Pentingnya Melakukan Kolaborasi Bisnis untuk Perkembangan Perusahaan Anda
Harmony Blog
Marketing
Pentingnya Melakukan Kolaborasi Bisnis untuk Perkembangan Perusahaan Anda
October 13, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sebagian masyarakat mungkin masih menggunakan cara bisnis tradisional untuk mendapatkan keuntungan, namun pada era ini kolaborasi bisnis merupakan salah satu opsi strategi ukm yang tepat dan menguntungkan.

Kolaborasi bisnis juga biasanya cukup efektif dipakai oleh semua pemilik bisnis baik itu bisnis kecil, menengah dan besar. Dengan adanya kolaborasi bisnis secara otomatis akan memiliki koneksi atas penggabungan perusahaan dengan pihak kolega lainnya, demi mencapai suatu tujuan agar bisnis Anda lebih berkembang dari yang sebelumnya.

Ketika Anda mengalami kesulitan berbisnis, sangat wajar untuk melakukan kolaborasi bisnis. Berikut artikel ini akan memberikan penjelasan mengapa pentingnya melakukan kolaborasi bisnis untuk perkembangan bisnis Anda.

Kolaborasi bisnis tidak hanya membutuhkan koordinasi atau bahkan komunikasi saja, namun juga harus menetapkan tujuan, rencana bisnis, model bisnis dan planningnya secara detail dari berbagai pihak terkait.

Pengertian Kolaborasi Bisnis

Menurut Kusnandar (2013)

Kolaborasi adalah suatu proses partisipasi beberapa orang ataupun kelompok organisasi untuk bekerja sama mencapai hasil tertentu.

Sehingga sebagai kesimpulannya kolaborasi bisnis merupakan salah satu cara yang terbaik untuk setiap jenis bisnis, dengan apapun produk bisnis yang dimiliki dapat menjalin sebuah kolaborasi yang menguntungkan seperti contoh kolaborasi bisnis yaitu antara Apple dengan IBM, Google dengan Lenovo dan Telkomsel dengan Gojek.

Dengan memiliki banyak ide kolaborasi bisnis, sebaiknya melakukan tes uji coba yang efektif dan cocok bagi bisnis Anda. Sehingga sistem kolaborasi brand dan konten produk serta target audiens dapat Anda miliki. Sangat disarankan kolaborasi bisnis dengan bisnis lokal, namun hindari berpartner dengan kompetitor dan organisasi non profit.

Jenis Kolaborasi Bisnis

Pada dasarnya jenis kolaborasi dapat dibagi menjadi 4 jenis yang sering Anda temui, yaitu sebagai berikut :

Co-Marketing dan Co-Branding

Jenis kolaborasi ini biasanya seringkali menjadi reputasi dan kekuatan pada sebuah merek yang berpengaruh pada tingkat pemasaran. Selain itu juga dapat memperluas pasar dan inovasi baru serta memancing rasa ingin tahu dari para konsumen.

Co-Producing

Biasanya pada jenis ini perusahaan harus saling melengkapi, satu perusahaan memiliki ide kreatif dan satu perusahaan lain harus memiliki sumber daya produksi. Sehingga adanya kolaborasi ini akan meraup pasar yang sangat luas.

Co-Distributing

Perusahaan startup yang tidak memliki banyak jalur distribusi dapat berkolaborasi atau bekerjasama dengan perusahaan kecil dari berbagai daerah.

Co-Funding

Jenis kolaborasi ini berfungsi sebagai penggabungan saham atau penyediaan modal bagi perusahaan yang baru berdiri atau berkembang.

Pentingnya Kolaborasi Bisnis Bagi Perusahaan

Berikut ini beberapa pentingnya kolaborasi bisnis untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan serta mengembangkan usaha, yaitu :

Memperluas Jaringan Melalui Kolaborasi Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, tentunya akan sering bertemu dengan orang baru serta dapat menambah teman bisnis atau kontak kolega bisnis. Dengan melalui kolaborasi tersebut cobalah untuk ketahui rekan atau kolega bisnis yang cocok untuk perusahaan Anda.

Namun tetaplah menjaga hubungan meskipun Anda tidak membangun kolaborasi dengan pihak rekan atau kolega yang tidak berkaitan secara langsung. Untuk memiliki pihak rekan atau kolega baru juga merupakan salah satu memperluas jaringan bisnis Anda.

Dengan memiliki banyak kolega, akan sangat membantu Anda memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas berkaitan dengan bidang-bidang lainnya. Sehingga dapat menjadi referensi Anda untuk mengambil keputusan.

Baca Juga : Langkah-Langkah Dalam Menentukan Segmen Pasar Untuk Bisnis Anda

Kolaborasi Bisnis Dapat Memberikan Hal Perubahan Positif

Perusahaan yang melakukan kolaborasi pada tahapan awal akan menimbulkan ketidaknyamanan pada sebuah pola bisnis yang baru. Hal ini secara tidak langsung akan mengubah pola bisnis lama dan memaksa Anda untuk keluar dari zona nyaman bisnis Anda. Dampak kolaborasi bisnis Anda dapat membawa perubahan untuk lebih positif dan menjadi bisnis yang lebih maju serta berkembang.

