi melalui praktik dan berbagai strategi.

  3. Meningkatkan Kerja Sama Di Masa Depan

    Potensi Anda yang mampu bernegosiasi pada bisnis akan membuat investor atau mitra bisnis ingin bekerja sama. Kemampuan negosiasi adalah kunci bisnis yang sukses.

    Strategi lain untuk meningkatkan kemampuan negosiasi bisnis adalah mempraktikkan secara langsung, workshop, seminar, dan sebagainya.

Cara Praktis Melakukan Strategi Negosiasi Bisnis

Nah, mungkin Anda saat ini bertanya bagaimana sih cara atau strategi yang tepat dalam bernegosiasi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa melihat beberapa strategi yang efektif untuk Anda terapkan.

  • Lakukan Riset Sederhana dan Komprehensif

    Ketika Anda ingin melakukannya, sebaiknya buatlah riset sederhana tentang pihak perusahaan yang akan menjadi partner. Misalnya cari tahu latar belakang perusahaan tersebut, apa saja peluang yang bisa didapatkan, serta alasan yang tepat dalam negosiasi. Lakukan secara komprehensif, agar hasilnya lebih optimal.

  • Fokus Pada Tujuan Negosiasi

    Seringkali pebisnis mengalami negosiasi yang alot karena lupa dengan tujuan awal atau sesuatu yang diinginkan. Dapat dikatakan “terkecoh dengan pihak lawan”, dan akhirnya negosiasi tidak berjalan sesuai rencana. Untuk itu, penting untuk tetap fokus pada tujuan dan sebaiknya tidak mengembangkan pembicaraan ke arah yang tidak menguntungkan Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Jalin Hubungan Baik

    Kegiatan ini akan berhasil jika Anda dapat menjalin hubungan baik dengan pihak perusahaan yang akan menjadi partner. Tentunya komunikasi memiliki peranan penting. Buat impresi pertama yang baik, agar ke depannya tujuan Anda tercapai dengan sukses.

  • Siapkan Rencana Yang Menguntungkan

    Agar lebih sukses, pastikan Anda telah menyiapkan rencana utama yang menguntungkan dan juga rencana cadangan yang bisa diterima oleh calon partner Anda. Sangat lazim, bahwa kedua belah pihak ingin menemukan satu titik yang saling menguntungkan. Sehingga ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko atau kerugian yang tidak diinginkan.

    Mungkin Anda akan lebih paham, ketika kami berikan contoh negosiasi bisnis yang biasa dilakukan. Misalnya ketika PT A si penjual grosir sebuah alat elektronik, dan PT B yang akan membeli dalam jumlah banyak.

    Sangat wajar, jika PT B akan melakukan negosiasi dengan cukup agresif pada 25 Oktober 2020. Dikarenakan ada kebutuhan mendesak dan membeli dalam satuan banyak.

    Contoh negosiasi bisnis yang bisa dilakukan adalah PT B akan menawar harga Rp 500.000 per pcs untuk hard disk eksternal. Harga asli yang diberikan PT A sebesar Rp 1.000.000 per pcs.

    Berdasarkan contoh negosiasi bisnis di atas, PT B menawar penurunan harga sebesar 50% karena ada kebutuhan pembelian 20 pcs. Lalu bagaimana pertimbangan PT A?

    Tanggal 1 Nov 2020, PT B akhirnya berhasil mendapatkan harga Rp 500.000 per pcs dengan catatan pembelian 30 pcs. Menurut PT B, tidak masalah dengan syarat yang diberikan karena masih menguntungkan bagi PT B.

Itulah salah satu contoh sederhana dan peran pentingnya dalam bisnis. Nah, setelah Anda sukses menguasai skill bernegosiasi pada bisnis, jangan sampai terlupakan tentang pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Software Akuntansi Harmony kami rekomendasikan untuk Anda karena telah digunakan oleh ribuan pebisnis profesional.

Software Akuntansi Harmony mendukung pertumbuhan usaha dengan pembuatan laporan keuangan dan sistem pembukuan secara modern, cepat, dan real-time.

Ayo, tingkatkan sistem pembukuan dan akuntansi bisnis Anda dengan aplikasi Harmony. Rasakan kemudahan fitur-fiturnya melalui tautan ini GRATIS 30 Hari.

Sempatkan juga mengikuti aktivitas media sosial kami di akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar tak ketinggalan info menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony