Harmony Blog

Online Marketing: Ketahui Panduan Lengkap Bagi Pemula

Diupdate Mar 16th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Online-MarketingPin

Tingginya penggunaan online marketing merupakan suatu peluang besar bagi pebisnis yang menjalankan strategi pemasaran online, karena sebagian besar masyarakat dalam kehidupan seharinya tetap menggunakan internet.

Online marketing adalah sebuah pencapaian perusahaan dalam mempromosikan produk dan merek yang menggunakan media digital.Click to Tweet

Secara umum online marketing adalah salah satu cara yang efektif untuk mengenalkan produk Anda kepada calon konsumen, sehingga internet ini merupakan media marketing sebagai strategi pemasaran online.

Dengan demikian online marketing ini juga bisa menjangkau konsumen secara spesifik tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, apalagi online marketing ini bisa dilakukan oleh siapa pun. Ingin mengetahui apa saja panduan lengkap cara marketing online? Simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Online Marketing?

Secara definisi istilah online marketing adalah sebuah pemasaran online yang menjadi aktivitas perusahaan untuk memasarkan produk maupun jasa melalui media internet.

Selain itu konsep pemasaran online ini lebih dikatakan sebagai pasar modern, yang sering dimanfaatkan sebagai sebuah tahap awal dalam membangun reputasi perusahaan Anda di depan publik.

Untuk memanfaatkan media internet ini bukan hanya mengenalkan perusahaan saja, namun juga mendorong calon konsumen untuk mencari informasi lebih mengenai bisnis tersebut.

Adapun berbagai cara marketing online yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan memperhatikan tahap-tahap dalam strategi pemasaran online bisnis yang sangat berbeda dengan advertising.

Apa Saja Manfaat Online Marketing?

Adapun beberapa kelebihan online marketing yang dapat digunakan dan diterapkan dalam bisnis Anda yaitu:

  • Bisa Digunakan Siapa Saja

Manfaat online marketing dapat digunakan oleh siapa saja yang hanya berbekal peralatan seperti laptop serta koneksi internet, setelah itu Anda bisa menerapkan online marketing dalam bisnis Anda.

  • Anggaran Menjadi Lebih Murah dan Efisien

Melalui online marketing Anda dapat lebih hemat untuk memasarkan produk Anda, bahkan bisa lebih efisien dalam menarik calon konsumen dari pada menggunakan pemasaran yang tradisional.

  • Menambah Keuntungan Secara Efektif

Salah satu manfaat lainnya bagi Anda tidak hanya menghemat anggaran saja, namun juga dapat menambah keuntungan secara efektif melalui strategi pemasaran online dibandingkan dengan promosi offline.

Manfaat-online-marketingPin

  • Menetapkan Sasaran Audiens

Manfaat online ini juga mampu menetapkan sasaran audiens secara spesifik. Seperti usia, minat, lokasi, dan jenis kelamin yang sesuai dengan marketing bisnis Anda. Tentunya akan lebih tepat memberikan manfaat bagi konsumen.

  • Berguna Bagi Pengguna Smartphone

Negara Indonesia merupakan salah satu pengguna smartphone terbanyak. Di mana pengguna internet di Indonesia juga merupakan trend pemasaran global, yang bisa mengakses internet melalui mobile secara online marketing.

Seperti Apa Konsep Conversion Funnel Dalam Online Marketing?

Jika Anda sudah mengetahui target konsumen dalam bisnis, maka selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memahami konsep conversion funnel yang sesuai dengan kebutuhan meliputi:

Conversion-funnelPin

  • Awareness

Tahap awal ini konsumen sudah mulai menyadari adanya produk dan layanan yang dipasarkan.

  • Consideration

Selanjutnya konsumen sudah mulai tertarik dengan produk dan layanan dipasar dan mulai berfikir untuk membeli produk.

  • Conversion

Kemudian konsumen yang sudah melakukan pembelian merupakan konsumen yang potensial, setelah itu Anda dapat memberikan informasi serinci mungkin agar pembeli mengenal produk Anda.

  • Loyalty

Jika konsumen Anda berulang kali melakukan pembelian, maka inilah saatnya pembeli Anda merupakan pelanggan yang setia.

  • Advocacy

Terakhir, pelanggan yang setia pastinya akan merekomendasikan produk yang Anda pasarkan kepada orang lain, sehingga nantinya produk Anda semakin terkenal dan banyak peminat.

Maka dari itu adanya konsep conversion funnel ini memang memudahkan Anda dalam mengatur strategi pemasaran online yang dijalankan secara baik dan terencana.

Baca Juga: Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Panduan Lengkap Strategi Online Marketing Untuk Pemula

Berikut ini ada beberapa cara marketing online sebagai panduan lengkap bagi pemula bisnis yaitu:

  • Membuat Database Konsumen

Di tahap awal ini hal yang harus dilakukan adalah dengan cara mengumpulkan dan membuat database konsumen, agar berguna mengenali karakteristik konsumen.

  • Mengevaluasi Kembali Konsumen

Selanjutnya dalam melakukan online marketing yang harus dilakukan yaitu dengan mengevaluasi kembali konsumen untuk memahami kebutuhan pelanggan. Dengan begitu pebisnis yang melakukan pemasaran dapat menemukan konsumen yang potensial.

  • Membuat Website Bisnis

Ketika Anda sudah memahami pola pikir konsumen, maka selanjutnya Anda bisa merancang website sebagai pemasaran online. Melalui website ini berguna untuk meyakinkan konsumen atas produk yang ditawarkan.

Keuntungan lainnya melalui website ini, pebisnis dapat menampung trafik yang di dapat dari media sosial hingga email marketing, bahkan website ini juga dapat menampilkan sebuah produk Anda secara lengkap.

  • Menjalankan Content Marketing

Tujuan pebisnis dalam memasarkan produknya secara online agar meningkatkan kesadaran konsumen, sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan content marketing.

Menjalankan conten marketing ini berguna untuk membuat konsumen tertarik, atas produk yang ditawarkan menarik dan seunik mungkin. Bahkan konsep content marketing ini harus dimulai dari infografisnya, tulisan, hingga video.

  • Menambah Traffic Melalui SEO

Dengan membangun website tentunya merupakan media pemasaran digital yang menarik konsumen, namun dalam menambah kunjungan website bisa dilakukan dengan cara mengoptimasi SEO.

Cara ini dilakukan agar website Anda dapat muncul di halaman pertama pencarian, sehingga keuntungan ini membuat konsumen mulai mencari produk Anda melalui website tersebut.

Traffic-seo-online-marketingPin

  • Menjalankan Email Marketing

Adanya email marketing ini ternyata salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan minat konsumen, bahkan gunanya email marketing ini dapat menawarkan produk Anda secara personal yaitu melalui kotak masuk.

Produk yang ditawarkan melalui email ini juga dapat langsung terbaca oleh konsumen, namun apabila subjek serta isinya mampu menarik perhatian konsumen.

  • Menjalankan Online Marketing Melalui Media Sosial

Adanya internet ini merupakan pemasaran yang sempurna bagi media sosial, sehingga dengan menjalankan online marketing melalui media sosial. Sebaiknya ketahui dahulu media mana yang dipakai oleh calon konsumen. Setelah itu tentukan media yang efektif dan pastikan postingan tersebut menarik serta menghibur konsumen.

  • Menggunakan Affiliate Marketing

Bagi seorang pemula dapat menggunakan afiliasi marketing dengan orang lain. Mengapa demikian? Karena affiliate marketing ini bukan hal yang baru bagi dunia online marketing.

Pengerjaan affiliate marketing ini juga sangat mudah dipahami. Sehingga ketika Anda bekerja sama dengan sesorang, atau pun rekan kerja yang menjual produk secara langsung kepada konsumen maka selanjutnya akan mendapatkan komisi.

  • Mengikuti Komunitas Online Marketing

Sebagai seorang pemula dalam dunia online marketing, tentu sebaiknya mengikuti komunitas online yang sesuai dengan produk Anda. Hal ini merupakan suatu keuntungan supaya Anda dapat menemukan sebanyak mungkin calon konsumen yang potensial.

  • Bekerja Sama Dengan Influencer

Menawarkan kerja sama dengan influencer ternyata dapat meningkatkan produk Anda lho. Bagaimana bisa? Karena influencer memiliki banyak follower yang tidak sedikit bahkan keuntungan yang di dapat yaitu brand Anda bisa dikenal oleh seluruh masyarakat.

Selain itu apabila Anda baru membangun bisnis dan menawarkan produk, maka sebaiknya lakukan kerja sama dengan influencer yang terkenal. Agar nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, dan pemasaran online tetap berjalan.

Seperti itulah pembahasan mengenai online marketing serta bagaimana panduan dalam menerapkannya, sehingga Anda sebagai pebisnis juga dapat mengambil langkah dalam menghemat biaya pemasaran ataupun biaya lainnya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional. Layanan jasa ini juga bisa membantu menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun dapat dibereskan secara teknologi dengan layanan profesional ini. Apa sih teknologi yang digunakan?

Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda.

Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony