Harmony Blog

Penting! Berikut 4 Tantangan dalam Memulai Bisnis Agen Perjalanan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

agen perjalananPin

Memulai bisnis agen perjalanan (travel) adalah satu bentuk usaha yang patut untuk di coba karena memiliki pasar yang tidak ada habisnya dan akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat, baik dalam masyarakat luar negeri maupun dalam negeri seperti Indonesia.

Tanggung jawab utama agen perjalanan adalah membuat proses perencanaan perjalanan lebih mudah dan memastikan mereka mengalami perjalanan terbaik.

Sudah banyak bisnis agen perjalanan yang sudah mengubah bisnis offline nya menjadi bisnis online. Sebab sudah banyaknya para konsumen memanfaatkan teknologi dalam melakukan pemesanan travel seperti memesan tiket pesawat, kereta api, dan yang lainnya.

Peluang bisnis agen perjalanan ini bisa dikatakan cukup menjanjikan bahkan dalam jangka waktu panjang. Selain mudah untuk dilakukan, modal yang dikeluarkan atau dibutuhkan juga tidak terlalu besar untuk memulainya.

Tetapi meskipun bisnis agen perjalanan (travel) ini adalah salah satu bisnis dengan peluang yang sangat menjanjikan, Anda juga perlu persiapan yang benar dan matang agar bisnis bisa dijalankan dengan lancar.

Apa itu Bisnis Agen Perjalanan ?

Bisnis travel atau bisa disebut sebagai agen perjalanan adalah sebuah usaha yang berfokus untuk membantu seseorang atau suatu pihak dalam melakukan perjalanan. 

Namun dalam lingkungan luas, terdapat beberapa jenis bisnis travel yang dapat dijadikan sebagai pilihan, baik dalam menawarkan jasa pencarian tiket dan akomodasi murah, hingga open trip tour and travel. Dalam bisnis travel ini juga memberikan layanan berupa pemandu wisata baik untuk luar negeri seperti para turis, maupun dalam Indonesia.

Secara umum, bisnis travel ini melingkupi seluruh sektor wisata. Maka bisnis agen perjalanan ini memberikan kemudahan kepada publik untuk merencanakan perjalanan yang diinginkan baik itu untuk kawasan domestik, hingga internasional, tergantung pada penerapan jenis layanan yang ingin dituju. Yang paling marak saat ini adalah open trip ke luar negeri. Jenis ini memang sangat diminati oleh banyak orang.

Namun selain agen perjalanan, adapun terdapat biro perjalanan. Dalam sebuah agen perjalanan dan biro perjalanan tentunya sama-sama bergerak dibidang jasa perjalanan, namun keduanya mempunyai perbedaan satu sama lain.

Contoh biro perjalanan, mungkin Anda pernah sekali atau bahkan seringkali melakukan perjalanan wisata baik itu bersama keluarga maupun rekan kerja. Paket wisata yang Anda beli ini disusun oleh biro perjalanan. Penyusunan dan penyelenggaraan suatu paket wisata hanya dapat dilakukan oleh biro perjalanan, sedangkan agen perjalanan hanya menjadi perantara dalam menjual paket tersebut. Biasanya bisnis ini dijalankan bersamaan, pemesanan tiket perjalanan seringkali juga menawarkan paket tour untuk para pelanggannnya.

Baca Juga : Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya

4 Tantangan dalam Memulai Bisnis Agen Perjalanan

Berikut dibawah ini ada 4 tantangan yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis agen perjalanan yaitu :

1. Semakin Banyaknya Pesaing

Dalam perkembangan bisnis agen perjalanan, tentunya sudah banyak para pebisnis membuka usaha agen perjalanan ini. Namun ditengah semakin banyaknya pesaing, Anda yang ingin memulai bisnis ini juga harus mampu menghadapi berbagai pesaing di luar. Salah satu cara dengan memberikan kualitas dan pelayanan yang lebih baik dari setiap jenis bisnis agen perjalanan lainnya.

Perlihatkan kepada pelanggan bahwa bisnis Anda memiliki kinerja yang baik. Dari sini juga Anda akan mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis agen perjalanan yang baru Anda mulai.

Dalam mempertimbangkan hal yang disukai oleh konsumen, sebaiknya manajer bisnis dapat merancang strategi positioning. Sebab strategi positioning merupakan faktor utama dalam meningkatkan kekuatan posisi pasar bagi sebuah perusahaan dibandingkan pesaing-pesaingnya pada pasar tertentu. Pemahaman dan kehati-hatian dapat membantu perusahaan dalam menilai perilaku konsumen terhadap produk dan layanan. Dengan begitu Anda tidak akan kalah dengan pesaing-pesaing bisnis travel lainnya.

2. Kecepatan Dalam Menggunakan Teknologi

Dalam sebuah agen perjalanan tradisional tentu tidak memiliki kemampuan untuk mengakses, memodifikasi ketersediaan produk, stok dan informasi harga secara real time untuk memberikan informasi paling lengkap dan akurat kepada mitra atau pelanggan tentang hal yang bisnis agen perjalanan tawarkan.

Memulai bisnis agen perjalanan membutuhkan platfrom komputasi yang memungkinkan kemudahan Anda untuk memperbaharui, menyesuaikan, memodifikasi, dan menyediakan berbagai variasi produk dan layanan serta melakukan penawaran sekaligus harga tertentu secara real time untuk beroperasi semaksimal mungkin.

Maka dari itu banyak setiap bisnis agen perjalanan membutuhkan mesin pemesanan yang akurat, membutuhkan berinteraksi secara instan, sistem ERP perjalanan, dan software otomasi yang merupakan pendorong utama dalam membantu bisnis Anda mencapai kecepatan, tranparansi, dan visibilitas yang diperlukan untuk bersaing dengan agen perjalanan lainnya.

Masalah paling utama dan sering untuk dilakukan adalah pembukuan. Dengan banyaknya setiap transaksi yang terjadi, tentu Anda sangat kesulitan apabila Anda masih menggunakan pembukuan secara manual.

Otomasi penting bagi bisnis yang ingin berkembang, termasuk pada pembukuan usaha Anda. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan setiap pembukuan, Anda dapat menggunakan layanan jasa pembukuan Harmony, yang merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

3. Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

Memiliki sebuah kemampuan dalam menangani setiap keluhan, pertanyaan, dan permintaan pelanggan dengan cepat dan tepat adalah salah satu kunci Anda dalam mempertahankan pelanggan Anda. Namun adapun beberapa agen perjalanan masih tidak menyadari bahwa sangat penting membangun hubungan dengan pelanggan, sehingga banyak dari mereka beralih pada sistem reservasi lainnya.

Apabila semakin cepat agen perjalanan dapat menanggapi setiap pertanyaan dan keluhan pelanggan, maka akan berdampak besar bagi pelanggan dalam melakukan pemesanan.

Dengan waktu respon yang cepat akan membuat pelanggan merasa dihargai dan hal ini juga memberikan solusi dalam membangun hubungan dengan pelanggan yaitu pencarian yang lebih cepat guna mempertahankan dan mendapatkan pelanggan baru.

Baca Juga : Inilah Tujuan dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Pengelolaan Pesanan Perjalanan

Memulai bisnis agen perjalanan tentunya Anda harus selalu memantau perkembangan teknologi yang sangat berkembang pada saat ini. Misalnya, agen perjalanan tidak memiliki tools yang tepat dan efektif untuk melakukan manajemen pemesanan, maka agen perjalanan akan kehilangan peluang untuk mengembangkan bisnis dan tentunya akan menghambat efisiensi dan fungsionalitas keseluruhan bisnis agen perjalanan.

Maka dari itu yang harus Anda kembangkan pada bisnis agen perjalanan Anda adalah dengan melakukan manajemen pemesanan atau booking secara otomatis. Maka dengan begitu hal ini menambah nilai positif di  mata para pelanggan dan keunggulan kompetitif lainnya.

Sebab apabila semakin cepat bisnis agen perjalanan dapat memberikan rekomendasi, pencarian tempat wisata yang berkualitas, dan menanggapi setiap gangguan, keterlambatan, atau pembatalan, maka hal ini menjadi salah satu penilaian yang baik bagi para pelanggan atas pelayanan yang bisnis Anda berikan.

Namun bukan saja hanya memberikan kepuasan bagi setiap pelanggan, peningkatan kemampuan dalam manajemen pemesanan juga dapat membantu para agen perjalanan dalam mendapatkan wawasan yang lebih besar tentang pola pembelian wisatawan saat ini.

Tentunya ini akan membuat  mereka untuk menawarkan pemesanan yang tepat untuk para pelanggan yang tepat di  waktu yang tepat dengan harapan mendorong penjualan dan meningkatkan dalam mengembangkan manajemen pemesanan.

Jika Anda sudah siap menjalankan bisnis, atau bisnis Anda sudah mulai berjalan, maka jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik. Keuangan adalah faktor utama yang membuat bisnis akan tetap berjalan sempurna, pengelolaan yang tertib sejak awal akan menghindarkan usaha dari kebocoran keuangan dan pengelolaan yang salah.

Maka dari itu, diperlukan sistem pelaporan dan pencatatan keuangan yang bisa mendukung aktivitas akuntan dengan baik. Misalnya dengan menggunakan software akuntansi Harmony. Dengan melakukan pendaftaran disini, maka Anda akan merasakan kemudahan dalam membuat laporan keuangan secara gratis selama 30 hari. Untuk mengikuti update Harmony lebih lanjut, silahkan kunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony