Harmony Blog

Manfaatkan Social Media Marketing Untuk Kembangkan Bisnis Anda

Diposting Mei 19th, 2021
79

SHARES

PEMBACA

Social Media MarketingPin

Social media marketing atau yang dikenal sebagai pemasaran media sosial sangat ampuh untuk bisnis digital. Teknik marketing online ini sekarang menjadi strategi pemasaran bagi hampir semua jenis perusahaan.

Lazim terjadi, karena social media marketing strategy dianggap lebih mudah menjangkau pelanggan, baik pemasaran langsung maupun pemasaran global.

Social media marketing adalah suatu kegiatan pemasaran dalam bisnis digital dengan memanfaatkan jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll.Click to Tweet

Contoh social media marketing yang mudah ditemui seperti Facebook Ads, Instagram, Twitter, Pinterest, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Social Media Marketing?

Lantas, sebenarnya apa itu social media marketing? Menurut pengertiannya, social media marketing adalah suatu kegiatan pemasaran dalam bisnis digital dengan memanfaatkan jejaring media sosial.

Sementara itu, metode atau social media merupakan suatu dari teknik marketing online yang sering digunakan untuk membuat konten-konten yang unik, menghibur, serta relevan dengan merek agar semakin dekat dengan pelanggan atau audiens.

Baca Juga: Pemasaran Global (Global Market) – Arti, Manfaat, Contoh Dan Faktornya

Social Media Marketing Strategy

Ada beberapa teknik marketing online yang bisa diterapkan dalam bisnis digital agar social media marketing strategy berjalan sukses. Berikut langkah-langkahnya antara lain:

Social media marketing strategyPin

  1. Fokus Pada Satu Platform

    Tidak perlu repot menyasar semua jenis platform media sosial. Sebab, media sosial marketing justru kurang fokus dan tidak maksimal. Ada beberapa brand yang memang memiliki berbagai jenis akun media sosial.

    Akan tetapi, jika dilihat secara detail, mereka justru kebanyakan hanya intens mengunggah konten di satu jenis platform media sosial saja. Misalnya, Twitter saja, atau Instagram saja.

  2. Pahami Preferensi Audiens

    Setiap brand atau merek memiliki media sosial marketing yang unik. Karena, bisa jadi audiensnya juga berbeda-beda. Dari segi selera, jenis kelamin, usia, atau wilayah, semua ikut mempengaruhi selera audiens.

    Yang perlu dilakukan brand Anda adalah menyesuaikan media sosial marketing dengan preferensi atau selera yang disukai audiens.

    Setiap brand atau merek memiliki media sosial marketing yang unik. Karena, bisa jadi audiensnya juga berbeda-beda. Dari segi selera, jenis kelamin, usia, atau wilayah, semua ikut mempengaruhi selera audiens.

    Yang perlu dilakukan brand Anda adalah menyesuaikan media sosial marketing dengan preferensi atau selera yang disukai audiens.

  3. Buat Konten Memikat

    Kunci yang tak kalah penting dalam social media marketing adalah konten yang menarik dan memikat. Biasanya, semakin menarik konten yang dibuat, akan semakin tinggi tingkat keterlibatan audiens.

    Termasuk jumlah komentar, jumlah like, jumlah tayangan, jumlah share, dan sebagainya. Hal ini tentunya akan semakin berdampak bagus bagi keberhasilan strategi media sosial marketing.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Mengatur Jadwal Postingan

    Sayangnya, seringkali pelaku usaha melewatkan jam-jam premium dalam memposting atau mengunduh kontennya. Padahal, pada jam-jam tertentu banyak orang yang aktif di media sosial.

    Maka itu, atur kembali jadwal postingan konten agar social media marketing strategy bisa semakin efektif dan tepat sasaran pasar.

  5. Terus Bereksperimen

    Jangan cepat puas dan berhenti hanya karena tingkat engagement social media marketing terlihat naik. Sebaliknya, social media marketing strategy harus terus dikembangkan dengan berbagai eksperimen dan evaluasi untuk membenahi beberapa kendala atau kekurangan lainnya.

Dalam bisnis digital, social media marketing ibarat ujung tombak pemasaran. Jika social media marketing berhasil meningkatkan penjualan, maka laba perusahaan juga akan semakin bertambah.Percayalah, social media marketing strategy yang diterapkan dengan benar akan melejitkan branding awareness. Sehingga, masyarakat luas akan lebih mudah mengenali dan mengingat brand atau produk Anda.

Semakin besar nama brand, maka profit yang diraih juga semakin besar. Jangan biarkan tim keuangan tersita waktu dan tenaga hanya untuk menangani tugas-tugas berulang secara manual. Serahkan pada ahlinya, Software Akuntansi Harmony.

Untuk itu jika Anda ingin memiliki pencatatan yang secara real time dan tidak perlu mengulang kembali perhitungan omzet bisnis Anda dari segala jenis transaksi secara sistematis. Maka cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah platform solusi bisnis digital dalam hal pembuatan laporan keuangan dan pembukuan yang modern dan praktis dipakai. Anda juga bisa mencoba dan membuktikan sendiri keunggulan fitur-fitur tersebut secara GRATIS selama 30 hari, silakan klik tautan ini.

Tersedia lebih dari 20 laporan keuangan yang bisa digunakan secara real-time berbasis Cloud, mudah dimengerti dan diakses kapan saja untuk mendukung bisnis Anda.

Lengkapi informasi Anda dengan fitur-fitur fungsional aplikasi Harmony melalui media sosial Harmony berikut: Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony