Layanan Pembukuan : Cara Tepat Membantu Perusahaan Anda
Harmony Blog
Accounting
Layanan Pembukuan : Cara Tepat Membantu Perusahaan Anda
October 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Setiap jenis perusahaan pasti membutuhkan layanan pembukuan. Pembukuan merupakan kegiatan dalam pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan oleh ahli pembukuan. Seseorang yang memiliki sertifikasi dalam pembukuan dibutuhkan untuk membuat aktivitas keuangan berjalan dengan baik.

Layanan pembukuan disediakan oleh bookkeeper bisa dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi pembukuan.

Layanan pembukuan kini tersedia manual dan online. Seseorang yang mampu memberikan layanan pembukuan harus memahami fungsi akuntansi karena jika diperlukan akan bekerja sama pula dengan akuntan.

Ada beberapa alasan kenapa kegiatan pembukuan penting untuk perusahaan. Fungsi dari pembukuan sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

Pentingnya Pembukuan Untuk Perusahaan

• Untuk mengetahui setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

• Demi mengetahui seberapa besar laba maupun rugi yang dihasilkan perusahaan dalam satu periode.

• Dapat mengetahui seberapa besar hutang yang dipikul perusahaan dan berapa piutang yang dimilikinya.

• Dapat mengetahui jumlah aset serta mengetahui perkembangan bisnis yang dilakukan. Melakukan pembukuan juga meminimalkan resiko kehilangan atas uang maupun aset dan produk Anda.

• Membantu akuntan dalam menerapkan metode creative accounting jika diperlukan dalam accounting service.

Seorang bookkeeper dituntut untuk bekerja secara teliti dan detail. Ia bisa bertanggung jawab atas pencatatan transaksi yang dilakukannya. Artinya setiap transaksi yang diolahnya dapat dibuktikan secara konkrit dan tidak menyalahi aturan pembukuan yang ada.

Bookkeeper juga paham akan bidang usaha Anda dan mahir dan mahir dalam menggunakan komputer. Ia juga mau berkomitmen serta mau meningkatkan pengetahuan di bidangnya.

Baca Juga : Outsourcing Akuntansi: Untuk Pembukuan Praktis Anda

Tugas- Tugas Pembukuan

Tugas dari seorang pembukuan sangatlah beragam. Kenyataannya pencatatan transaksi tidaklah mudah terkadang sangatlah kompleks dan berhubungan dengan perpajakan. Berikut beberapa tugas pembukuan yang umumnya dilakukan oleh bookkeeper :

1. Melakukan pencatatan penjualan dan pembelian barang dagang

2. Mencatat piutang dan hutang yang dimiliki perusahaan

3. Melakukan pembayaran atas tagihan baik untuk kegiatan operasional maupun pajak

4. Membantu dalam pembuatan anggaran maupun antisipasi atas beban yang tak terduga

5. Melacak pengeluaran atau tagihan yang dibutuhkannya maupun pihak akuntan

6. Melakukan pencatatan atas stok barang baik yang masuk maupun keluar

7. Membantu akuntan dalam memenuhi kewajibannya membuat laporan keuangan dari pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan oleh pihak pembukuan

Itulah tadi beberapa tugas dari seorang bookkeeper. Dalam melakukan pencatatan transaksinya bookkeeper bisa menggunakan Harmony Accounting Software yang mampu menampilkan informasi keuangan secara real time.

custom-form-newsletter

Kenapa Harus Gunakan Harmony Accounting Software

Kelebihan dari Harmony adalah menyediakan layanan pembukuan online untuk segala jenis perusahaan. Olshop dan UMKM maupun perusahaan dengan banyak anak cabang bisa menggunakan software ini. Kelebihan dari Harmony Accounting Software adalah adanya dua fitur dibawah ini :

Fitur OneFeed

Fitur OneFeed pada Harmony memungkinkan rekonsiliasi bank dilakukan secara otomatis. Hal ini karena dukungan dari sistem automatch yang melakukan pencocokan transaksi bank dan kas secara otomatis.

Selain itu layanan pembukuan Harmony juga didukung oleh semua jenis bank lokal. Ditambah lagi pembuatan akun virtualnya gratis. Anda bahkan bisa menggunakan software ini selama 30 hari penuh secara gratis dengan membuat akun disini.

Fitur OneBook

OneBook unggul karena mampu memberikan layanan unlimited user. Ini artinya Anda bisa membuat admin sebanyak mungkin untuk mengakses software Harmony. Keunggulan lainnya dari layanan pembukuan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat membuat invoice dan penawaran dalam jumlah tak terbatas. Invoice dan penawaran dalam bentuk digital dan bisa dikirimkan ke supplier dalam berbagai format dokumen

2. Anda bisa menggunakan mata uang ganda dalam layanan pembukuan Harmony

3. Tak perlu repot lagi dalam pembayaran maupun pelacakan tagihan. Layanan pembukuan Harmony bisa melakukannya secara otomatis. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga

4. Software juga bisa diatasnamakan nama perusahaan Anda dan biaya berlangganan mulai dari Rp. 149.000

Anda juga bisa berkonsultasi seputar layanan pembukuan ini melalui live chat Harmony. Penggunaan layanan pembukuan Harmony juga mampu menghemat biaya operasional dan meningkatkan kinerja perusahaan lebih efektif dan efisien.

Selain itu Harmony Accounting Software bisa digunakan diberbagai gadget mulai dari tablet hingga PC. Tampilannya juga user friendly sehingga mudah untuk dioperasikan. Official website Harmony juga menyediakan berbagai informasi menarik seputar akuntansi, perpajakan hingga tips keuangan.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan layanan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/