Pahami Manajemen Krisis Untuk Bisnis Anda Saat Masa Corona
Harmony Blog
Business
Pahami Manajemen Krisis Untuk Bisnis Anda Saat Masa Corona
May 18, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Kondisi krisis pandemic covid-19 masih menjadi polemik di Indonesia ini pasalnya korban meninggal semakin bertambah hingga saat ini. Dengan kondisi seperti ini menjadi pengaruh bagi Anda untuk mampu menerapkan manajemen bisnis agar perusahaan masih tetep bertahan dalam masa waspada corona. Sehingga dibutuhkan tindakan untuk mengindentifikasi, menilai, memahami dan mengatasi situasi dari ancaman yang telah terjadi dinamakan dengan istilah manajemen krisis saat corona, berbeda dengan manajemen resiko merupakan identifikasi, menilai, memahami dan mengatasi situasi dari ancaman yang belum terjadi atau akan terjadi dalam diartikan tindakan antisipasi. Artikel ini akan membahas tentang manajemen krisis untuk bisnis Anda dalam masa waspada corona ini.

Dalam situasi masa waspada covid-19 sekarang ini, manajemen krisis saat corona sangatlah penting untuk mempertahankan bisnis Anda.

Baca Juga : 12 Tips Untuk Memimpin Bisnis Anda Melewati Krisis Wabah Corona

Pandemik masa waspada covid-19 membuat banyak pihak melakukan penanggulangan atau pencegahan penyebaran virus tersebut. Salah satu para tenaga medis memberikan manajemen krisis saat corona dibidang kesehatan berupa pemberitahuan wajib penggunaan masker, disinfektan, social distancing kepada semua kalangan masyarakat dan pemerintah merespon untuk pemberlakuan PSBB tersebut.

Adapun beberapa hal yang harus Anda perhatikan, hal tersebut merupakan bagian dari tahap-tahapan krisis antara lain:

1. Tahap Gejala Krisis, pada tahap ini biasanya awal mula krisis itu mulai beredar. Dalam kasus corona covid-19, tahapan ini dapat dikatakan di awal tahun 2020 mulai beredar virus tersebut di wuhan cina.

2. Tahap Akut krisis, tahap ini tidak dikategorikan sebagai awal mulanya krisis akan tetapi sinyal-sinyal mulai muncul ancaman ke luar. Dalam kasus corona covid-19 ini tahap ini dapat ditAndai dengan mulai beredar virus tersebut ke luar negeri cina atau daerah wuhan cina.

3. Tahap Kronis, tahap ini dapat dikategorikan mulai merasakan dampak atau akibatnya karena virus tersebut sudah mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia.

4. Tahap Resolusi (Penyembuhan), tahap ini mulai dilakukan upaya-upaya perbaikan dan pencegahan dari masa penyembuhan terhadap virus yang menyebar tersebut. Tahap ini dapat dikatakan sampai benar-benar kondisi pulih semula.

custom-form-newsletter

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam penerapan manajemen strategi saat krisis, antara lain:

1. Formulasi Strategi

Anda harus mampu memahami atau identifikasi krisis yang yang telah terjadi saat ini dengan langkah-langkah Anda merumuskan seperti ini:

• Faktor penyebab utama asal mulai krisis?

• Bagaimana krisis ini mulai bisa menyebar?

• Faktor pendukung krisis ini?

• Bagaimana kondisi terkini tentang krisis ini?

• Bagaimana cara pencegahan, penanggulangan?

• Dan lain-lain sebagainya.

Dengan Anda memahami dan identifikasi krisis tersebut, sehingga Anda harus memilih strategi yang cocok untuk manajemen krisis saat corona ini agar tidak terulang lagi krisis seperti ini.

2. Implementasi Strategi

Setelah Anda melakukan proses formulasi strategi, tahapan selanjutnya adalah merencanakan pelaksanaan strategi yang akan dilaksanakan dengan formulasi strategi digunakan sebagai bahan acuannya. Adapun hal yang dilakukan seperti:

• Menetapkan program-program strategi pencegahan krisis.

• Mulai membentuk team pelaksana program strategi tersebut.

• Memberikan pengarahan atau pelatihan yang menunjang program strategi terlaksana.

• Menyediakan alokasi anggaran khusus.

3. Evaluasi Strategi

Tinggal Anda mengevaluasi strategi, apa hasil yang didapatkan sudah sesuai dengan formula strategi diawal? Jika tidak Anda dapat melakukan perubahan perumusan formula strategi, sehingga tidak terulang lagi kesalahan yang sama.

Begitulah penjelasan dari manajemen krisis, Anda harus memahami dan mengetahui apa itu manajemen krisis saat corona ini, karena bila pengelolaan manajemen krisis saat corona ini baik ya tentu dapat meningkat profit perusahaan. Agar pengelolaan keuangan Anda dijalan dengan baik dan benar,

Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi Harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS Selama 30 Hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/