Biasanya pemilik bisnis akan memilih berada di zona nyaman bisnisnya. Namun hal ini akan merugikan Anda, tentu ada cara lain untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan menetapkan strategi pemasaran produk yang tepat. Sehingga Anda akan membuat kinerja lebih efisien, dapat menyusun strategi baru hingga menghemat biaya dan waktu.

Kolaborasi Bisnis Sebagai Penyelesaian Masalah

Adanya masalah yang dimiliki dengan pihak partner bisnis akan lebih mudah jika masalah tersebut diselesaikan secara bersama-sama. Ketika melakukan kolaborasi bisnis secara otomatis akan siap membantu Anda disaat bisnis Anda mengalami suatu masalah yang berat.

Salah satu keuntungan dari penyelesaian masalah Anda dengan kolega bisnis Anda yaitu dapat berdiskusi mengenai masa depan bisnis yang Anda lakukan, dapat membantu mencari solusi dari permasalahan yang ada, dan dapat saling mendukung satu sama lain antar pebisnis ketika sedang ada masalah.

Ingat, Anda Tidak Bisa Menjalankannya Sendiri Saja

Seperti judul diatas kolaborasi bisnis tidak dilakukan sendiri, namun juga secara bersamaan dengan rekan atau kolega bisnis dalam mengerjakan dan memikirkan rencana strategis bisnis. Sehingga ketika bisnis Anda sudah dijalankan dan berkembang, Anda pasti akan membutuhkan pihak bisnis lainnya yang dapat diajak untuk berkolaborasi.

Pastinya akan saling membutuhkan bantuan dari pihak lain yang juga memiliki bisnis yang sama. Karena akan banyak juga yang berkolaborasi dengan bisnis Anda, oleh sebab itu strategi penawaran produk hingga berbagi ide dapat dihasilkan ketika Anda dapat menemukan partner bisnis yang tepat.

Baca Juga : Memanfaatkan Strategi Community Marketing Untuk Mendapatkan Leads

custom-form-newsletter

Kolaborasi Bisnis Dapat Memberi Inspirasi

Pada dasarnya Anda dalam mengembangkan bisnis akan merasa cukup ketika sudah mendapatkan informasi melalui blog, buku atau tulisan inspirasi lainnya. Hal ini akan berbeda jika Anda dapat berkomunikasi dan berbagi dengan orang luar yang memiliki perspektif atau pandangan yang berbeda. Sehingga dengan cara seperti itu akan membantu Anda untuk mengembangkan kreativitas serta strategi bisnis Anda.

Manfaat kolaborasi bisnis yaitu merupakan kesempatan dalam mendapatkan pelajaran serta inspirasi yang didapatkan oleh pemilik bisnis. Setiap hal yang Anda lakukan untuk berinteraksi dengan seseorang di luar lingkaran bisnis Anda dapat memperoleh dan mengajari sesuatu yang berharga, sehingga kolaborasi bisnis membantu Anda dalam berpikir untuk mencari model bisnis yang baru.

Kegiatan Bisnis Yang Menyenangkan

Dari beberapa poin yang sudah disebutkan, dan juga telah Anda dapatkan secara langsung itulah mengapa pentingnya kolaborasi bisnis yang sangat menyenangkan bagi bisnis Anda.

Tidak hanya bisa bertemu dengan orang baru, tetapi Anda bisa melakukan percakapan yang hebat, bertukar pikiran, mempelajari hal yang baru, menemui ide yang kreatif dan cemerlang. Hal ini tentu saja akan menyenangkan dan menambah semangat untuk berkolaborasi dengan pebisnis lainnya.

Kolaborasi Bisnis Bisa Memberikan Inovasi Terbaru

Adanya kolaborasi bisnis Anda dengan perusahaan lain, yaitu akan memiliki kegiatan bisnis lebih banyak lagi serta dapat memiliki banyak resiko yang akan diambil. Adanya kolaborasi ini juga memberikan peluang untuk memiliki keberanian dalam mengubah strategi bisnis.

Resiko yang diambil oleh perusahaan Anda juga dapat mendorong dan memberikan pelajaran untuk menghasilkan inovasi bisnis, sehingga dapat memberikan peluang yang sangat besar dalam mencapai tujuan bisnis yang baru dimasa yang akan datang.

Untuk Anda yang belum mulai berkolaborasi dengan pebisnis lainnya saat ini mulailah dengan mencobanya karena akan banyak peluang dan rencana yang Anda tidak ketahui, sebagai saran atau inspirasi dengan adanya kolaborasi bisnis.

Maka penting pula Anda menyusun dan menyajikan laporan keuangan bisnis lebih rapi. Cobalah pakai software akuntansi dengan berbagai fitur yang lengkap dan dapat memudahkan proses akuntansi bisnis Anda.

Pentingnya belajar untuk dapat menyusun dan menyajikan pengelolaan laporan keuangan bisnis Anda. Cobalah pakai software akuntansi yang berkolaborasi dengan berbagai fitur yang lengkap dan dapat memudahkan proses akuntansi bisnis Anda.

Sebagai pebisnis, Anda sangat disarankan menggunakan software akuntansi yang tepat untuk kemajuan usaha Anda. Gunakan Harmony software yaitu salah satu aplikasi pembukuan terbaik untuk usaha kecil dan menengah. Dengan menggunakan Harmony kapanpun dan dimanapun, keuangan usaha akan mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/