Harmony Blog

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Diupdate Jun 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

laporan perubahan modal perusahaan jasaPin

Dalam siklus akuntansi, laporan perubahan modal perusahaan jasa ini termasuk bagian dari laporan keuangan perusahaan jasa secara umum.

Maka dari itu perusahaan perlu menyusun laporan perubahan ekuitas baik perusahaan jasa ataupun dagang, yang berfungsi untuk mengetahui penggunaan modal pada suatu perusahaan.

Selain laporan perubahan modal perusahaan jasa, laporan keuangan biasanya terdiri dari laporan laba rugi jasa, laporan neraca perusahaan jasa, laporan arus kas perusahaan jasa dan masih banyak lainnya.

Laporan perubahan modal adalah suatu informasi yang memberikan adanya pergerakan modal yang ada di dalam perusahaan.

Tujuan dibuat laporan perubahan modal adalah untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, informasi kinerja perusahaan, dan informasi arus kas perusahaan.Click to Tweet

Laporan perubahan modal perusahaan jasa ini bisa digunakan untuk memberikan pertanggungjawaban (stewardship) manajemen, atas penggunaan modal yang telah dialokasikan sebaik mungkin.

Sehingga internal perusahaan nantinya bisa sekaligus menganalisis strategi pemasaran produk dan jasa yang meningkatkan penjualan pada periode keuangan selanjutnya.

Pengertian Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menyajikan perubahan dalam ekuitas (modal) pemilik usaha untuk periode waktu tertentu.

Fungsi laporan perubahan modal perusahaan jasa yang paling utama adalah untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan aset netto atau kekayaan bersih selama periode pelaporan.

Selain tiga laporan keuangan utama, yaitu laporan laba rugi, laporan neraca perusahaan jasa, dan laporan arus kas. Perusahaan harus menyiapkan laporan perubahan modal perusahaan jasa yang seringkali disebut juga dengan istilah laporan perubahan ekuitas.

Secara sederhana dapat pula didefinisikan sebagai laporan perubahan modal yang harus dibuat oleh perusahaan untuk menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode tertentu berdasarkan prinsip pengukuran yang dianut.

Laporan perubahan modal perusahaan jasa atau biasa disebut laporan perubahan ekuitas diterapkan oleh hampir semua perusahaan jasa, karena sebagian besar setiap perusahaan tersebut memiliki struktur kepemilikan yang relatif kompleks.

Laporan perubahan modal perusahaan jasa ini sebaiknya dicatat dari awal perusahaan didirikan atau setelah membuat bisnis plan perusahaan jasa tersebut.

Tujuan Dan Fungsi Laporan Perubahan Modal

Berikut ini ada beberapa poin penting dalam mengetahui tujuan serta fungsi laporan perubahan modal perusahaan jasa, yaitu terdiri dari :

  • Memberikan informasi yang dapat membantu para investor untuk memperkirakan jumlah waktu serta ketidakpastian atas penerimaan kas atau pembagian dividen dimasa depan.
  • Dapat mengetahui modal akhir yang dimiliki perusahaan pada periode tersebut.
  • Memberikan bukti informasi yang dapat dipercaya dari penyebab perubahan ekuitas perusahaan dalam suatu periode.
  • Memberikan rangkuman dari semua aktiva pembayaran dan investasi hingga dana yang dihasilkan selama periode akuntansi.
  • Memperbaharui dan melengkapi perubahan modal kerja.

Baca Juga : 10 Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Komponen Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Laporan perubahan modal perusahaan jasa juga memiliki ikhtisar perubahan modal selama jangka waktu tertentu, contohnya satu bulan atau selama setahun. Untuk itu diperlukan beberapa komponen yang terdiri dari :

  1. Modal Awal

    Modal awal yaitu sejumlah dana yang didapat dari investasi pemilik, atau berasal dari penambahan investasi. Oleh karena itu biasanya modal awal akan digunakan untuk membiayai operasional perusahaan, sehingga modal awal juga dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu operasional expense dan capital expense.

    Capital expense yaitu digunakan untuk membeli sejumlah aset perusahaan dalam jangka waktu yang lama seperti alat komputer, mesin fotokopi, meja, kursi dan sebagainya.

  2. Saldo Laba atau Rugi

    Untuk saldo laba rugi ini diperoleh dari pendapatan bersih dikurangi beban dan pajaknya. Setelah itu pengurangan tersebut dianggap menjadi laba bersih yang akan menambah modal, namun jika mengalami kerugian maka akan mengurangi modal perusahaan.

  3. Pengambilan Pribadi (Prive)

    Pada pengambilan pribadi atau prive adalah sejumlah uang atau laba yang ditarik, dan diambil oleh pemiliknya atas keperluan pribadinya sendiri. Ketika prive yang diambil lebih besar dari laba, maka akan mengurangi modalnya. Namun jika prive yang diambil lebih kecil dari laba maka modal terjadi kenaikan.

    Prive juga dapat dilakukan dalam perusahaan perseorangan hingga perusahaan firmas, selain itu dividen dapat dilakukan dalam bentuk perusahaan perseroan terbatas (PT).

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Modal Akhir

    Untuk modal akhir merupakan seluruh dana yang dihitung dari jumlah yaitu dengan rumus :

    Modal Awal + Laba & Rugi – Prive (Penarikan Pribadi)

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Setelah Anda mengetahui apa saja komponen, tujuan dan fungsi laporan perubahan modal maka kini Anda perlu memahami cara membuat laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Setidaknya Anda sudah mengetahui cara membuat laporan laba rugi terlebih dahulu. Hal ini sangat dibutuhkan, agar Anda nantinya mudah dan dapat mengikuti laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Berikut ini ada dua hal yang harus Anda perhatikan di dalam laporan laba rugi dan bagaimana cara membuat laporan perubahan modal yaitu :

Laporan Laba Rugi

Laporan-laba-rugi-harmonyPin

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modalPin

 

Setelah Anda mengerti bagaimana cara membuat laporan perubahan modal dan selanjutnya membuat laporan neraca perusahaan jasa serta  laporan keuangan lainnya.

Maka laporan keuangan ini bisa Anda jadikan sebagai hasil pembukuan bisnis Anda, yang biasanya berisi seluruh data keuangan bisnis secara menyeluruh sehingga Anda bisa mengetahui kesehatan keuangan bisnis Anda dengan baik.

Setiap perencanaan laporan keuangan dibuat agar lebih matang, bisa dilakukan dengan pengecekan data yang berulang secara faktual.

Jika Anda memiliki usaha kecil, mungkin Anda bisa menggunakan pembukuan manual namun perlu Anda ingat pembukuan manual memiliki risiko human error yang cukup besar. Untuk itu, cobalah gunakan Harmony.

Untuk membuat dan cara menghitung laporan perubahan modal, baik untuk perusahaan dagang maupun jasa saat ini tidak lagi rumit seperti cara manual di atas. Anda hanya cukup menggunakan fitur Harmony software akuntansi.

Harmony didukung fitur lengkap dan mudah digunakan, bahkan bagi Anda yang tidak memiliki latar belakang sebagai seorang akuntan. Untuk membuktikannya, segera daftarkan akun Anda dan buktikan manfaat fitur software Harmony secara GRATIS 30 Hari di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony