Harmony Blog

Manajemen Kas, Inilah Pengertian, Model dan Tujuannya Bagi Bisnis

Diupdate Mar 17th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

manajemen kasPin

Manajemen kas merupakan proses pengelolaan dan mengumpulkan arus kas agar mencapai arus kas yang optimal. Pada pengertian manajemen kas, bentuk kas berupa uang kontan, cek, deposit, demand, dan kas bon. Uang kontan menjadi aset utama yang digunakan untuk mendanai kewajiban perusahaan.

Pengertian manajemen kas yang baik dalam bisnis merupakan kunci stabilitas keuangan perusahaan. Ketika anda mulai berbisnis, perusahaan anda akan mengalami perputaran aliran kas masuk dan keluar di dalam laporan keuangan yang harus dikelola secara hati-hati.

Laporan arus kas terdiri dari tiga bagian, yaitu operasional, investasi, dan pembiayaan.Click to Tweet

Dapat dikatakan di dalam budget management juga terdapat laporan keuangan arus kas. Laporan arus kas berfungsi untuk mencatat semua perputaran arus kas dalam perusahaan, meliputi piutang uang kontan, hutang dagang, pembayaran cash, serta uang yang diinvestasikan. Laporan arus kas terdiri dari tiga bagian, yaitu operasional, investasi, dan pembiayaan. Operasional menjadi aktivitas yang paling sibuk, sedangkan dua lainnya berkaitan pada arus kas masuk dan arus kas keluar.

Tujuan Manajemen Kas

Perlunya manajemen kas didasari atas pentingnya menimbang setiap resiko yang diambil perusahaan supaya aliran kas tetap seimbang. Apabila investasi terlalu sedikit keuntungan yang didapat pun terlalu sedikit. Bila investasi terlalu banyak, diperkirakan akan terjadi cash insolvency.

Tujuan manajemen kas utamanya terdiri dari dua elemen, yaitu likuiditas dan earning. Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk melunasi kewajibannya (utang usaha, dividen, pajak) pada waktu tertentu. Pada tujuan manajemen kas, likuiditas dan arus kas perusahaan dijaga supaya seimbang.

Sedangkan earnings ditujukan untuk memprediksi kas yang dikeluarkan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Oleh karena itu tujuan manajemen kas disini memastikan pembayaran kas dicatatkan dengan benar.

Model Manajemen Kas

Dalam hal manajemen kas ini, juga terdapat dua model manajemen kas yang biasanya digunakan oleh pebisnis yaitu:

Model manajemen kasPin

Model Baumol

Munculnya model manajemen kas pertama kali diprakarsai oleh Baumol, sehingga dikenal sebagai model persediaan (manajemen kas model Baumol). Rumus model Baumol yaitu,

Rumus manajemen kas model baumol

Q : saldo kas optimal
F : biaya transaksi tetap
T : total kebutuhan kas satu periode
i : tingkat bunga pada satu periode

Model Baumol menekankan pada pemeliharaan saldo kas yang optimal untuk memenuhi kewajiban perusahaan, di sisi lain mengejar peluang investasi yang menguntungkan. Bila saldo kas cadangan sisa sedikit, perusahaan akan mengalami likuiditas. Sedangkan bila saldo kas cadangan berlebih, maka kesempatan perusahaan untuk berinvestasi akan hilang.

Mari melihat satu contoh manajemen kas model Baumol. Dalam suatu perusahaan pemakaian kas tiap tahun adalah Rp.1.200.000.000.  Tingkat bunga dari sekuritas sebesar 12% per tahun sedangkan biaya transaksi mengubah sekuritas menjadi kas sebesar Rp 50.000.

Untuk menghitung pengubahan jumlah sekuritas menjadi kas menggunakan rumus sebelumnya.

Contoh manajemen kas model baumol

Disimpulkan pada contoh manajemen kas model Baumol, perusahaan tersebut harus menjual sekuritas sebesar 31 juta rupiah.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Model Miller Orr

Model manajemen kas yang kedua dikemukakan oleh Merton H. Miller dan Daniel Orr. Mereka berpendapat bahwa akan ada saat di mana perusahaan memiliki kas berlebih, maupun kekurangan kas.

Meskipun mungkin bisnis Anda memiliki alat pembayaran non tunai, model Miller – Orr menganjurkan untuk menarik uang tunai ketika investasi surplus melebihi tingkat normal. Contoh manajemen kas model Miller-Orr dapat dilihat pada grafik berikut.

Model miller orrPin

Z : persebaran uang tunai
UL : tingkat maksimum
LL : tingkat minimum
RP : titik pengembalian uang tunai

Perusahaan tidak boleh berinvestasi hingga mencapai tingkat maksimum. Maka itu, dibutuhkan rencana anggaran biaya agar batas dan alokasi keuangan bisa lebih jelas. Batas ini diturunkan dengan menambah batas minimum dikali batas persebaran uang tunai (Z).

Tak hanya mempelajari dan memahami arus manajemen kas, sangat penting bagi pelaku usaha membantu tugas tim keuangan dan administrasi agar lebih simpel, akurat, dan cepat.

Tentunya, dengan Software Akuntansi Harmony kini tugas pembukuan bisa lebih praktis dan otomatis. Laporan keuangan juga bisa dibuat dengan rapi, modern, dan realtime bisa disajikan. Dilengkapi fitur dan modul akuntansi yang mudah bisa membantu pembukuan. Yuk, buktikan sekarang dengan pakai GRATIS 30 Hari Software Akuntansi Harmony klik di sini.

Info lebih lanjut, ikuti terus update informasi dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony