Harmony » Blog » 

Penjelasan Lengkap Analisis Rasio Keuangan dan Jenis-Jenisnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 17, 2020

Analisis rasio keuangan sangatlah berdampak penting dalam sebuah perusahaan. Baik dalam meninjau permasalahan keuangan sebuah manajemen ataupun sebagai barometer dalam melakukan proyeksi posisi keuangan di masa depan. Untuk lebih mengetahui lebih lengkap mengenai analisis rasio keuangan , mari simak dari penjelasan artikel ini ya.

Rasio keuangan sangat membantu dalam upaya analisis hubungan matematis berbagai penjumlahan dalam bentuk tarif atau dalam bentuk proporsi yang sederhana.

Apa itu Analisis Rasio Keuangan?

Analisis rasio keuangan merupakan alat analisis keuangan bagi perusahaan untuk menilai kinerja suatu perusahaan berdasarkan perbandingan data keuangan yang terdapat pada pos laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut terdiri atas Neraca, Lapora Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Modal, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Baca Juga : Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Fungsi Analisis Rasio Keuangan

Seperti yang sudah dibahas mengenai pengertian analisis rasio keuangan, rasio keuangan juga mempunyai banyak manfaat bagi setiap perusahaan, diantaranya :

1. Sebagai alat untuk melihat hasil kinerja dan prestasi sebuah perusahaan

2. Membantu staf keuangan untuk mengetahui hasil dari isi laporan keuangan tersebut

3. Memberikan pinjaman kepada suatu perusahaan

4. Sebagai alat ukur melakukan tingkat pengunaan pada Departemen Perusahaan

5. Dapat menentukan tingkat keuntungan dalam sebuah  industri

Jenis - Jenis Rasio Keuangan Dan Manfaatnya

Setelah kamu melihat dan memahami tentang pengertian dan fungsi dari analisis rasio keuangan, Anda perlu juga mengenai beberapa jenis jenis dan manfaat dari rasio keuangan tersebut. Mari  lihat jenis dan manfaatnya sebagai berikut :

1. Rasio Profitabilitas

Rasio profitabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur dan melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan sebuah keuntungan bagi perusahaan.

Rasio profitabilitas dianggap sangat penting bagi kelangsungan perusahaan.karena urat nadi suatu perusahaan akan bergantung dari sejauh mana perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.

Manfaat rasio profitabilitas yaitu dapat mengetahui seberapa jauh perkembangan laba dari waktu ke waktu dalam perusahaan,dan dapat melihat perbandingan posisi laba perusahaan dari tahun sebelumnya dengan tahun sekarang.

Rasio profitabilitas juga terbagi dari beberapa bagian yaitu :

a. Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin)

b. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin)

c. Margin Laba Operasi  (Operating Profit Margin)

d. Rasio Pengembalian Aset (Return On Asset)

e. Rasio Pengembalian Modal sendiri (Return On Equity)

f. Penghasilan Per Saham (Earning Per Share)

2. Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar atau melunasi kewajiban dalam skala jangka pendek dan harus segera dipenuhi.

Manfaat rasio likuiditas yaitu dapat mempermudah pengguna atau staf keuangan untuk melakukan penarikan dana dan dapat mengantisipasi terjadinya keperluan dana pada saat situasi mendesak .

Rasio likuiditas juga mempunyai beberapa bagian,diantaranya :

a. Rasio Lancar (Current Ratio)

b. Rasio Cepat (Quick Ratio)

c. Rasio Kas (Cash Ratio)

d. Rasio Perputaran Kas (Cash Turnover Ratio)

3. Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas adalah rasio yang dapat memperlihatkan atau menunjukan sejauh mana perusahaan mengendalikan kemampuan dalam melunasi semua kewajiban,baik dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek.

Manfaat solvabilitas yaitu untuk mencari seberapa besar modal yang digunakan sebagai jaminan pinjaman (utang) dalam jangka panjang dan untuk melihat sejauh mana pengaruh pinjaman (utang) yang ditanggung perusahaan terhadap pengelolahan aktiva yang ada.

Rasio solvabilitas terbagi atas beberapa bagian yaitu :

a. Rasio Utang terhadap Aset (Debt To Asset Ratio)

b. Rasio Utang terhadap Modal(Debt To Equity Ratio)

c. Tangible Assets Debt Coverage

4. Rasio Aktivitas

Rasio aktivitas adalah rasio yang dapat digunakan untuk mengukur keefektifan atau ketetapan cara perusahaan dalam menggunakan aktiva-aktiva yang dimilikinya sehingga setiap akuntansi keuangan dapat berjalan dengan baik.

Manfaat rasio aktivitas yaitu perusahaan bisa mengetahui perputaran pinjaman di setiap periodenya dan membandingkan setiap penjualan yang sudah dicapai dalam setiap perputaran modal.

Rasio aktivitas terbagi atas beberapa bagian yaitu :

a. Perputaran Aktiva (Total Assets Turn Over)

b. Rasio Perputaran Modal Kerja (Working Capital Turn Over)

c. Rasio Perputaran Aktiva Tetap (Fixed Assets Turnover)

d. Rasio Perputaran Persediaan (Inventory Turnover)

e. Rata-Rata Umur Piutang

f. Perputaran Piutang

Seperti yang sudah di jelaskan di atas mengenai analisis rasio keuangan, rasio keuangan sangatlah berdampak penting dalam setiap perusahaan,dan sering digunakan dalam menyelesaikan suatu laporan keuangan dalam perusahaan.

Untuk memperoleh perhitungan laporan keuangan secara tepat dan praktis, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony. Selain dapat membantu menghitung laporan keuangan perusahaan Anda, Harmony juga menyediakan 20 lebih laporan keuangan yang bisa membantu anda dalam menganalisa laporan keuangan perusahaan Anda.

Harmony dibuat dengan sistem yang mudah untuk dipahami dan bisa digunakan oleh siapapun,walaupun tidak mempunyai background akuntansi sekalipun. Anda ingin mencobanya secara Gratis Dalam 30 Hari? Anda bisa Daftarkan sekarang juga di sini.

 

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram