Harmony Blog

Pentingnya Mencatat Bukti Kas Keluar untuk Mencegah Kebocoran Arus Kas

Diupdate Feb 24th, 2021
40

SHARES

PEMBACA

bukti kas keluarPin

Bukti transaksi merupakan hal penting dalam mencatat transaksi keuangan bagi sebuah pebisnis. Cara belajar akuntansi dengan mudah bagi pebisnis biasanya diawali dengan mengumpulkan bukti transaksi dan juga merupakan hal mendasar yang harus dilakukan oleh seorang akuntansi. Dengan melakukan pencatatan semua transaksi seorang akuntan memiliki bukti kas masuk ataupun bukti kas keluar.

Bukti kas keluar juga merupakan bukti bayar perusahaan dengan melakukan transaksi pembayaran atau pengeluaran yang dapat dipertanggung jawabkan.

Pada bukti kas keluar yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat berupa kejadian transaksi atas bukti pengeluaran kas maupun pembayaran secara tunai. Bukti kas keluar juga dapat dinyatakan sebagai nilai satuan uang yang dapat mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

Dengan adanya transaksi bukti kas keluar membuat Anda menyadari betapa pentingnya memperoleh dana dalam membiayai kegiatan perusahaan Anda. Untuk itu artikel ini akan membahas betapa perlunya perusahaan melakukan pencatatan keuangan, yang bertujuan untuk mencegah kebocoran arus kas Anda.

Pengertian Bukti Kas Keluar

Bukti kas keluar adalah suatu bukti sebagai pencatatan segala transaksi yang berhubungan dengan bukti pengeluaran kas oleh perusahaan. Bagi seluruh transaksi pengeluaran kas yang terjadi dalam perusahaan baik yang dikeluarkan untuk pihak luar perusahaan maupun untuk pihak dalam perusahaan akan dicatat dalam bukti kas keluar.

Pada bukti kas keluar di dalam dokumen pencatatan akan menunjukan adanya pengeluaran sejumlah uang dari bagian keuangan. Biasanya uang yang dikeluarkan digunakan untuk membeli perlengkapan perusahaan seperti contoh bukti kas keluar yaitu printer, buku, laptop, mesin foto copy, dan keperluan lainnya.

Sebagai bukti kas keluar harus berisi tentang keterangan perusahaan, tanggal terjadinya pengeluaran kas, keterangan nama barang atau jasa, serta jumlah uang kas yang di keluarkan. Dokumen ini juga harus di tanda tangani oleh setiap bagian keuangan, seperti contoh persetujuan dari direktur keuangan, manager keuangan, kasir, atau bagian keuangan lainnya.

Keunggulan pada bukti kas keluar yaitu sebagai bukti pendukung menyusun laporan keuangan, khususnya akun kas kecil. Bahkan dapat menjadi bukti bahwa perusahaan telah membeli suatu barang atau jasa dengan harga nominal yang disebutkan. Adanya pembelian barang dan memberikan informasi bahwa sebenarnya perusahaan telah memiliki barang tersebut.

Kegunaan Bukti Kas Keluar

Adanya kegunaan bukti kas keluar ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk sebagai bukti pendukung dalam melakukan pencatatan transaksi dan juga menyajikan sebuah laporan keuangan sebagai berikut :

• Menjadi bukti pembelian barang atau jasa secara tunai.

• Dapat melakukan pembayaran utang kepada pemasok.

• Menunjukkan informasi pengambilan prive oleh pemilik.

• Menunjukkan informasi pembayaran dividen bagi perusahaan.

• Dapat melakukan pembayaran angsuran pinjaman bank.

• Menjadi bukti pembelian aset tetap secara tunai.

• Menjadi bukti retur pembelian secara tunai.

• Menunjukkan informasi pembayaran gaji karyawan.

• Menunjukkan neraca saldo yang seimbang.

• Menunjukkan informasi pembayaran macam-macam beban.

• Melakukan pengisian kembali dana kas kecil.

Baca Juga : Seperti Ini Cara Mudah Melakukan Analisis Laporan Keuangan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tujuan Pencatatan Bukti Kas Keluar Pada Perusahaan

Aktivitas dalam mencatat kas keluar untuk perusahaan Anda, bertujuan sebagai hasil informasi yang di inginkan perusahaan. Supaya dapat disimpan jika suatu saat terjadi kesalahan perhitungan atau pelaporan keuangan, sehingga fungsi akuntansi dalam pencatatan bukti kas keluar bagi pebisnis yaitu :

1. Membagikan informasi tentang sumber-sumber ekonomi, modal perusahaan, serta kewajiban perusahaan.

2. Membagikan informasi mengenai perubahan pada sumber ekonomi, dikarenakan adanya kegiatan usaha yang dilakukan untuk mendapat keuntungan.

3. Memberikan informasi berkaitan tentang laporan keuangan perusahaan yang relevan kepada pengguna laporan.

4. Membagikan informasi keuangan yang dapat membantu perusahaan dalam mengukur potensi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dimasa mendatang.

Sebagai upaya Anda dalam memberikan informasi keuangan bukti kas keluar dan mencegah kebocoran arus kas keuangan yang baik, sesuai dengan prinsip standar akuntansi di Indonesia. Cobalah untuk memanfaatkan layanan profesional dengan menyewakan ahli jasa pembukuan untuk Anda. Walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun, Anda dapat menggunakan jasa pembukuan, membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Jenis Bukti Transaksi

Pada bukti transaksi tidak hanya diperoleh dari bukti kas masuk atau bukti kas keluar saja, akan tetapi memiliki beberapa jenis bukti lainnya. Untuk bukti transaksi dapat dibedakan menjadi dua bagian didalam perusahaan yaitu bukti Internal dan bukti eksternal sebagai berikut :

1. Bukti Transaksi Internal

Bukti internal membahas tentang transaksi keuangan yang dilakukan oleh pihak didalam perusahaan yaitu dimiliki 3 jenis bukti transaksi internal perusahaan sebagai berikut :

– Bukti kas masuk adalah bukti transaksi bahwa perusahaan telah menerima pembayaran uang secara tunai.

– Bukti kas keluar adalah bukti transaksi bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai, biasanya contoh bukti kas keluar juga dipakai sebagai pembelian perlengkapan, peralatan, pembayaran gaji, utang, dan sebagainya.

– Bukti memo adalah bukti pencatatan perusahaan antar bagian atau manajer dengan bagi-bagi yang ada di lingkungan sekitar perusahaan.

2. Bukti Transaksi Eksternal

Pada bukti eksternal merupakan suatu bukti transaksi yang tidak hanya berhubungan dengan bukti kas masuk ataupun bukti kas keluar akan tetapi juga beberapa jenis bukti yang berada di pihak luar perusahaan. Seperti beberapa jenis bukti eksternal yaitu :

a. Bukti Faktur

Dapat dikatakan sebagai bukti faktur pembelian atau penjualan secara kredit, yang memiliki 2 lembar copyan dan faktur asli diberikan kepada pembeli yaitu sebagai bukti pencatatan pembelian kredit. Akan tetapi pada faktur copy dibawa oleh penjual sebagai bukti pencatatan penjualan secara kredit yang tercatat.

b. Bukti Kwitansi

Sebagai bukti kwitansi atas transaksi penerimaan uang atau pembayaran, dapat dilakukan secara tunai atau kontan. Didalam kwitansi dibuat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak baik pihak yang menerima uang maupun pihak yang sudah melakukan pembayaran.

c. Bukti Nota Debit

Pada bukti nota debit merupakan suatu bukti transaksi yang dibuat oleh perusahaan untuk dikirim kepada pihak di luar perusahaan yang disebabkan pembelian barang atau pesanan rusak atau tidak sesuai.

Adanya nota debet, sebagai informasi kepada konsumen bahwa akunnya sudah didebet dengan nominal tertentu. Meskipun penerima nota debet dapat mencatat pada akun bukti transaksi sebagai pengirim nota disisi kredit.

d. Bukti Nota Kredit

Sebagai bukti pemberitahuan atau penghitungan yang dikirim suatu perusahaan kepada kepada pelanggannya bahwa akunnya telah dikredit sejumlah tertentu. Nota kredit diberikan kepada konsumen supaya konsumen tersebut tahu bahwa akunnya sudah dikredit dengan jumlah tertentu. Penerima nota kredit tersebut akan mencatat pada akun pihak pengirim nota.

e. Bukti Cek

Cek dikeluarkan jika diberikan surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di bank, supaya bank tersebut membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebut oleh pemilik rekening bank. Pada bukti cek ditandatangi oleh pihak yang menjadi nasabah, kemudian nasabah tersebut memiliki simpanan pada bank dalam bentuk giro.

f. Bukti Bilyet Giro

Adanya surat perintah dari nasabah kepada bank yang bersangkutan untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekeningnya ke rekening penerima yang namanya disebut didalam bilyet giro pada bank yang sama atau bank yang lainya.

g. Bukti Rekening Koran

Adanya rekening koran sebagai bukti transaksi mutasi keluar masuk kas di bank yang disusun oleh bank untuk para nasabahnya dan digunakan sebagai dasar penyesuaian pencatatan antara saldo kas menurut perusahaan dan saldo kas menurut bank. Cobalah gunakan aplikasi pendukung bagi bisnis Anda yang sudah terintegrasi otomatis dengan bank, sehingga Anda dapat meng-impor rekening koran.

h. Bukti Setoran Bank

Bukti setoran bank merupakan pencatatan suatu transaksi yang disediakan pihak bank untuk dipakai saat melakukan setoran uang ke bank.

Ketika Anda memakai pembukuan Harmony yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia, sangat berguna bagi Anda yang sudah memiliki banyak bukti transaksi, solusi untuk Anda cobalah pakai Harmony yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda atas transksi hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? Sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony