Ingin brand Anda lebih dikenal? Tentunya sebagai pengusaha, Anda perlu menciptakan identitas produk dengan tepat agar produk lebih dikenal.
Pengertian identitas produk ini adalah sebuah keterangan adanya gambaran data mengenai sebuah produk yang dihasilkan. Seperti contoh identitas produk pada sebuah minuman kemasan.
Maka yang dimaksud dengan identitas produk minuman kemasan tersebut adalah, bentuk kemasan, warna kemasan, aneka tulisan dalam kemasan, logo dan merek dari produk itu sendiri.
Identitas produk ini juga termasuk dalam sebuah strategi pemasaran. Yang mana pada contoh di atas, maka calon konsumen akan lebih mudah dalam mengenal produk jualan Anda.
Table of Contents
Setiap barang atau produk tentu harus memiliki sebuah identitas, hal tersebut dilakukan agar produk dapat dengan jelas dan mudah untuk dikenal oleh semua masyarakat.
Agar produk Anda dilihat secara nyata oleh konsumen, maka saat itulah peran dan manfaat identitas produk sangat diperlukan.
Sebab manfaat identitas produk ini memiliki keistimewaan tersendiri kepada konsumen dalam mengenal suatu barang atau layanan.
Sebuah produk dinilai sangat disukai oleh banyak orang apabila identitas dari produk tersebut bisa memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan melahirkan branding yang kuat.
Maka dari itulah kenapa identitas produk menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna untuk mempromosikan dan melakukan pemasaran langsung pada sebuah produk dengan berbagai merek.
Selain menjadi alat yang sangat penting dalam sebuah strategi pemasaran, melakukan identitas produk juga membuat sebuah produk menjadi lebih dikenal masyarakat luas, baik dari merek, kemasan sampai pada tagline dari produk tersebut.
Setelah memahami pengertian identitas produk, maka selanjutnya mengetahui fungsi dari identitas produk.
Identitas produk tentu memiliki banyak fungsi yang mana dapat menjadikan suatu produk dikenal dan sangat istimewa. Lalu apa saja fungsinya? Berikut akan dijelaskan di bawah ini.
Setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan harus dipertimbangkan dengan cermat dalam tabel tim perusahaan.
Hal tersebut dilakukan agar mengetahui bagaimana sebuah produk bisa menghasilkan brand yang kuat.
Maka untuk menghasilkan brand yang kuat digunakanlah identitas produk. Bisa dengan melihat merek, logo, hingga tagline produk. Hal tersebut dinamakan dengan identitas suatu produk untuk branding.
Fungsi dari identitas produk adalah untuk membuat sebuah produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan memiliki nilai. Dari nilai tersebut bisa berupa estetika, ukuran dan harga.
Dari hal tersebut akan menjadikan sebuah produk bisa berbeda dengan produk dari perusahaan lainnya. Tentunya ini semua tergantung dari sudut pandang masyarakat.
Ketika ingin membangun identitas produk, tidak berhenti pada merek atau logo saja. Namun juga dapat dilihat dari konsep warna, desain untuk pemilihan material. Hal ini tentu akan membuat produk memiliki ciri-ciri tertentu sehingga masyarakat lebih mengenal produk tersebut.
Baca Juga: Manajemen Pemasaran Internasional Dan Target Pasarnya
Identitas produk memiliki peran penting untuk meningkatkan efisiensi pengenalan produk. Cara yang efektif adalah dengan merencanakan setiap detail karakteristik produk. Kemudian gunakan ornamen tambahan seperti fitnes, ejaan merek lain dan desain produk lainnya.
Identitas tidak lepas dari kemasan produk. Ini menjadi penting, karena dapat memberikan manfaat lain yaitu kemasan yang dibuat untuk melindungi produk dari resiko atau bahaya luar.
Misalnya berjualan makanan, maka dibutuhkan tempat untuk membungkusnya. Kemasan yang dirancang khusus dibuat untuk mendukung atas produk utama yang ditawarkan kepada konsumen.
Untuk membangun sebuah identitas produk, tentu Anda harus mengetahui apa saja cara yang perlu untuk Anda lakukan dalam membangun identitas produk tersebut.
Dalam membangun sebuah produk tentu dibutuhkan berbagai macam referensi dari berbagai sumber.
Hal ini dilakukan agar bisa memadukan berbagai ide dan konsep sehingga menghasilkan sebuah identitas produk yang dirancang dengan baik.
Mungkin Anda bisa melalui produk-produk yang sudah terkenal kemudian dikonsep ulang agar bisa menciptakan nilai baru.
Tentu dalam memilih sebuah produk dan brand Anda akan memilih yang terbaik.
Maka dari itu, tunjukkan kelebihan dari identitas merek yang dipromosikan dengan cara menampilkan keunggulan merek mulai dari proses membuat hingga pengemasan.
Hal ini dapat berpengaruh pada proses keputusan pembelian konsumen.
Mengapa? konsumen akan dapat banyak informasi mengenai produk dan menjadi lebih percaya, bahkan dapat merekomendasikan kepada orang di sekitarnya.
Dengan begitu konsep penjualan dan pemasaran Anda dapat berjalan dengan baik bahkan meningkat dan meraih keuntungan lebih banyak.
Apabila produk siap dengan detail identitas yang lengkap. Maka langkah selanjutnya untuk membangun identitas produk dengan baik dibutuhkan sebuah strategi serta konsep yang matang.
Anda dapat membuatnya dengan melakukan pembentukan tim dalam menciptakan cara untuk promosi produk tersebut.
[elementor-template id="26379"]
Nilai merek produk ini lebih mengesankan jika konsumen yang memberikan sebuah review. Dapat dilakukan dengan memberikan sampel atau promosi dari produk yang nantinya akan dipasarkan, atau dengan memberikan kalimat sederhana.
Seperti slogan produk agar mudah untuk diingat, dan memberikan brand yang unik pada suatu produk.
Product identity sebaiknya direncanakan detail, karena akan memberikan kesan unik atau memiliki ciri bagi konsumen dan berbeda dengan produk lain.
Selain itu, identitas ini dinilai efektif dan efisien dalam mempromosikan sebuah produk dan pengenalan merek di pasaran.
Apabila produk Anda memiliki ciri khas tersendiri dan mudah untuk dikenal oleh banyak masyarakat tentu calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda.
Tentu hal tersebut membuat penjualan Anda juga semakin meningkatkan, dan tentunya keuntungan dapat Anda raih.
Hal yang selanjutnya perlu untuk Anda lakukan adalah dengan menghitung setiap keuntungan dan memasukkannya ke dalam pembukuan bisnis Anda.
Namun apabila Anda masih menggunakan cara manual dalam membereskan setiap pembukuan Anda tentu sangat menyita waktu serta tenaga Anda. Maka beralihlah dengan menggunakan software akuntansi Harmony.
Software Akuntansi Harmony adalah platform solusi bisnis digital dalam hal pembuatan laporan keuangan dan pembukuan yang modern dan praktis dipakai. Anda juga bisa mencoba dan membuktikan sendiri keunggulan fitur-fitur tersebut secara GRATIS selama 30 hari, silakan klik tautan ini.
Tersedia lebih dari 20 laporan keuangan yang bisa digunakan secara real-time berbasis Cloud, mudah dimengerti dan diakses kapan saja untuk mendukung bisnis Anda.
Lengkapi informasi Anda dengan fitur-fitur fungsional aplikasi Harmony melalui media sosial Harmony berikut: Facebook, Instagram dan LinkedIn.