Bagi Anda seorang pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan, tentunya Anda harus memahami semua ilmu yang berkaitan dengan penjualan, salah satunya adalah market research atau riset pemasaran.
Perlu Anda tahu, bahwa riset pasar atau market research bukanlah suatu hal yang baru lagi dalam dunia bisnis. Sebab sudah banyak pelaku usaha, baik kecil maupun besar yang melakukan market research ini.
Dilakukannya market research bertujuan untuk mengetahui kebutuhan setiap pelanggan Anda dan memaksimalkan sistem informasi pemasaran yang ada. Sehingga dengan begitu setiap pebisnis bisa mencakup pasar yang sesuai dengan keunggulan produknya dan meningkatkan angka penjualan.
Table of Contents
Dilansir dari laman Hubspot, bahwa market research adalah bidang yang mengumpulkan segala informasi terkait persona pelanggan dan juga target audiens.
Market research ini bertujuan untuk menentukan seberapa layak produk atau layanan yang akan Anda jual kepada para calon konsumen Anda. Dalam artian lain, market research ini cenderung lebih fokus pada analisis pelanggan dan pasar tertentu.
Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya
Tentu sebelum memulainya, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal agar nantinya bisa membantu proses keputusan berlangsung. Apa saja? Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasannya di bawah ini.
Tujuan dilakukannya sebuah market research adalah untuk membantu pelaku bisnis memahami bagaimana cara menarik minat konsumen yang berpotensi dapat membeli produk atau jasa yang dimiliki.
Namun persoalannya, bagaimana jika target pasar tersebut tidak tertarik sama sekali dan tidak membutuhkan setiap produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka?
Tentu dengan memasarkan produk pada tipe konsumen seperti itu akan membuang waktu Anda saja bukan? Maka dari itu pastikan bahwa hal ini sudah diketahui sejak awal memulai market research.
Sebab penting sekali memastikan bahwa segmen pasar yang dimasukkan ke dalam riset memang memiliki ketertarikan atau memakai produk dan jasa yang ditawarkan.
Tentu Anda ingin sekali menjual produk kepada semua orang. Namun sayangnya melibatkan semua segmen pasar ke dalam riset tentu sangat tidaklah mungkin. Maka agar dapat mengelola target pasar dengan baik, Anda perlu tahu apa yang konsumen Anda cari, bagaimana mereka ingin diperlakukan, dan lainnya.
Daripada Anda berusaha untuk menjangkau semua orang yang mungkin tertarik dengan penawaran Anda, maka lebih baik Anda periksa apakah market utama cocok dengan niche bisnis Anda atau tidak.
Apabila cocok dengan bisnis Anda, maka Anda dapat menjalankan riset pasar atau market research. Sebab apabila sasaran yang masuk ke dalam niche, tentu akan lebih mudah untuk Anda kelola.
Penting untuk Anda ketahui, bahwa dalam industri yang sedang Anda bisnis Anda geluti, baik seunik apapun produk atau jasa yang Anda tawarkan, besar kemungkinan ada bisnis lain yang mampu menawarkan hal serupa. Ini berarti bahwa Anda tentu memiliki kompetitor atau pesaing bisnis lain.
Hal ini tentu harus masuk dalam perhatian Anda saat melakukan market research. Mengapa demikian? Sebab respon konsumen terhadap setiap strategi pemasaran kompetitor akan sangat berdampak pada bisnis Anda.
Melakukan riset pasar atau market research tentu bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan dapat menyita waktu yang banyak juga. Apabila Anda merasa jika persoalan tersebut akan timbul, maka bukan berarti Anda membatalkannya. Namun Anda perlu menimbang apakah dibutuhkan pihak ketiga untuk membantu mengerjakan riset ini?
Apabila tahap perencanaan riset selesai, maka Anda perlu berhenti sejenak dan kemudian pertimbangkan marketing plan atau rencana pemasaran tersebut dengan baik. Anda perlu melihat apakah resource yang Anda miliki memadai? Jika tidak, maka mungkin Anda perlu menimbangnya dengan melibatkan pihak ketiga.
Baca Juga: Manfaatkan Konsep Pemasaran Holistik Untuk Perkembangan Bisnis
Banyak pelaku usaha melakukan market research sebagai alat untuk membantu setiap pebisnis dalam memahami kebutuhan pelanggannya. Apa saja detail manfaatnya? Perhatikan berikut ini:
Apabila analisis pasar ditujukan untuk mengetahui kondisi pasar, maka riset pasar atau market research ini lebih spesifik ditujukan untuk mengetahui kondisi kondisi konsumen itu sendiri. Dengan begitu pelaku usaha dapat memastikan bahwa produk bisnisnya dipasarkan pada konsumen yang tepat.
Tidak hanya itu, market research ini juga dilakukan dengan lebih spesifik untuk memahami setiap kebutuhan konsumen, sehingga membuat konsumen dapat tertarik untuk melakukan pembelian.
Walaupun sama-sama memiliki tujuan untuk mendorong angka penjualan, ruang lingkup market research ini jauh lebih spesifik karena umumnya dilakukan pada pasar yang sudah ada, bukan pasar secara umum.
Tentu bagi setiap pebisnis ingin sekali memberikan yang terbaik untuk setiap pelanggan potensialnya. Maka agar mencapai tujuan ini, market research dapat membantu Anda untuk memastikan apakah produk dan jasa yang ditawarkan memiliki target yang tepat. Sehingga kegiatan pemasaran yang dilakukan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Dengan adanya market research ini, pelaku usaha dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar yang sudah Anda target. Sehingga Anda dapat menentukan strategi terbaik untuk memastikan target pasar tersebut tertarik dengan produk atau jasa yang Anda miliki.
Maka dengan hal tersebut, pelaku usaha dapat menghemat setiap biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemasaran yang tepat dan jelas.
[elementor-template id="26379"]
Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi serta model pemasaran, maka tidak heran jika persaingan bisnis juga semakin meningkat. Maka Anda sebagai pelaku usaha harus mencari target pasar yang sesuai dengan riset pasar Anda.
Apabila terdapat banyak pelaku kompetitor atau pelaku usaha lain, Anda tidak perlu khawatir. Sebab belum tentu riset pasar yang mereka miliki sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai.
Dengan memahami kebutuhan setiap konsumen melalui market research maka dapat membantu Anda meningkatkan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Tujuan melakukan market research adalah melengkapi perusahaan Anda dengan informasi yang Anda butuhkan dalam membuat keputusan yang tepat.
Hal ini sangat penting terutama ketika bisnis kecil mencoba menentukan apakah ide bisnis baru dapat dijalankan, ingin pindah ke pasar baru, atau meluncurkan produk atau layanan baru.
Pastikan juga bisnis Anda melakukan proses pencatatan transaksi dan pembukuan dengan baik agar Anda bisa mendapatkan wawasan menyeluruh tentang keuangan bisnis Anda.
Untuk membantu setiap pencatatan transaksi dan pembukuan bisnis Anda. Maka Anda dapat memanfaatkan software akuntansi seperti Harmony.
Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.
Harmony juga dilengkapi otomasi pembuatan laporan keuangan hingga 20+ template instan siap pakai, otomasi rekonsiliasi bank, serta fitur dan modul accounting fungsional lainnya hingga otomasi pembuatan laporan keuangan.
Masih ragu? Silakan coba untuk membuktikan sendiri, daftar FREE Trial 30 hari, klik tautan ini. Info lebih lanjut, like dan follow juga akun media sosial Harmony, di Instagram, LinkedIn, dan Facebook sekarang.