Harmony Blog

Pahami Biaya Eksplisit (Explicit Cost), Contoh dan Perhitungannya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

biaya eksplisitPin

Explicit Cost atau biaya eksplisit adalah biaya yang secara nyata dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk operasi perusahaan tersebut. Kata nyata di sini memiliki arti bahwa perusahaan memang tercatat mengeluarkan biaya atau pengorbanan dalam bentuk uang kas, piutang atau aset lainnya untuk operasi perusahaan tersebut.

Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang nilainya tidak mudah mengalami perubahan dalam satu periode akuntansi (biasanya satu tahun).

Lawan dari biaya eksplisit adalah biaya peluang (opportunity cost). Dalam memperhitungkan biaya peluang, perusahaan tidak benar-benar mengeluarkan aset perusahaan tersebut untuk dikorbankan. Dalam biaya peluang, yang dikorbankan oleh perusahaan adalah kesempatan untuk mengambil keputusan lain.

Jenis dan Contoh Biaya Eksplisit

Biaya eksplisit terbagi menjadi dua jenis yaitu biaya tetap (fixed cost) dan biaya variabel (variable cost). Baik biaya tetap maupun biaya variabel masuk ke dalam anggaran keuangan perusahaan.

Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya yang nilainya tidak mudah mengalami perubahan dalam satu periode akuntansi (biasanya satu tahun). Contoh biaya eksplisit kategori tetap adalah biaya sewa gedung, biaya sewa tanah, biaya kendaraan, biaya peralatan dan lain-lain.

Biaya variabel (variable cost) adalah biaya yang nilainya mudah mengalami perubahan dalam satu periode akuntansi. Contoh biaya eksplisit yang termasuk biaya variabel adalah:

1. Gaji karyawan

2. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang habis pakai seperti kertas, bolpoin, dan lain-lain.

3. Biaya untuk membeli bahan baku.

4. Biaya angkut.

5. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli hal-hal lain terkait proses produksi seperti, listrik, oli, internet dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Hutang, Jenis dan Contohnya dalam Perusahaan

Seiring dengan perkembangan suatu perusahaan, umumnya beban yang harus dibayarkan oleh perusahaan tersebut lebih banyak ke biaya variabel ini. Apabila, sebuah perusahaan sudah tidak bisa membayar variable cost ini, maka bisa dikatakan kalau perusahaan tersebut sudah berhenti beroperasi (shut down) meskipun namanya masih tetap ada dalam industri.

Tentu sebagai pebisnis, Anda juga perlu memantau setiap pengeluaran yang terjadi agar lebih efektif dan sesuai dengan tujuan produksi atau usaha Anda. Dengan begitu Anda lebih mudah untuk menentukan bagaimana keputusan selanjutnya terkait dengan harga jual, peningkatan profit dan lainnya. Untuk mendukung itu semua, Anda perlu menggunakan sebuah sistem yang bisa membantu mengawasi biaya dan profit Anda.

Namun, bagaimana jika Anda sudah sangat sibuk dan tidak sempat mengurus itu semua? Tidak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan layanan profesional jasa pembukuan yang juga menggunakan software akuntansi berbasis cloud dalam mengerjakan pembukuan bisnis Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menghitung Biaya Eksplisit

Cara menghitung biaya eksplisit terbilang mudah. Anda tinggal menambahkan seluruh pengeluaran Anda dalam satu tahun akuntansi.

Contoh PT. Langgeng Jaya Makmur Sejahtera memiliki struktur biaya sebagai berikut:

Contoh biaya eksplisitPin

Dari contoh tersebut di atas, terlihat bahwasanya pada bulan Januari dan Februari tahun 2021, PT. Langgeng Jaya Makmur Sejahtera mengeluarkan biaya eksplisit sebesar Rp 58,000,000.00. Jumlah tersebut sudah mencakup biaya tetap berupa sewa gedung dan biaya variabel berupa gaji karyawan dan lain-lain.

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai jenis biaya yang terjadi selama ini di bisnis Anda. Semakin Anda memahami, maka semakin mengerti seberapa efektif biaya itu harusnya dikeluarkan. Baik itu biaya eksplisit yang nyata ataupun biaya implisit yang tidak terlihat pertukaran uangnya dalam bisnis.

Nah, untuk menghitung jumlah biaya eksplisit yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam satu tahun diperlukan catatan keuangan yang lengkap. Aplikasi Harmony datang membantu Anda untuk merekam segala aktivitas keuangan perusahaan Anda di manapun dan kapanpun yang Anda mau. Gunakan Harmony di sini untuk memudahkan bisnis Anda dan dapatkan 30 hari gratis. Sempatkan juga mengikuti akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk update informasi menarik tiap hari. 

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony