Harmony » Blog » 

Pentingnya Customer Engagement, Cara Mengukur dan Penerapannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 22, 2021

Banyak perusahaan meyakini bahwa customer engagement adalah salah satu strategi pemasaran sekaligus jembatan emas untuk meraih hati konsumen. Misalnya, melalui customer loyalty, customer point, dan customer ambassador. Customer engagement adalah interaksi erat antara customer dengan produsen atau perusahaan melalui berbagai media.

Ketika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, hubungan customer engagement artinya telah menjadi loyalitas konsumen pada produk perusahaan.Click to Tweet

Dalam bahasa Indonesia customer engagement adalah keterlibatan konsumen (customer) dalam proses jual beli di suatu brand. Keadaan ini terjadi karena adanya interaksi, reaksi, maupun pengalaman yang dialami oleh konsumen.

Keterikatan customer ini dapat berlangsung secara offline maupun online dengan media sosial. Seperti diketahui, saat ini media sosial banyak dipakai dalam strategi pemasaran usaha. Contohnya, strategi pemasaran produk kerajinan, maupun strategi pemasaran makanan dan masih banyak lagi.

Pentingnya Customer Engagement

Customer engagement artinya hubungan baik antara konsumen dan produsen akan ‘mengikat’ minat konsumen untuk terus menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan secara berkala. Ketika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, hubungan customer engagement artinya telah menjadi loyalitas konsumen pada produk perusahaan.

Loyalitas konsumen menjadi poin penting dalam meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan di tengah persaingan yang sengit. Ketika loyalitas konsumen tinggi maka risiko perusahaan kehilangan konsumen semakin kecil.

Oleh karena itu customer engagement artinya kunci penting supaya bisnis terus berjalan. Maka perusahaan harus menyiapkan berbagai cara agar konsumen tetap setia membeli produk perusahaan Anda secara berkala.

Cara Mengukur Customer Engagement

Strategi ini merupakan suatu hal penting dalam berbagai jenis bisnis. Oleh karena itu dibutuhkan alat untuk membaca dan memperkirakan besarnya customer engagement suatu perusahaan. Karena sulit untuk mengamati secara offline, maka customer engagement artinya lebih mudah diamati secara online.

Contoh customer engagement dapat diamati pada akun Instagram sebuah perusahaan. Selama satu bulan penuh, terdapat dua belas feeds yang berisi informasi mengenai produk maupun layanan perusahaan dan menghasilkan 1500 views organic. Dari kedua belas postingan Instagram tersebut didapatkan detail sebagai berikut.

  • Feedback berupa 20 komentar
  • Dibagikan sebanyak 10 kali
  • Jumlah likes 30
  • Total pengunjung yang mengklik link selengkapnya 5

Dari respon pengunjung di atas, dapat diketahui total keseluruhan respon adalah 65 engagement. Untuk menghitung rasio engagement pengunjung, digunakan rumus:

(complete aktivitas respon/engagement)/(complete views/attain)×100%

Hasil rasio engagement = (65/1500) × 100% = 4,33%

Dapat disimpulkan contoh customer engagement di atas rasionya adalah 4,33% di bulan ini. Amatilah pergerakan angka ini tiap bulannya untuk mengetahui perkembangan pengunjung Instagram.

[elementor-template id="26379"]

Cara Mendapatkan Customer Engagement Tinggi

Supaya engagement pengunjung terus bertambah, Anda perlu strategi yang tepat untuk menarik lebih banyak pengunjung. Rancanglah segmenting, targeting, positioning yang sesuai dengan karakter produk Anda.

mengukur customer engagement

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Anda dapat membuat konten video atau foto yang menarik tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk mendapatkan foto dan video yang bagus, sewalah jasa fotografer profesional.

Selain media sosial, situs web yang profesional juga berperan penting untuk menarik perhatian pengunjung. Posting video singkat maupun foto yang merepresentasikan produk atau layanan perusahaan. Berilah kolom produk yang direkomendasikan beserta rinciannya sehingga pengunjung dapat mengkalkulasikan kebutuhan mereka.

Berilah kontak perusahaan serta alamat social media di beranda. Anda juga dapat membuka FAQ sebagai fasilitas layanan pelanggan. Terakhir isilah situs web tersebut dengan informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai catatan, untuk meningkatkannya diperlukan dana pemasaran yang cukup supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Maka itu, Anda harus mengelola keuangan dengan tepat. Namun Anda tidak perlu khawatir, gunakan Software Akuntansi Harmony untuk mengelola keuangan perusahaan dan pembukuan secara lebih mudah, praktis, dan otomatis. Harmony merupakan software akuntansi berbasis online atau cloud yang bisa mempermudah Anda mengakses data keuangan bisnis Anda kapan saja dan di mana saja. Didukung 400+ fitur akuntansi yang lengkap dan mudah digunakan para pebisnis terutama bagi Anda yang mungkin tidak memiliki latar belakang akuntansi sekalipun.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, pakai Software Akuntansi Harmony sekarang di sini secara GRATIS (trial 30 hari) dan dapatkan beragam insight baru seputar finansial, pajak, marketing, bisnis dan lainnya melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram