Harmony Blog

Pengertian Neraca Saldo yang Disesuaikan dalam Pembukuan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

neraca saldo yang disesuaikanPin

Neraca saldo yang disesuaikan atau Adjusted Trial Balance merupakan saldo-saldo buku besar setelah disesuaikan dengan keadaan akhir tahun atau keadaan saat menyusun laporan keuangan suatu usaha. Pada neraca saldo, yang telah disesuaikan adalah nilai saldo-saldo tertentu dalam neraca saldo.

Dalam artikel kali Anda akan mengetahui neraca saldo setelah penyesuaian dan neraca saldo sebelum penyesuaian. Adapun berkenaan dengan penilaian dan cara menyesuaikannya telah diatur dalam kaidah akuntansi.

Neraca saldo yang disesuaikan berisi saldo-saldo pada akhir tahun atas sebagian saldo rekening yang disajikan dalam jurnal penyesuaian.

Melalui jurnal tersebut, diharapkan tercapai keseimbangan terhadap neraca lajur untuk laporan keuangan perusahaan. Ketidak seimbangan yang mengharuskan adanya neraca saldo yang disesuaikan disebabkan beberapa faktor.

Seperti misalnya, ada transaksi yang terlewat (belum dicatat), kesalahan perhitungan, dan adanya transaksi yang tidak bisa diakui akibat kesalahan sistem. Dengan demikian, adanya neraca saldo yang disesuaikan berguna pula untuk cara mudah menangani neraca saldo tidak seimbang.

Dalam kaidah akuntansi, setelah neraca saldo tersusun, tidak seluruh angka-angka saldo tersebut dapat dipakai untuk laporan keuangan karena sebagian saldo rekening, perkiraan, maupun penyesuaian akun belum bisa menunjukan nilai yang semestinya menurut aturan akuntansi. Untuk mengetahuinya perlu ada hal-hal berikut:

1. Beban Terhutang

Beban terutang atau beban yang masih harus dibayarkan merupakan transaksi yang harus dicatat di dalam jurnal penyesuaian. Biasanya beban terutang masuk dalam neraca saldo saldo sebelum penyesuaian. Misal gaji karyawan di bulan Desember 2019 dan baru akan dibayarkan di tanggal 3 Januari 2019, maka harus dibuatkan jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019. Formatnya sebagai berikut:

Neraca saldo bebant terhutangPin

2. Pendapatan Yang Harus Diterima

Pendapatan yang harus diterima pada akhir periode mungkin ada yang pembayarannya belum diterima. Jurnal penyesuaian pada tanggal 31 Desember 2019 dapat dibuat dengan format seperti berikut:

Image 83Pin

3. Penyusutan Aktiva Tetap

Aktiva tetap (Fixed asset) merupakan harta yang dimiliki suatu perusahaan meliputi, perlengkapan, bangunan, dan kendaraan. Biasanya, ketika penggunaannya tidak dilakukan pencatatan, maka nilai aktiva tetap pada akhir periode masih tercantum di neraca saldo sebesar nilai belinya. Dengan demikian, penyusutan aktiva tetap bisa termasuk dala neraca saldo sebelum penyesuaian. Format Penyusutan aktiva tetap dalam jurnal penyusutan dapat dibuat dalam format:

Image 84Pin

4. Beban Dibayar Dimuka

Pembayaran yang dilakukan terlebih dahulu oleh perusahaan untuk suatu beban yang melebihi suatu periode akuntansi, maka perlu dilakukan pencatatan jurnal pada neraca saldo yang disesuaikan agar dapat mengetahui beban sebenarnya pada saat itu juga. Format jurnal penyesuaian yang dibuat:

Image 85Pin

Baca Juga : Menyusun Laporan Pastikan Ada Komponen Ini

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Pendapatan Dibayar di Muka

Pendapatan dibayar di muka berarti pendapatan yang masih harus diterima yang timbul karena pada akhir periode telah terjadi pendapatan, tetapi belum diterima pembayarannya. Pendapatan dibayar di muka bisa masuk dalam neraca saldo setelah penutupan. Format jurnal penyesuain dapat ditulis sebagai berikut:

Image 86Pin

Neraca saldo yang disesuaikan dalam jurnal atau pembukuan sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa langkah membuat pembukuan sederhana seperti di atas. Namun, semakin banyak indikator pada neraca saldo yang disesuaikan, tentu jurnal atau pembukuan akan semakin rumit.

Untuk menghindari kerumitan tersebut, yuk sederhanakan tugas akunting dan pembuatan laporan keuangan dengan Software Akuntansi Harmony. Software ini sangat mudah dioperasikan, bahkan dengan banyak indikator penting untuk keuangan perusahaan Anda.

Tidak perlu melakukan pencatatan manual yang rumit, Anda bisa melakukannya tanpa perlu keahlian di bidang akuntansi. Untuk membuktikannya, Anda bisa langsung mendaftar dan mencoba layanan Gratis 30 Hari Software Akuntansi Harmony  di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony