Harmony Blog

Mengenal Pengertian Bank Sentral, Tujuan dan Peranannya

Diposting Mei 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pengertian Bank SentralPin

Apa itu pengertian bank sentral? nah kali ini pengertian bank sentral dikenal sebagai salah satu lembaga keuangan negara perlu dipahami dengan baik. Seperti yang diketahui, peranan koperasi, lembaga keuangan swasta, maupun peranan BUMN terhadap ekonomi negara sangat penting bagi masyarakat. Terutama, dari segi kebijakan moneter dan kegiatan ekonomi yang stabil. Secara sederhana, pengertian bank sentral adalah lembaga keuangan di dalam sebuah negara untuk mengatur aktivitas perbankan.

Pengertian bank sentral adalah suatu badan usaha perbankan yang bertanggung jawab untuk memberikan kredit dan layanan keuangan bagi masyarakat.Click to Tweet

Peranan bank sentral adalah bertanggung jawab untuk nilai mata uang yang stabil, mempertahankan tingkat inflasi, serta menjaga stabilitas sistem keuangan secara umum. Tujuan dari pengertian bank sentral adalah membantu dan mendukung lalu lintas transaksi uang di suatu negara. Di tanah air, peranan bank sentral dilaksanakan oleh Bank Indonesia sesuai peraturan undang-undang yang berlaku.

Pengertian Bank Sentral

Pada dasarnya, pengertian bank sentral adalah suatu badan usaha perbankan yang bertanggung jawab untuk memberikan kredit dan layanan keuangan bagi masyarakat. Tujuan bank sentral adalah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat untuk urusan stabilitas nilai mata uang, kelancaran pembangunan dan produksi, serta membuka lapangan kerja.

Jadi, dapat dibilang bahwa peran bank sentral adalah sangat penting. Peran bank sentral adalah memelihara nilai mata uang rupiah, memonitoring kegiatan perbankan, serta menjaga rekening dana masyarakat agar meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di Indonesia, pengertian bank sentral adalah Bank Indonesia sebagai pusat pengawas perbankan dari seluruh lembaga keuangan yang ada di tanah air. Apabila peranan bank sentral dapat terlaksana, maka tujuan bank sentral untuk menjaga keseimbangan peredaran barang dan rupiah bisa terwujud.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tujuan Bank Sentral

Memahami pengertian bank sentral, kita juga perlu mengetahui apa saja tujuan bank sentral. Antara lain:

Apa itu pengertian bank sentralPin

  • Menetapkan dan menyelenggarakan kebijakan moneter tertentu. Bank sentral mengawasi peredaran rupiah di masyarakat bertujuan agar barang dan jasa tetap seimbang.
  • Memelihara kelancaran transaksi masyarakat. Selanjutnya, tujuan bank sentral adalah membuat aturan atau prosedur khusus agar pembayaran tunai atau non tunai berjalan optimal.
  • Memonitoring dan mengatur perbankan di Indonesia. Pengawasan kebijakan moneter menjadi tujuan bank sentral lainnya agar keseimbangan sistem ekonomi negara tetap terpelihara.

Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

Peranan Bank Sentral

Apa saja peranan bank sentral sesungguhnya? Mari kita simak daftar berikut:

  1. Memelihara Stabilitas Keuangan Negara

    Lewat pengertian bank sentral instrumen suku bunga terhadap pasar terbuka, bank sentral harus memelihara keseimbangan keuangan negara secara tepat dan terarah. Sebab, gangguan kebijakan moneter sering terjadi karena dampak penerapan suku bunga tertentu. Jadi, di sinilah peranan bank sentral untuk menciptakan suatu sinergi dan kebijakan moneter yang terbaik.

  2. Membuat Kinerja Perbankan yang Sehat

    Umumnya, di suatu negara, perbankan memiliki dominasi yang kuat terhadap keuangan masyarakat. Karena itu, dibutuhkan pengawasan dan kebijakan perbankan yang efektif. Peranan pada pengertian bank sentral di sini adalah untuk mendorong kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan. Sehingga, perekonomian dan stabilitas negara tetap kokoh.

  3. Mengatur Kelancaran Sistem Transaksi

    Jika sistem transaksi masyarakat terkendala atau bahkan gagal bayar, maka peranan dalam pengertian bank sentral juga patut dipertanyakan. Sebab, gagal bayar ini akan berdampak pada sistem pembayaran. Untuk mengurangi risiko gagal bayar, biasanya akan diterapkan Real Time Gross Settlement atau RTGS untuk pembayaran secara real-time.

Demikian itu pembahasan kita mengenai pengertian bank sentral. Bagi pelaku UMKM, sangat penting dipahami bahwa jika pengelolaan keuangan Anda baik, maka pihak bank, termasuk bank sentral akan menilai bisnis Anda kredibel. Anda akan lebih mudah menjaring investor, mengajukan kredit ke pihak perbankan, serta menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Yuk, gunakan Software Akuntansi Harmony mulai sekarang. Mengelola keuangan dan sistem pembukuan, menjadi semakin praktis, cepat, dan modern. Lupakan segala kerumitan akuntansi usaha dengan Software Akuntansi Harmony yang fiturnya komplit dan mudah dipahami.

Anda bisa memantau stok barang, menangani laporan pajak, hingga tersedia lebih dari 20 jenis laporan keuangan siap pakai secara real-time. Yakin Anda tidak tertarik dengan kemudahan dan keunggulan aplikasi Harmony? Sebab, tersedia FREE trial selama 30 hari, bagi Anda yang daftar melalui tautan ini untuk membuktikan kehebatannya.

Info lebih lanjut mengenai fitur-fitur aplikasi Harmony, silakan follow media sosial kami melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony