Harmony Blog

Inilah Tujuan dan Manfaat BEP (Break Even Point) Bagi Bisnis Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

manfaat bepPin

Dalam ekonomi akuntansi bisnis, BEP (Break Even Point) mengacu pada suatu titik tertentu bagi keseimbangan posisi pengeluaran/biaya dan pendapatan sehingga tidak terdapat kerugian ataupun keuntungan. Manfaat BEP juga mengacu pada keadaan yang dialami oleh perusahaan dalam kegiatan operasi agar tidak menderita kerugian dan juga tidak memperoleh keuntungan. Keadaan operasi perusahaan tersebut harus sama antara jumlah biaya yang dikeluarkan dengan jumlah pendapatan. Pastikan bahwa Anda telah menghitung BEP dengan tepat agar tetap optimal dalam menjalankan bisnis kedepannya.

Break Even Point (BEP) menjadi sebuah teknik analisa yang sangat penting bagi perusahaan. Teknik yang diperlukan untuk melakukan analisis proyeksi terhadap uang yang harus diterima agar perusahaan tersebut berada pada titik balik modal

Pengertian Break Even Point BEP 

Para ahli ekonomi dan akuntansi mendefinisikan BEP dengan gaya yang berbeda, namun memiliki inti yang sama. Zulian Yamit (1998), menjelaskan pengertian BEP sebagai suatu keadaan dimana total pendapatan besarnya sama dengan total biaya (Total Revenue = Total Cost).

Selain itu, Henry Simamora (2012), mendefinisikan BEP sebagai volume penjualan dimana jumlah pendapatan dan jumlah bebannya sama, tidak ada laba maupun rugi bersih.

Dengan demikian, bisa disimpulkan BEP bagi sebuah perusahaan adalah titik keseimbangan dari besarnya pendapatan dan total biaya yang digunakan. Break Even Point (BEP) terdiri dari beberapa komponen seperti  biaya tetap (Fixed Cost), biaya variabel (Variable Cost), dan harga penjualan (Selling Price).

BEP merupakan salah satu untuk penting yang harus dimiliki oleh perusahaan selain dari format laporan keuangan perusahaan. Harga penjualan adalah harga jual yang ditetapkan per unit barang atau jasa yang telah diproduksi oleh perusahaan.

Tujuan BEP

Secara umum, struktur laba suatu perusahaan sering digambarkan dalam Break Even Point (BEP) agar mudah dalam memahami hubungan antara biaya, volume kegiatan, dan laba. Setiap perusahaan pasti menginginkan keuntungan atau laba dari kegiatan usahanya yang dijalankan. Untuk mencapai tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan terkait dengan Break Even Point (BEP). berikut ini beberapa tujuan dari BEP, yaitu:

1. Untuk menekan biaya produksi dan operasional dan membuatnya serendah mungkin tanpa mengesampingkan kualitas dan kuantitas.

2. Untuk mempertahankan tingkat harga produk perusahaan.

3. Untuk menentukan harga produk dengan penuh perhitungan sehingga harga produk sesuai dengan keuntungan dan target yang telah direncanakan.

4. Untuk meningkatkan volume kegiatan semaksimal mungkin.

Manfaat BEP

Setelah mengetahui pengertian BEP dan tujuannya, maka dapat diketahui manfaat BEP bagi suatu perusahaan.

Menurut Bustami dan Nurlela (2006), manfaat BEP antara lain:

1. Perusahaan dapat mengetahui jumlah penjualan minimun yang harus dipertahankan agar tidak mengalami kerugian.

2. Perusahaan dapat mengetahui jumlah penjualan yang harus dicapai agar memperoleh keuntungan.

3. Perusahaan dapat mengetahui nilai berkurangnya penjualan agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

4. Perusahaan dapat mengetahui dampak perubahan harga jual, biaya, dan volume penjualan.

5. Perusahaan dapat menentukan ragam produk yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat keuntungan yang telah ditargetkan dalam perencanaan.

Selain itu, Carter dan Usry, berpendapat bahwa terdapat 2 manfaat BEP bagi suatu perusahaan, yaitu:

1. Perusahaan mendapatkan informasi dan pedoman dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi seperti penambahan/penggantian fasilitas produksi atau investasi dalam aktiva tetap lainnya.

2. Perusahaan mendapat informasi yang dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan untuk menutup usaha atau tidak, dan saat yang tepat bagi suatu perusahaan untuk dihentikan.

Melalui penjelasan mengenai pengertian, tujuan dan manfaat BEP di atas, maka dapat diketahui bahwa BEP merupakan salah satu perhitungan dan pengelolaan akuntansi perusahaan. Maka dari itu, untuk membantu Anda dalam menghitung BEP secara tepat dan akurat, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony. 

Dapatkan kemudahan dalam melakukan pencatatan laporan keuangan walau Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Anda dapat mendaftar GRATIS 30 Hari software akuntansi Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony