Harmony » Blog » 

Pengertian Neraca Saldo yang Disesuaikan dalam Pembukuan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 30, 2020

Neraca saldo yang disesuaikan atau Adjusted Trial Balance merupakan saldo-saldo buku besar setelah disesuaikan dengan keadaan akhir tahun atau keadaan saat menyusun laporan keuangan suatu usaha. Pada neraca saldo, yang telah disesuaikan adalah nilai saldo-saldo tertentu dalam neraca saldo.

Dalam artikel kali Anda akan mengetahui neraca saldo setelah penyesuaian dan neraca saldo sebelum penyesuaian. Adapun berkenaan dengan penilaian dan cara menyesuaikannya telah diatur dalam kaidah akuntansi.

Neraca saldo yang disesuaikan berisi saldo-saldo pada akhir tahun atas sebagian saldo rekening yang disajikan dalam jurnal penyesuaian.

Melalui jurnal tersebut, diharapkan tercapai keseimbangan terhadap neraca lajur untuk laporan keuangan perusahaan. Ketidak seimbangan yang mengharuskan adanya neraca saldo yang disesuaikan disebabkan beberapa faktor.

Seperti misalnya, ada transaksi yang terlewat (belum dicatat), kesalahan perhitungan, dan adanya transaksi yang tidak bisa diakui akibat kesalahan sistem. Dengan demikian, adanya neraca saldo yang disesuaikan berguna pula untuk cara mudah menangani neraca saldo tidak seimbang.

Dalam kaidah akuntansi, setelah neraca saldo tersusun, tidak seluruh angka-angka saldo tersebut dapat dipakai untuk laporan keuangan karena sebagian saldo rekening, perkiraan, maupun penyesuaian akun belum bisa menunjukan nilai yang semestinya menurut aturan akuntansi. Untuk mengetahuinya perlu ada hal-hal berikut:

1. Beban Terhutang

Beban terutang atau beban yang masih harus dibayarkan merupakan transaksi yang harus dicatat di dalam jurnal penyesuaian. Biasanya beban terutang masuk dalam neraca saldo saldo sebelum penyesuaian. Misal gaji karyawan di bulan Desember 2019 dan baru akan dibayarkan di tanggal 3 Januari 2019, maka harus dibuatkan jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019. Formatnya sebagai berikut:

neraca saldo bebant terhutang

2. Pendapatan Yang Harus Diterima

Pendapatan yang harus diterima pada akhir periode mungkin ada yang pembayarannya belum diterima. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 dapat dibuat dengan format seperti berikut:

3. Penyusutan Aktiva Tetap

Aktiva tetap (Fixed asset) merupakan harta yang dimiliki suatu perusahaan meliputi, perlengkapan, bangunan, dan kendaraan. Biasanya, ketika penggunaannya tidak dilakukan pencatatan, maka nilai aktiva tetap pada akhir periode masih tercantum di neraca saldo sebesar nilai belinya. Dengan demikian, penyusutan aktiva tetap bisa termasuk dala neraca saldo sebelum penyesuaian. Format Penyusutan aktiva tetap dalam jurnal penyusutan dapat dibuat dalam format:

4. Beban Dibayar Dimuka

Pembayaran yang dilakukan terlebih dahulu oleh perusahaan untuk suatu beban yang melebihi suatu periode akuntansi, maka perlu dilakukan pencatatan jurnal pada neraca saldo yang disesuaikan agar dapat mengetahui beban sebenarnya pada saat itu juga. Format jurnal penyesuaian yang dibuat:

Baca Juga : Menyusun Laporan Pastikan Ada Komponen Ini

[elementor-template id="26379"]


5. Pendapatan Dibayar di Muka

Pendapatan dibayar di muka berarti pendapatan yang masih harus diterima yang timbul karena pada akhir periode telah terjadi pendapatan, tetapi belum diterima pembayarannya. Pendapatan dibayar di muka bisa masuk dalam neraca saldo setelah penutupan. Format jurnal penyesuain dapat ditulis sebagai berikut:

Neraca saldo yang disesuaikan dalam jurnal atau pembukuan sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah membuat pembukuan sederhana seperti di atas. Namun, semakin banyak indikator pada neraca saldo yang disesuaikan, tentu jurnal atau pembukuan akan semakin rumit.

Untuk menghindari kerumitan tersebut, yuk sederhanakan tugas akunting dan pembuatan laporan keuangan dengan Software Akuntansi Harmony. Software ini sangat mudah dioperasikan, bahkan dengan banyak indikator penting untuk keuangan perusahaan Anda.

Tidak perlu melakukan pencatatan manual yang rumit, Anda bisa melakukannya tanpa perlu keahlian di bidang akuntansi. Untuk membuktikannya, Anda bisa langsung mendaftar dan mencoba layanan Gratis 30 Hari Software Akuntansi Harmony  di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram