Harmony Blog

Mengenal Profesi Menguntungkan Sebagai Buzzer Sosial Media

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

buzzer sosial mediaPin

Apakah Anda seorang pengguna aktif sosial media? Kalau iya, pasti istilah buzzer sosial media sudah tidak asing di telinga Anda bukan? Tingginya pengguna sosial media saat ini memunculkan profesi baru yaitu buzzer sosial media termasuk di Indonesia. Yuk, simak penjelasan yang menarik tentang buzzer sosial media berikut ini.

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini memunculkan profesi baru yaitu buzzer sosial media yang bisa digunakan untuk strategi pemasaran produk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Buzzer Sosial Media?

Kata buzzer berasal dari bahasa Inggris yang berarti lonceng atau alarm. Buzzer adalah orang yang memanggil, mengumpulkan dan memberitahukan orang lain tentang suatu informasi yang mau disampaikannya. Informasi tersebut bisa tentang produk, bisnis, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya.

Bahkan saat ini ada juga yang disebut sebagai buzzer politik yaitu orang yang memberitahukan kepada followersnya tentang informasi politik yang biasanya akan berpihak kepada tokoh politik, partai atau pilihan tertentu.

Buzzer sosial media merupakan profesi untuk menginformasikan dan mempengaruhi para followersnya di sosial media untuk suatu kepentingan tertentu yang ditugaskan kepadanya. Buzzer biasanya menerima bayaran dari orang atau organisasi yang menggunakan jasanya.

Pada umumnya buzzer memiliki banyak followers atau disebut juga dengan fans base. Saat ini hampir semua buzzer menggunakan aplikasi sosial media ternama seperti Facebook, Instagram, Twitter atau Youtube sebagai sarana dalam melakukan profesinya.

Penggunaan jasa buzzer ini dinilai sangat efektif hasilnya karena saat ini sebagian besar masyarakat mempunyai akun media sosial. Bahkan penggunaan sosial media saat ini sudah pada tahap kecanduan atau sulit lepas karena intensitas dalam menggunakannya sangat tinggi.

Oleh karena itu dalam bidang bisnis, buzzer merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk penerapan strategi pemasaran online suatu produk. Tentunya sebagai pebisnis atau marketer, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan jasa buzzer ini.

Apa yang Dilakukan oleh Seorang Buzzer Sosial Media?

Seorang buzzer sosial media harus mempunyai fans base yang banyak, jadi yang dilakukan pertama kali adalah mengumpulkan orang untuk menjadi followersnya. Umumnya seorang buzzer bisnis akan fokus ke bidang bisnis, seorang buzzer politik akan fokus ke politik sehingga mereka memiliki followers dengan karakter atau kesukaan yang sama secara general.

Dalam bidang bisnis, tugas seorang buzzer adalah menyampaikan informasi, mereview dan memberikan pandangan atau penilaian positif untuk suatu bisnis/produk. Informasi tersebut bisa berupa data yang valid dari sumber tertentu atau pengalamannya (testimoni) menggunakan produk tersebut. Kesimpulannya adalah buzzer akan mempromosikan suatu bisnis/produk yang merupakan pekerjaan yang diberikan kepadanya.

Baca juga : 5 Strategi Promosi Marketplace yang Terbukti Menghasilkan

Tetapi buzzer sosial media tidak hanya di bidang bisnis saja, bisa juga buzzer untuk kepentingan politik atau sosial masyarakat. Misalnya buzzer politik menginformasikan bahwa kepala daerah di wilayah tertentu sangat baik kinerjanya atau buzzer pemerintah yang menyampaikan tentang pentingnya menggunakan masker disaat pandemi Covid-19 saat ini.

Keuntungan Menjadi Buzzer Sosial Media

Lalu apa sih keuntungan menjadi buzzer sosial media? Tentu saja keuntungan utamanya adalah secara ekonomi karena mendapat fee jika melakukan tugas yang diberikan. Fee yang didapat tentunya berbeda-beda nilainya untuk setiap buzzer, tergantung kesepakatan antara buzzer dengan yang memberikan project.

Keuntungan lainnya adalah buzzer akan mendapatkan popularitas dan pujian publik yang merupakan kepuasan pribadi untuk buzzer tersebut. Selain itu buzzer akan merasakan dirinya berguna jika menyampaikan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak misalnya informasi tentang produk berkualitas,  mempromosikan bisnis UKM, atau pilihan politik yang menurutnya tepat.

Profesi sebagai buzzer sosial media bisa dikerjakan sebagai sampingan atau juga full time. Karena tugasnya cenderung tidak terlalu sulit maka cukup banyak orang yang berminat menjadikan buzzer sosial media sebagai profesi.

Tantangan Menjadi Buzzer Sosial Media

Dalam melakukan profesi sebagai buzzer tantangan pertamanya adalah bagaimana dia bisa mempunyai banyak followers, terlebih jika sebelumnya bukan seorang artis atau publik figur. Seorang buzzer harus bekerja ekstra keras untuk membuat fans base karena tanpa memiliki banyak followers maka project tidak akan diberikan kepadanya.

Buzzer juga harus sering membuat konten yang menarik agar bisa bermanfaat bagi orang banyak, dimana hal itu juga akan menambah jumlah followersnya.

Selain itu, seorang buzzer harus pandai dalam berbicara dalam konteks menyampaikan pesan serta harus menguasai acting di depan kamera saat proses pemotretan atau merekam video. Seorang buzzer juga harus memiliki nalar yang baik dan kreatif dalam menjalankan profesinya agar bisa memuaskan si pemberi project.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan Menggunakan Jasa Buzzer Sosial Media

Penggunaan jasa buzzer sosial media merupakan penerapan dari strategi digital marketing karena menggunakan platform aplikasi digital sebagai sarananya. Hasil dari pemakaian jasa buzzer juga sangat efektif karena buzzer memiliki fans base yang loyal. Sang buzzer bisa mempengaruhi followersnya dengan apa yang dikatakannya atau mengikuti saran dari buzzer itu misalnya mengkonsumsi atau membeli produk tertentu.

Keuntungan lain menggunakan jasa buzzer adalah pemberi project bisa menerapkan strategi lead generation untuk bisnisnya. Strategi itu bisa dilakukan misalnya dengan cara memberikan link form subscribe ketika seorang buzzer memposting produk review di akun sosial medianya. Untuk tahap awal disarankan memberikan uji coba gratis agar para followers yang melihat tertarik dan strategi lead generation bisa berjalan efektif.

Biaya yang harus dibayar kepada buzzer juga cenderung lebih kecil daripada beriklan di televisi atau radio. Oleh karena itu jasa buzzer sosial media dalam bidang bisnis tidak digunakan oleh perusahaan besar saja tetapi juga oleh pebisnis UKM. Dengan biaya terjangkau para pemilik bisnis bisa memperkenalkan dan mereview produk mereka agar dilihat oleh ratusan ribu sampai jutaan orang.

Selain menggunakan jasa buzzer dalam strategi pemasaran produk agar bisnis Anda sukses, hal lain yang tak kalah penting adalah mengelola keuangan bisnis Anda. Untuk memiliki pembukuan usaha yang rapi  dan membuat laporan keuangan yang cepat sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya. Anda bisa menggunakan Harmony yaitu software akuntansi online yang memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau bahkan untuk UKM.

Dengan menggunakan Harmony pembukuan usaha bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun karena hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengaksesnya. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan usaha mereka. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa mempermudah pemilik bisnis mengelola keuangan usaha mereka.

Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini.  Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK