Pengertian Aktiva Tidak Berwujud dan Manfaatnya Bagi Perusahaan
Harmony Blog
Accounting
Pengertian Aktiva Tidak Berwujud dan Manfaatnya Bagi Perusahaan
March 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki berbagai macam aktiva contohnya aktiva tetap dan aktiva tidak berwujud. Aktiva tidak berwujud ini sangat penting jika perusahaan akan dijual nantinya. Perhitungan untuk penjualan perusahaan berupa nilai yang dihitung meliputi modal dan aktiva tak berwujud. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian dan manfaatnya bagi sebuah perusahaan.

Keberadaan aktiva tidak berwujud juga sangat penting untuk menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka panjang

Apa Sih Pengertian Aktiva Tidak Berwujud?

Aktiva ini sering disebut juga intangible asset dan dapat didefinisikan sebagai aset yang bersifat non-moneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik untuk dimanfaatkan dalam menghasilkan atau menyerahkan barang atau jasa, disewakan kepada pihak lain, atau untuk tujuan administratif.

Di dalam akuntansi, aktiva tidak berwujud artinya akan diakui jika perusahaan berpotensi akan mendapatkan manfaat ekonomi di masa yang akan datang dari aset yang tersedia atau jika biaya-biaya dalam perolehannya bisa diukur dengan andal.

Baca Juga : Pengertian Aktiva Lancar dan Jenisnya Dalam Akuntansi

Dalam menentukan besaran harga perolehan sangat tergantung dari cara dalam memperolehnya. Jika diperoleh dengan membeli atau transaksi yang menggunakan kas atau setara kas lainnya, maka harga perolehan dari aktiva ini adalah sebesar uang yang dikeluarkan atau akan dibayarkan.

Namun, jika aset tak berwujud diperoleh dengan pertukaran dengan aktiva yang lain, maka harga perolehan aktiva tak berwujud sebesar harga terkini dari aktiva yang ditukar.

Jika dalam aktiva tetap memiliki penyusutan aset, maka kali ini tidak memerlukannya. Dikarenakan menunjuk pada aset dari perusahaan yang tidak berbentuk fisik dan memiliki sifat aset untuk jangka panjang.

Dengan demikian, aktiva ini milik sebuah perusahaan tidak ditujukan untuk dijual suatu hari nanti. Seluruh aktiva ini akan dikelola untuk menghasilkan keuntungan dalam kegiatan operasional perusahaan. 

Inilah Manfaatnya

Jika suatu perusahaan tidak mencantumkan aktiva tak berwujud maka akan berpengaruh terhadap seluruh unsur dalam perusahaan. Tingkat kepentingan aktiva tidak berwujud hampir sama dengan aktiva berwujud.

Perolehan aktiva tidak berwujud dicatat dan diakui sebesar nilai faktur ditambah dengan seluruh biaya yang menyertai dalam proses mendapatkan aset atau haknya. Jika terjadi pengeluaran setelah perolehannya, maka biaya-biaya tersebut bisa dibebankan untuk periode berjalan, sama seperti aktiva berwujud.

custom-form-newsletter

Jika sebuah perusahaan akan dijual, maka untuk menentukan nilai perusahaan, bukan hanya berdasarkan modal semata, tetapi juga menghitung aktiva tidak berwujud. Dalam suatu kejadian, nilai aktiva ini bisa lebih besar daripada modal perusahaan itu sendiri. 

Selain itu, secara tidak langsung, aktiva tidak berwujud dapat berpengaruh terhadap laporan keuangan suatu perusahaan. Namun, secara umum masa manfaat untuk aktiva ini lebih dari 20 tahun sejak aktiva tak berwujud digunakan.

Maka dalam memanfaatkan keberadaannya, setiap perusahaan yang memilikinya harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu: 

a. Perkiraan dalam penggunaan aset dan efisiensi dalam pengelolaannya.

b. Kestabilan industri dan tren pasar terhadap aset.

c. Ketergantungan masa manfaat aset terhadap masa manfaat aset lainnya.

d. Siklus produk pada umumnya.

e. Keusangan teknologi atau teknis yang digunakan.

f. Estimasi tindakan dari kompetitor

g. Pengeluaran untuk pemeliharaan dalam hal memperoleh masa manfaat.

h. Periode atau waktu pengendalian aset.


Aktiva ini dapat dalam bentuk hak yang melekat pada produk intelektual yang fasilitasnya kemungkinan dapat digunakan oleh pihak lain. Hak-hak tersebut meliputi hak cipta, hak paten, hak merek dagang, hak franchise, hak sewa dan hak eksklusif. Itulah pengertian aktiva tak berwujud dan manfaatnya bagi perusahaan.

Untuk mengetahui dan mengembangkan nilai aktiva tak berwujud pada perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan software akuntansi Harmony sebagai pengelolaan asset dalam perusahaan Anda.

Harmony dapat memberikan kemudahan dalam menghitung asset keuangan perusahaan Anda dan tentunya dilengkapi dengan fitur akuntansi yang canggih dan mudah digunakan, data Anda akan tercatat akurat dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun, walau Anda tidak mempunyai background akuntan sekalipun. Anda dapat mencoba software Harmony secara Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/