Di era global market seperti saat ini, pasar bebas bukan konsep baru. Meskipun, terdapat banyak pemain yang menjual barang sejenis, asalkan tetap terwujud keseimbangan pasar, kompetisi pasar dianggap masih sangat lumrah.
Banyak produsen yang melakukan pemasaran langsung maupun tidak langsung. Bahkan, tidak jarang dalam satu segmentasi pasar duopoli, terdapat ribuan produk yang ditawarkan. Namun, ada pula beberapa kasus di mana struktur pasar hanya ada dua produsen yang dominan. Inilah yang disebut pasar duopoli.
Table of Contents
Sesuai namanya, pasar duopoli adalah suatu tempat jual-beli yang dikuasai oleh dua (duo) pedagang atau produsen. Kedua pedagang ini saling berkompetisi merebut perhatian konsumennya dalam menawarkan produk atau jasa.
Pasar duopoli adalah salah satu bentuk ketergantungan pasar terhadap dua produsen. Termasuk dalam penetapan harga, kualitas, serta hasil jumlah produksi. Terkadang, tidak menutup kemungkinan dua pedagang ini akan saling bekerja sama agar menghasilkan lebih banyak keuntungan.
Seperti yang diketahui, pasar duopoli adalah salah satu gambaran jenis pasar yang ada di masyarakat modern saat ini. Selanjutnya, agar lebih mudah mengenali maka kita akan membahas mengenai ciri ciri pasar duopoli, sebagai berikut:
[elementor-template id="26379"]
Mengenal dan memahami contoh pasar duopoli akan semakin mudah melalui contoh kasus. Mari kita simak bersama contoh di bawah ini:
Pasar duopoli adalah pasar yang hanya dikuasai oleh dua orang produsen. Di Indonesia, hal ini bisa dilihat dalam pasar segmentasi produk mie instan. Terdapat dua produsen besar mie instan yang terkenal di tanah air, yaitu Wings Food (Mie Sedap) dan Indofood (Indomie).
Keduanya saling bersaing merebut animo masyarakat. Misalnya, dengan menghadirkan varian rasa mie instan baru, menetapkan harga promo yang lebih murah, paket bundle, hingga pemasaran langsung ke pasar-pasar tradisional untuk menjangkau berbagai pelosok desa.
Contoh lainnya, bisa dilihat dari persaingan dua produsen minuman soda asal Amerika Serikat yaitu Coca Cola dan Pepsi. Pada tahun 2008, keduanya bersaing sangat sengit dalam meraih segmentasi pasar. Tercatat Pepsi menguasai sekitar 30,8% pangsa pasar minuman soda di Negeri Paman Sam. Sedangkan, Coca Cola lebih unggul sekitar 42,7% mendominasi pasar.
Nah, dari kedua contoh di atas, dapat terlihat bahwa kompetisi pasar terjadi di antara dua pedagang besar. Meskipun, ada banyak produsen lainnya, akan tetapi masyarakat lebih mengenal dua nama atau dua merek itu dibandingkan merek lainnya.
Pasar duopoli atau apapun jenis karakteristik pasar bisnis Anda, semuanya bisa berjalan lancar dengan adanya software akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony membuat kinerja tim finance lebih cepat dan bisa diandalkan. Pembukuan keuangan dapat dilakukan secara cepat, rapi, dan otomatis.
Ada berbagai fitur menarik yang akan melengkapi pembukuan dan sistem akuntansi perusahaan secara modern. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi, manajemen budget, hingga pengelolaan e-commerce produk Anda.
Yuk, langsung uji coba GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 hari. Caranya, daftar di sini sekarang. Anda juga bisa mendapatkan info lebih lengkap melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.