Harmony » Blog » 

Pasar Duopoli: Ketahui Jenis, Karakteristik dan Contohnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 6, 2021

Di era global market seperti saat ini, pasar bebas bukan konsep baru. Meskipun, terdapat banyak pemain yang menjual barang sejenis, asalkan tetap terwujud keseimbangan pasar, kompetisi pasar dianggap masih sangat lumrah.

Banyak produsen yang melakukan pemasaran langsung maupun tidak langsung. Bahkan, tidak jarang dalam satu segmentasi pasar duopoli, terdapat ribuan produk yang ditawarkan. Namun, ada pula beberapa kasus di mana struktur pasar hanya ada dua produsen yang dominan. Inilah yang disebut pasar duopoli.

Pasar duopoli adalah salah satu bentuk ketergantungan pasar terhadap dua produsen.Click to Tweet

Apa Itu Pasar Duopoli?

Sesuai namanya, pasar duopoli adalah suatu tempat jual-beli yang dikuasai oleh dua (duo) pedagang atau produsen. Kedua pedagang ini saling berkompetisi merebut perhatian konsumennya dalam menawarkan produk atau jasa.

Apa-Itu-Pasar-Duopoli

Pasar duopoli adalah salah satu bentuk ketergantungan pasar terhadap dua produsen. Termasuk dalam penetapan harga, kualitas, serta hasil jumlah produksi. Terkadang, tidak menutup kemungkinan dua pedagang ini akan saling bekerja sama agar menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Ciri-Ciri Pasar Duopoli

Seperti yang diketahui, pasar duopoli adalah salah satu gambaran jenis pasar yang ada di masyarakat modern saat ini. Selanjutnya, agar lebih mudah mengenali maka kita akan membahas mengenai ciri ciri pasar duopoli, sebagai berikut:

  1. Ciri ciri pasar duopoli yang paling khas adalah terdapat hanya dua produsen atau dua penjual saja. Maka itu, dua produsen ini mendominasi pasar dengan sangat kuat, termasuk dari segi menentukan harga dan jumlah produk di pasaran.
  2. Memiliki dominasi yang sangat tinggi dan strategis. Tak jarang, keputusan yang diambil oleh salah satu atau dua pemain akan berdampak signifikan.
  3. Kemungkinan terjadinya kolusi yang tinggi. Tak menutup kemungkinan, dua produsen ini saling bekerja sama atau berkolusi agar bisa menghasilkan laba yang lebih tinggi.
  4. Kompetisi pasar ini sangat sengit. Jika dua pemain saling bersaing tanpa adanya kerja sama, besar kemungkinan terjadi praktik saling mengawasi agar bisa memenangkan persaingan.
  5. Menguasai pasar dan memiliki pelanggan loyal. Ciri ciri lainnya adalah setiap perusahaan memiliki keunggulan dan peminat setia masing-masing. Terutama, jika kedua pedagang ini menerapkan strategi diferensiasi produk/ jasa.
  6. Pemain baru sulit masuk. Pasar ini sulit diubah bahkan untuk para pemain baru. Ini biasanya, terjadi karena pasar duopoli segera mengubah strategi pasar dengan memberikan diskon harga atau promo loyalitas pelanggan agar pemain baru sulit menggeser posisi.
  7. Laba penjualan yang tinggi. Keuntungan penjualan produk/ jasa hanya terbagi kepada dua produsen saja sehingga laba yang dinikmati cukup besar.

[elementor-template id="26379"]

Contoh Pasar Duopoli

Mengenal dan memahami contoh pasar duopoli akan semakin mudah melalui contoh kasus. Mari kita simak bersama contoh di bawah ini:

Pasar duopoli adalah pasar yang hanya dikuasai oleh dua orang produsen. Di Indonesia, hal ini bisa dilihat dalam pasar segmentasi produk mie instan. Terdapat dua produsen besar mie instan yang terkenal di tanah air, yaitu Wings Food (Mie Sedap) dan Indofood (Indomie).

Keduanya saling bersaing merebut animo masyarakat. Misalnya, dengan menghadirkan varian rasa mie instan baru, menetapkan harga promo yang lebih murah, paket bundle, hingga pemasaran langsung ke pasar-pasar tradisional untuk menjangkau berbagai pelosok desa.

Contoh lainnya, bisa dilihat dari persaingan dua produsen minuman soda asal Amerika Serikat yaitu Coca Cola dan Pepsi. Pada tahun 2008, keduanya bersaing sangat sengit dalam meraih segmentasi pasar. Tercatat Pepsi menguasai sekitar 30,8% pangsa pasar minuman soda di Negeri Paman Sam. Sedangkan, Coca Cola lebih unggul sekitar 42,7% mendominasi pasar.

Nah, dari kedua contoh di atas, dapat terlihat bahwa kompetisi pasar terjadi di antara dua pedagang besar. Meskipun, ada banyak produsen lainnya, akan tetapi masyarakat lebih mengenal dua nama atau dua merek itu dibandingkan merek lainnya.

Pasar duopoli atau apapun jenis karakteristik pasar bisnis Anda, semuanya bisa berjalan lancar dengan adanya software akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony membuat kinerja tim finance lebih cepat dan bisa diandalkan. Pembukuan keuangan dapat dilakukan secara cepat, rapi, dan otomatis.

Ada berbagai fitur menarik yang akan melengkapi pembukuan dan sistem akuntansi perusahaan secara modern. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi, manajemen budget, hingga pengelolaan e-commerce produk Anda.

Yuk, langsung uji coba GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 hari. Caranya, daftar di sini sekarang. Anda juga bisa mendapatkan info lebih lengkap melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram