Harmony Blog

Pemasaran Konvensional atau Digital, Pilih Yang Mana Untuk Bisnis Anda?

Diposting Jul 23rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pemasaran KonnvensionalPin

Saat ini, perkembangan pemasaran global atau global marketing memang cukup pesat. Selain melalui pemasaran konvensional yang sudah ada dan berjalan sebelumnya, pemasaran digital merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh para pengembang bisnis saat ini.

Pemasaran digital menggunakan teknologi digital yang biasanya memerlukan internet, berbeda dengan pemasaran konvensional.Click to Tweet

Ya, terkadang sebagai seorang pengembang bisnis, Anda kebingungan dalam menentukan metode pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Apakah pemasaran langsung atau tidak langsung? Namun, tentunya agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, pemilihan metode pemasaran harusnya melalui proses research dan pemahaman akan metode yang akan digunakan.

Untuk itu, mari kita simak mengenai berbagai informasi mengenai pemasaran konvensional dan pemasaran digital berikut ini.

Perbedaan Pemasaran Konvensional dan Digital

Secara umum, pemasaran secara konvensional dan digital dapat dibedakan dari media penyampaiannya. Media pemasaran konvensional dalam praktiknya,  biasa menggunakan media-media seperti poster, banner, iklan di Koran, majalah, radio ataupun televisi.

Sedangkan, pemasaran digital menggunakan teknologi digital yang biasanya memerlukan internet untuk pemasaranya seperti halnya email, media sosial.

Pemasaran digitalPin

Dan berikut adalah beberapa perbedaan antara media pemasaran secara konvensional dan pemasaran digital.

  1. Target Konsumen

    Jangkauan target pemasaran konvensional hanya menjangkau konsumen lokal yang tercakup oleh media pemasaranya, sedangkan jangkauan target pemasaran digital lebih luas di mana pemasaran digital memungkinkan untuk menjangkau hingga ke seluruh penjuru dunia.

  2. Pendekatan Pemasaran

    Pemasaran konvensional memiliki strategi promosi pendekatan dengan customer dengan lebih baik. Sebab, tim pemasaran bisa langsung bertatap muka dengan customer dan lebih mudah dalam penyampaian informasi dan promosi produk.

    Sedangkan, strategi promosi pemasaran digital tidak memerlukan pertemuan secara fisik sehingga untuk menyakinkan konsumen sedikit lebih sulit namun konsumen yang dijangkau tidak terbatas.

    Baca Juga : Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

  3. Dokumentasi

    Media pemasaran konvensional  menyediakan informasi produk dalam bentuk cetak dapat dibaca dan dilihat berulang kali. Namun, strategi promosi media pemasaran digital menyediakan informasi produk dalam bentuk digital yang bisa dibaca di mana saja.

  4. Interaksi Dengan Konsumen

    Karena menggunakan media promosi yang tidak fleksibel, interaksi konsumen untuk pemasaran konvensional sangatlah terbatas. Sedangkan, pada pemasaran digital sangatlah mudah berinteraksi dengan konsumen dan dapat diakses dengan cepat melalui media social ataupun e-commerce.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Biaya Pemasaran

    Biaya pemasaran untuk pemasaran konvensional lebih besar karena adanya tambahan biaya menggunakan media cetak maupun untuk iklan di TV atau radio. Sementara, pemasaran digital biaya lebih fleksibel sesuai jangkauan untuk iklan berbayar nya.

  6. Analisis Pemasaran

    Untuk menganalisa pasar, pemasaran konvensional harus mengadakan survey dan terjun ke pasar secara langsung dan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi, untuk pemasaran digital, data konsumen disimpan secara online dan dapat dipilih sesuai kepentingan sehingga memudahkan dalam analisis pasar.

  7. Gangguan Yang Terjadi

    Iklan pemasaran konvensional tidak dapat dilewati sehingga konsumen harus melihat dan membacanya. Namun, terkadang bagi sebagian orang iklan tersebut menimbulkan gangguan. Sedangkan, dalam strategi pemasaran digital, konsumen dapat memilih iklan yang dibutuhkan.

Mana Yang Lebih Tepat Untuk Bisnis Anda?

Pemasaran konvensional maupun digital, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemasaran konvensional saat ini memang lebih optimal dan cocok untuk bisnis dengan strategi promosi jangka panjang. Karena, customer dapat melihat barang dan target yang sempit dan lebih terarah.

Namun, konsep pemasaran konvensional membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa melihat hasilnya. Sedangkan, jika bisnis Anda lebih butuh brand awareness dan pelaporan yang realtime sebaiknya menggunakan pemasaran digital.

Namun, banyak pula pebisnis yang menggabungkan keduanya, sehingga antara pemasaran konvensional dan pemasaran digital saling mendukung dan seimbang. Nyatanya bukan hanya pemasaran yang perlu diperhatikan. Pastikan bahwa Anda melakukan perencanaan keuangan serta pembukuan dengan baik.

Yuk, dukung pemasaran bisnis Anda melalui pencatatan transaksi modern yaitu sistem pembukuan usaha yang lengkap dan real-time. Pastikan cuma Software Akuntansi Harmony yang jadi solusi paling ideal.

Software Akuntansi Harmony adalah sistem pembukuan modern yang didukung fitur dan modul akuntansi lengkap. Telah diakui sangat membantu ribuan klien di Indonesia dalam mengelola anggaran keuangan dan pembukuan bisnis tanpa ribet.

Fiturnya terdiri dari manajemen laporan keuangan, smart invoicing, stok barang, otomasi rekonsiliasi bank, dan masih banyak lagi. Urusan akuntansi semakin cepat dan mudah diselesaikan dengan kecanggihan Software Akuntansi Harmony.

Silakan buktikan memakai Software Akuntansi Harmony selama 30 hari, GRATIS tanpa biaya apapun. Daftar di sini. Ikuti juga akun Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony agar tak ketinggalan update info lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony