Harmony Blog

Lead Generation: Cara Praktis Mendapatkan Calon Customer Untuk Bisnis Startup

Diupdate Feb 24th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

lead generationPin

Dalam bidang pemasaran, leads merupakan bagian penting dalam suatu proses penjualan. Leads adalah calon customer yang akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dari leads berpotensi menjadi pelanggan dan kemudian bisa menciptakan pelanggan loyal. Untuk meningkatkan jumlah leads perusahaan membutuhkan strategi yang disebut lead generation.

Lead generation adalah cara yang digunakan untuk membuat orang biasa menjadi leads yang berpotensi tinggi membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk membuat strategi lead generation menjadi efektif bukanlah perkara mudah, terutama di era persaingan yang ketat saat ini. Banyaknya perusahaan startup yang bermunculan dan berlomba-lomba dalam menawarkan produk mereka ke masyarakat menjadi tantangan tersendiri di era teknologi ini.

Strategi lead generation sangat dibutuhkan oleh perusahaan startup yang mau mendapatkan leads yang banyak dalam memasarkan produk mereka.

Lead generation sangat penting untuk perusahaan startup karena mereka membutuhkan banyak leads yang bisa dikonversikan menjadi pelanggan. Perusahaan startup membutuhkan orang-orang yang kompeten untuk membuat bisnis mereka sukses, oleh karena itu pekerjaan menjadi ahli internet marketer saat ini sedang naik daun.

Di era digitalisasi saat ini, website dan media sosial merupakan sarana yang efektif untuk mendatangkan leads. Mudah dan murahnya pembuatan serta akses kedua sarana itu membuat bisnis atau produk yang ditawarkan bisa dilihat lebih banyak orang daripada media konvensional. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya pebisnis yang merubah toko offline mereka menjadi toko online.

Baca juga : Strategi Pemasaran Online Shop Yang Mudah Di Terapkan

Agar strategi lead generation bisa maksimal, berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan.

1. Melakukan Branding dengan Tepat

Langkah awal dalam membuat lead generation agar maksimal adalah dengan melakukan branding yang tepat. Calon pelanggan umumnya membeli produk yang sudah mereka ketahui manfaat atau mereknya, jadi sangat penting untuk membangun brand terlebih dahulu.

Buatlah logo dan tagline yang eye-catching atau menarik untuk dilihat dan diucap. Lakukan branding dengan membangun image yang kuat untuk produk Anda secara konsisten. Anda bisa menggunakan jasa influencer marketing agar branding menjadi efektif., karena influencer umumnya mempunyai fans base yang besar. Untuk menemukan jasa influencer sangat mudah karena saat ini banyak selebgram dan youtuber yang memang fokus mendapat penghasilan dari jasa tersebut.

2. Optimalkan Media Sosial Marketing

Saat ini hampir semua orang melihat media sosial, jadi agar lead generation bisa menjangkau banyak calon pelanggan maka media sosial marketing wajib dijalankan. Strategi mengoptimalkan media sosial merupakan bagian dari digital marketing yang harus dilakukan untuk mendapatkan leads dari dunia online.

Produk Anda harus memiliki akun media sosial di Instagram, Facebook, Youtube dan TikTok karena keempat platform ini merupakan yang terbesar di Indonesia untuk saat ini. Buatlah konten menarik yang berhubungan dengan bisnis atau produk Anda di media sosial tersebut agar calon leads mau melihat atau membacanya.

3. Mengatur Halaman Error (404) pada Website

Saat memulai usaha startup memang terkadang ada yang tidak sempurna pada website dan muncul tampilan halaman error atau yang biasa disebut halaman 404. Hal ini terlihat sederhana tapi harus dihindari agar leads yang melihat jangan merasa tidak nyaman dengan website atau perusahaan Anda. Usahakan selalu mengecek error pada website atau aplikasi  dengan meminta rutin team Anda untuk melakukan pengawasan pada halaman yang berpotensi error tersebut serta melakukan testing secara lokal sebelum menampilkan live di website atau aplikasi

4. Membuat Form Subscribe yang Simpel

Selain itu agar strategi lead generation efektif maka Form Subscribe harus dibuat sesimpel mungkin, misalnya hanya memasukan data penting seperti nama, email dan nomor mobile phone. Untuk data-data penting lainnya seperti nomor KTP, alamat, nama perusahaan dan lain sebagainya bisa diisi di user profile setelah leads memiliki akun.

Tujuannya adalah leads tetap mau mengisi datanya ketika mengklik Form Subscribe. Tidak sedikit leads yang tidak jadi mengisi Form Subscribe ketika melihat banyaknya kolom untuk pengisian data.

5. Meningkatkan Opt-In pada Website

Tingkatkan metode Opt-In pada website Anda. Opt-in merupakan teknik yang digunakan untuk menambah daftar leadsdengan melakukan registrasi email. Setelah data email dari leadsini masuk maka bisa digunakan untuk keperluan email marketing yaitu dengan mengirimkan artikel, informasi atau penawaran untuk produk Anda.

Opt-indiisi oleh leads yang memberikan alamat emailnya dengan sukarela karena memang tertarik dengan penawaran produk Anda. Jadi dengan meningkatkan Opt-In pada website bisa disimpulkan Anda sedang mengumpulkan calon pelanggan potensial. Metode Opt-In merupakan bagian dari lead generation stage yang sangat efektif untuk diterapkan karena terbukti semua platform marketplace menggunakannya sebagai strategi promosi untuk bisnis mereka, tentunya lewat data email user yang mereka kumpulkan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

6. Ada Fasilitas Gratis untuk Mencoba

Untuk mendapatkan leads yang banyak, maka sebaiknya ada fasilitas mencoba gratis untuk produk yang Anda tawarkan. Pada umumnya orang masih ragu untuk mencoba produk perusahaan startup, tetapi mereka cenderung tidak menolak jika produk tersebut ditawarkan secara gratis.  Fasilitas gratis ini merupakan metode lead generation yang juga sangat efektif karena leads yang mau mencoba pastilah merupakan calon pelanggan potensial

Berikan mereka waktu untuk mencoba gratis, misalnya 1 bulan atau bisa juga dengan menggunakan metode memberi fasilitas gratis hanya untuk fitur atau benefit tertentu saja dan jika mereka mau menggunakan fitur atau mendapatkan benefit lain harus melakukan sejumlah pembayaran tertentu. Contoh fasilitas gratis selama 30 hari ada pada aplikasi akuntansi online Harmony, Anda bisa didapatkan dengan membuat akun disini.

7. Berpartisipasi di Forum Diskusi yang Relevan

Hal lain yang bisa Anda lakukan dalam strategi lead generation adalah dengan berpartisipasi di forum diskusi yang relevan dengan produk Anda. Dengan melakukan hal tersebut maka produk brand awareness produk Anda bisa meningkat. Para anggota di forum tersebut jadi mengetahui produk Anda dan mencoba mengunakan atau mengkonsumsi produk Anda.

Berilah solusi atau tips kepada anggota forum yang membutuhkan. Bukan tidak mungkin fans base Anda akan terbentuk di forum tersebut jika para anggotanya merasa terbantu dengan komen atau postingan Anda dan mereka bisa menjadi leads atau calon pelanggan potensial untuk produk Anda. Sertakan juga link website atau media sosial produk Anda pada saat posting di forum diskusi agar anggota forum bisa mengaksesnya saat melihat postingan Anda.

Demikianlah penjelasan bagaimana Anda bisa memaksimalkan strategi lead generation untuk mendapatkan calon customer pada bisnis startup yang Anda jalankan. Agar bisnis startup Anda berkembang dengan baik, maka faktor lain yang harus diperhatikan adalah pengelolaan keuangan perusahaan. Untuk laporan keuangan perusahaan startup Anda percayakan pengelolaannya kepada Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh ribuan pebisnis dalam membantu usaha mereka. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan membantu agar usaha Anda semakin berkembang. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony