Outsourcing Akuntansi: Untuk Pembukuan Praktis Anda
Harmony Blog
Accounting
Outsourcing Akuntansi: Untuk Pembukuan Praktis Anda
July 21, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada zaman yang serba maju ini, banyak perusahaan yang tidak mau diribetkan tentang perhitungan akuntansi dan pembuatan analisis laporan keuangan , maka dari itu tidak sedikit pula yang ingin memakai jasa outsourcing akuntansi.

Apa Itu Oursourcing Akuntansi?

Jasa outsourcing adalah sebuah perusahaan jasa yang brasal dari pihak ketiga untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dapat dikatakan dalam pengertian outsourcing akuntansi adalah sebuah perusahaan jasa yang brasal dari pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan dibidang akuntansi.

Outsourcing akuntansi di Indonesia sudah jadi sebuah pendekatan umum yang dipakai diperusahaan lokal maupun asing.

Alasan Menggunakan Outsourcing Akuntansi Bisnis

Semakin berkembang nya zaman di era digital lah maka membuat pebisnis melirik  menggunakan teknologi dalam mengetahui cara belajar akuntansi yang mudah yang dan menyenangkan. Terdapat beberapa reason yang dapat membantu Anda dalam membuat pilihan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku di Indonesia

Peraturan yang berlaku di Indonesia tentang akuntansi beserta fungsi akuntansi, audit, ketenagakerjaan, serta pelaporan pajak telah Anda ketahui cukup sulit dipahami oleh perusahaan asing.

Tidak heran jika mengingat peraturan yang berlaku di Indonesia cenderung berubah seiring berjalannya waktu. Lalu, peraturan di Indonesia melibatkan banyak formula atau rumus tersendiri.

Misalnya, perhitungan upah lembur yang bisa jadi berbeda setiap jam lembur, atau terkait upah minimum, yang dapat berubah tergantung pada tingkat pertumbuhan dan inflasi PDB.

Indonesia memakai tingkat progresif, tapi ada pengecualian yaitu jika karyawan tersebut menghasilkan tidak lebih dari Rp54 juta, maka mereka bebas dari tarif pajak penghasilan (PPh).

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu saja dapat mempelajari dan memahami semua peraturan yang berlaku. Tapi jika Anda tidak cepat akrab dengan peraturan tersebut, maka dapat membahayakan bisnis Anda.

Misalnya, Anda harus siap untuk membayar denda atas keterlambatan pelaporan pajak, atau kemungkinan yang paling buruk Anda dapat masuk penjara, izin usaha Anda dicabut, atau pendaftaran perusahaan Anda dapat dibatalkan.

Pentingnya mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia merupakan alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis.

Pilihlah konsultan bisnis terbaik, akuntan yang bersertifikat, dan spesialis pajak dengan pengetahuan dan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Manfaat outsourcing akuntansi bisnis yang lain adalah untuk membantu Anda dalam menghemat banyak uang. Dalam berbisnis, Anda dapat menghindari pengeluaran uang untuk mempekerjakan dan pelatihan karyawan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat lunak akuntansi dan payroll yang mahal. Serta tidak perlu menyewa kantor yang lebih besar untuk tim Anda.

3. Manajemen Bisnis Yang Lebih Baik

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha adalah membuat diri mereka kerepotan dengan banyaknya tugas yang sebenarnya dapat diberikan pada pihak lain yang lebih kompeten di bidangnya.

Manajement bisnis dalam akuntansi akan kacau jika terdapat satu kesalahan angka dalam neraca saldo yang membuat ketidakseimbangan tersebut. Maka dari itu ada baiknya Anda harus menemukan cara untuk menangani neraca saldo yang tidak seimbang.

Dengan mengurusi berbagai tugas tersebut, maka para pengusaha akan lebih mudah kelelahan dan menjadi kurang efisien dan produktif dalam menjalankan bisnis.

Padahal, menjalankan sebuah bisnis dengan baik adalah tentang melakukan hal-hal yang paling penting, tidak termasuk dengan tugas rutin yang dapat dilakukan pihak lain.

custom-form-newsletter


Pentingnya Peran Outsourcing Akuntansi Bisnis

Terdapat beberapa reason yang dapat membantu anda dalam membuat pilihan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku Di Indonesia

Peraturan yang berlaku di indonesia tentang akuntansi, audit, ketenagakerjaan, serta pelaporan pajak telah anda ketahui cukup sulit dipahami oleh perusahaan asing.

Tidak heran jika mengingat peraturan yang berlaku di indonesia cenderung berubah seiring berjalannya waktu. Lalu, peraturan di indonesia melibatkan banyak formula atau rumus tersendiri.

Misalnya, perhitungan upah lembur yang bisa jadi berbeda setiap jam lembur, atau terkait upah minimum, yang dapat berubah tergantung pada tingkat pertumbuhan dan inflasi pdb.

Indonesia memakai tingkat progresif, tapi ada pengecualian yaitu jika karyawan tersebut menghasilkan tidak lebih dari Rp54 juta, maka mereka bebas dari tarif pajak penghasilan (pph).

Sebagai seorang pebisnis, anda tentu saja dapat mempelajari dan memahami semua peraturan yang berlaku. Tapi jika anda tidak cepat akrab dengan peraturan tersebut, maka dapat membahayakan bisnis anda.

Misalnya, anda harus siap untuk membayar denda atas keterlambatan pelaporan pajak, atau kemungkinan yang paling buruk anda dapat masuk penjara, izin usaha anda dicabut, atau pendaftaran perusahaan anda dapat dibatalkan.

Pentingnya mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di indonesia merupakan alasan utama mengapa anda harus mempertimbangkan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis.

Pilihlah konsultan bisnis terbaik, akuntan yang bersertifikat, dan spesialis pajak dengan pengetahuan dan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Manfaat outsourcing akuntansi bisnis yang lain adalah untuk membantu anda dalam menghemat banyak uang. Dalam berbisnis, anda dapat menghindari pengeluaran uang untuk mempekerjakan dan pelatihan karyawan.

Selain itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat lunak akuntansi dan payroll yang mahal. Serta tidak perlu menyewa kantor yang lebih besar untuk tim anda.

3. Manajemen bisnis yang lebih baik

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pebisnis adalah membuat diri para pebisnis sangat kerepotan dengan banyaknya tugas yang sebenarnya dapat diberikan pada pihak lain yang lebih kompeten di bidangnya.

Dengan mengurusi berbagai tugas tersebut, maka para pengusaha akan lebih mudah kelelahan dan menjadi kurang efisien dan produktif dalam menjalankan bisnis.

Padahal, menjalankan sebuah bisnis dengan baik adalah tentang melakukan hal-hal yang paling penting, tidak termasuk dengan tugas rutin yang dapat dilakukan pihak lain.

Pebisnis memilih melakukan outsourcing bookkeeper dan outsourcing akuntansi karena lebih efektif secara biaya dapat terjangkau, memiliki skalabilitas dan meminimalisir risiko.

Di dalam dunia bisnis, akuntansi sangat berperan penting untuk melihat kondisi bisnis atau perusahaan secara akurat dan menyeluruh.

Sehingga bisa dilakukan penyesuaian, koreksi serta mengambil keputusan yang baik, tepat waktu dan tepat sasaran.

Dengan memahami manfaat outsourcing akuntansi bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak perlu khawatir untuk mulai menggunakan tenaga outsourcing untuk bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk memperbarui strategi serta keuangan bisnis yang ada.

Agar bisnis tersebut berkembang, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Oleh karena itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Dan saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair 2019. Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/