Langkah Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang
Harmony Blog
Business
Langkah Mudah Menghitung Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang
August 28, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam menentukan laba harga pokok penjualan menjadi penentu utama. Setiap jenis perusahaan memiliki komponen berbeda-beda dalam harga pokok penjualan. Misalnya saja pada perusahaan jasa yang termasuk dalam harga pokok penjualan adalah pajak gaji. Sementara harga pokok penjualan perusahaan dagang meliputi pembelian barang dagangan.

Harga Pokok Penjualan digunakan untuk menghitung laba rugi kotor perusahaan.

Harga pokok penjualan akan muncul dalam laporan laba rugi perusahaan. Dari hasil pengurangan antara penjualan dan harga pokok penjualan akan diperoleh laba kotor hasil usaha.

Fungsi Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan perusahaan dagang adalah semua biaya yang dikeluarkan baik secara langsung maupun tidak langsung pada barang maupun jasa yang siap untuk dijual. Dalam akuntansi perusahaan dagang harga pokok penjualan selain sebagai penentu laba rugi perusahaan juga memiliki manfaat lainnya.

1. Harga pokok penjualan ikut dipertimbangkan sebagai penentu harga jual sebuah produk

2. Dari harga pokok persediaan dapat diketahui seberapa persediaan yang digunakan dalam suatu periode dan yang masih tersedia di perusahaan

3. Pemilik usaha juga bisa menentukan berapa laba yang diinginkan ketika mengetahui harga pokok penjualan produknya. Harga jual produk yang lebih tinggi dari harga pokok penjualan akan menghasilkan laba yang tinggi pula. Besarnya laba yang ditahan juga mempengaruhi modal pada laporan perubahan modal.

Komponen Dalam Harga Pokok Penjualan

Komponen harga pokok penjualan perusahaan dagang yang tidak begitu komplek ketimbang manufaktur. Perusahaan dagang memiliki komponen yang berpengaruh dalam harga pokok penjualannya sebagai berikut :

Persediaan Awal

Informasi terkait persediaan awal dagang diperlukan untuk menghitung berapa banyak barang dagangan yang sudah dijual dalam satu periode akuntansi. Saldo persediaan barang dagang bisa disimak pada neraca awal perusahaan.

Persediaan Akhir

Sementara persediaan akhir merupakan nilai sediaan akhir yang belum terjual pada periode tersebut. Saldo persediaan akhir ditampilkan pada neraca akhir dalam laporan keuangan.

Pembelian Barang Dagangan

Untuk menambah jumlah persediaan barang dagang perusahaan biasa melakukan pembelian barang dagangan. Pembelian barang dagang dalam harga pokok penjualan perusahaan dagang adalah total pembelian secara kredit maupun tunai. Biasanya perusahaan akan mengajukan purchase order untuk pengadaan barang.

Biaya angkut pembelian

Bila pembelian barang dagangan menganut sistem FOB Shipping Point maka ongkos kirim barang dari gudang penjual hingga sampai ke pembeli akan ditanggung oleh pembeli.

Retur Pembelian

Retur pembelian merupakan pengembalian barang diakibatkan beberapa hal misalnya saja terjadi kerusakan atau barang cacat saat diterima. Barang tidak sesuai dengan pesanan juga bisa dikembalikan. Jika pembelian dilakukan secara kredit maka retur pembelian dapat mengurangi hutang usaha.

Potongan pembelian

Potongan pembelian bisa pula dimasukan kedalam harga pokok penjualan perusahaan dagang. Potongan pembelian ini mengurangi nilai pembelian atas barang dagang tersebut.

custom-form-newsletter


Cara Menghitung HPP Perusahaan Dagang

Untuk menghitung harga pokok penjualan perusahaan dagang sebenarnya mudah. Pertama-tama siapkan data komponen harga pokok penjualan diatas. Selanjutnya gunakan rumus HPP dibawah ini :

menghitung harga pokok penjualan - harmony

Contoh Kasus

UD. Raja Ribut memiliki persediaan barang dagang awal sebesar Rp.50.000.000. Dalam tahun tersebut UD.Raja Ribut melakukan pembelian persediaan hingga Rp.100.000.000 dengan biaya angkut sebesar Rp. 5.000.000. Pada akhir periode tercatat jumlah persediaan tinggal Rp. 25.000.000

Jurnal HPP Perusahaan Dagang

Jurnal HPP perusahaan dagang biasa muncul pada jurnal penyesuaian. Jurnalnya bisa Anda simak dibawah ini :

Untuk mencatat persediaan dagang yang sudah terjual

Untuk menutup akun pembelian, retur, biaya angkut dan potongan pembelian yang dialihkan ke harga pokok penjualan bisa menjurnalnya seperti dibawah ini :

Dalam neraca saldo setelah disesuaikan akun pembelian, retur, biaya angkut dan potongan pembelian akan bersaldo nol karena sudah dialihkan pada akun harga pokok penjualan.

Untuk mempermudah pencatatan penjualan barang dagangan dan persediaan manfaatkan software akuntansi Harmony Smart Accounting. Software ini mampu membantu Anda membuat invoice dan menyajikan informasi sediaan secara real time. Anda bahkan bisa menggunakan secara gratis selama 30 hari dengan daftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/