Seseorang memerlukan kemampuan manajemen yang baik agar dapat mengerjakan tugas ataupun tanggung jawab secara disiplin. Seringkali pebisnis hanya mendengar tentang pembagian manajemen keuangan dan akuntansi manajemen. Sebelumnya melangkah untuk mengetahui pembagian nya, berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai pengertian manajemen dan fungsinya.
Tanpa kemampuan tersebut, kemungkinan seseorang justru akan merasa kesulitan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Menyikapi masalah tersebut, ilmu dasar manajemen hadir untuk memberikan saran dalam pengelolaan kedisiplinan waktu yang baik.
Table of Contents
Bicara tentang manajemen, tanpa terduga sebenarnya seluruh aspek bisnis terkait dengan manajemen, sebagai contoh manajemen pemasaran di mana Anda sebagai pebisnis diharapkan juga bisa melakukan pemasaran produk yang efektif dan efisien. Agar dapat menerapkan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari, pengertian dari manajemen harus diketahui dengan baik supaya dapat mengimplementasikan dan mempraktikkan dengan dengan baik pula.
Pengertian manajemen secara umum yaitu suatu proses bagi seseorang agar dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan dan target yang diminta secara kooperatif dengan sumber daya yang tersedia.
Pengertian manajemen secara etimologi (bahasa) berasal dari Bahasa Perancis kuno yang bisa diartikan sebagai seni mengatur dan melaksanakan.
Menurut beberapa ahli yaitu suatu proses perencanaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut serta penggunaan sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan organisasi sebelumnya.
Mary Parker Follet mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dengan kata lain, seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.
Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, pengertian manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.
Dari pengertian - pengertian di atas, ilmu manajemen dapat didefinisikan pula sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu agar tujuan yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Pada kenyataannya, baik disadari maupun tidak disadari, ilmu manajemen sudah dipraktikkan oleh setiap orang dalam kehidupannya.
Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia. Tujuan tercapai karena terorganisir secara baik.
[elementor-template id="26379"]
Setelah mengetahui pengertiannya, tentu dapat diketahui pula fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan. Fungsi manajemen antara lain :
Fungsi pertama dari manajemen adalah Perencanaan atau planning. Secara umum, perencanaan atau planning merupakan langkah dalam menentukan tujuan perusahaan dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya. Dalam sebuah perencanaan, harus menentukan batas waktu yang harus suatu tugas dan target yang harus diselesaikan.
Pembuatan Keputusan adalah bagian tahap setelah perencanaan yang berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran dalam berbisnis. Dalam pembuatan keputusan, perusahaan harus memutuskan dengan benar mengenai waktu sebuah tugas dilaksanakan dan divisi yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.
Fungsi Pengorganisasian atau organizing adalah mendelegasikan terhadap sumber daya manusia yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan dan pembuatan keputusan yang telah ditetapkan. Pengorganisasian ini meliputi individu dan kelompok yang telah diputuskan sebagai penanggung jawab tugas.
Fungsi Pengorganisasian sangat erat hubungannya dengan pengelompokan kegiatan dan penyusunan Struktur Organisasi. Dalam fungsi ini, manajemen harus mampu menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian dan sifat hubungan antara bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi yang ada.
Fungsi kepemimpinan (leading) atau biasa disebut juga dengan fungsi Pengarahan (Directing). Fungsi kepemimpinan merupakan serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam perusahaan dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran perusahaan tersebut. Seorang Manajer harus dapat menuntun, mengarahkan, menggerakkan, memotivasi dan mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran perusahaan.
Fungsi Pengendalian merupakan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya, dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Dalam fungsi pengendalian ini, seorang manajer harus aktif mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian perusahaan.
Manajemen dalam sebuah perusahaan tentu saja berkaitan erat dengan masalah akuntansi. Jadi, untuk membantu kelancaran manajemen perusahaan Anda khususnya dalam bidang akuntansi, sebaiknya menggunakan software akuntansi yang mudah dan real time, yaitu Harmony.
Dimana Anda akan terbantu dalam membereskan pembukuan dengan teknologi canggih. Untuk menggunakannya, Anda dapat mendaftar dan mendapatkan 30 Hari Gratis dengan mendaftar di sini.
Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.