Harmony Blog

Ketahui Aktivitas Operasi (Operating Activities) Lebih Lengkap dan Contohnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

aktivitas operasiPin

Sebuah perusahaan tidak terlepas dari kegiatan bisnis yang dijalankan. Dari sekian banyak kegiatan bisnis, ada yang dinamakan dengan aktivitas operasi (operating activities). Sebagai seorang pebisnis, Anda seharusnya mengetahui tentang aktivitas operasi agar berguna sebagai pengetahuan dalam menjalankan usaha Anda. Simak penjelasan tentang aktivitas operasi dan contohnya berikut ini.

Aktivitas operasi yang optimal bisa meningkatkan arus kas dan memperbaiki kinerja keuangan perusahaan.

Pengertian Aktivitas Operasi

Operating activities atau aktivitas operasi adalah aktivitas atau kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan baik dengan cara menjual, menyewa, atau menggadaikan produk dan jasa. Pengertian lainnya, aktivitas operasi adalah aktivitas yang menghasilkan pendapatan utama sebuah perusahaan dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan pendanaan.

Jadi secara sederhana bisa kita simpulkan, bahwa operating activities atau aktivitas operasi adalah setiap aktivitas atau kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dalam lingkup kegiatan bisnis utama perusahaan tersebut. Aktivitas operasi yang dilakukan secara optimal dapat meningkatkan arus kas dan kinerja keuangan perusahaan tersebut.

Aktivitas operasi 02Pin

Pada dasarnya, Anda dapat menemukan akun aktivitas operasi pada laporan laba rugi dan laporan arus kas. Cukup banyak perusahaan menyajikan laba operasi dalam laporan laba rugi mereka. Perlu diketahui bahwa laporan arus kas membagi komponen-komponennya menjadi tiga kelompok yaitu arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya mengapa pendanaan dan investasi tidak termasuk dalam aktivitas operasi. Alasannya adalah karena aktivitas operasi berkaitan dengan aktivitas untuk menunjang kegiatan utama bisnis. Sedangkan pada kegiatan pendanaan atau investasi berhubungan erat dengan kegiatan jangka panjang dan atas dasar pertimbangan di masa depan.

Aktivitas pendanaan dan investasi juga merupakan kegiatan untuk meningkatkan struktur modal perusahaan. Sedangkan beberapa contoh dari aktivitas operasi secara umum mencakup pendapatan dari penjualan, pemasaran dan promosi, administrasi biaya pemeliharaan dan layanan pelanggan.

Adapun divisi yang terkait dengan aktivitas operasi mencakup semua divisi yang ada dalam perusahaan yaitu divisi penjualan, divisi pemasaran, divisi keuangan, divisi accounting, divisi customer service dan divisi sumber daya manusia.

Peranan Aktivitas Operasi

Operating activities atau aktivitas operasi berhubungan erat dengan laporan arus kas dan mempengaruhi analisis laporan keuangan perusahaan. Adapun jumlah arus kas dari aktivitas operasi merupakan indikator utama untuk menentukan apakah operasi perusahaan dapat menghasilkan arus kas yang cukup. Termasuk di dalamnya untuk membayar dividen, melunasi pinjaman, melakukan investasi baru, membayar biaya operasional perusahaan dan lain sebagainya.

Aktivitas operasiPin

Arus kas dari aktivitas operasi sebagian besar masuk dari penjualan produk. Informasi seputar laporan arus kas dari aktivitas operasi saat ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memprediksi laporan arus kas di masa yang akan datang. Akan tetapi, aktivitas operasi juga tidak selalu membahas tentang penghasilan atau pendapatan perusahaan saja.

Perlu diketahui bahwa arus kas yang keluar dari aktivitas ini terkadang bisa membebani perusahaan. Misalnya aktivitas yang berkaitan dengan pemasaran, distribusi, manufaktur, dan kegiatan penjualan produk. Oleh karena itu, biaya riset & development (R&D) dan biaya promosi sebuah produk dapat dikategorikan sebagai aktivitas operasi.

Laporan laba rugi perusahaan yang disusun berdasarkan jenis aktivitasnya akan memudahkan manajemen untuk mengetahui aktivitas mana yang memberikan keuntungan dan aktivitas mana yang merugikan perusahaan tersebut. Sehingga manajemen bisa segera mengatasi permasalahan yang menyebabkan penurunan kinerja perusahaan. Setelah itu manajemen bisa fokus mencari solusi dan melakukan tindakan perbaikan atas permasalahan itu, tentunya dengan harapan masalah tersebut bisa segera terselesaikan dan performa perusahaan membaik.

Baca juga : Ingin Cara Praktis Rekonsiliasi Bank? Pelajari Contoh Soal Berikut Ini!

Contoh Arus Kas dari Aktivitas Operasi

Berikut beberapa contoh arus kas dari aktivitas operasi :

1. Penerimaan kas dari penjualan barang atau jasa.

2. Pembayaran kas kepada supplier perusahaan.

3. Penerimaan kas dari komisi, royalti, dan pendapatan lain.

4. Pembayaran kas atau restitusi pajak penghasilan kecuali jika dapat diidentifikasikan secara khusus sebagai bagian dari aktivitas investasi dan pendanaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Penerimaan dan pembayaran kas oleh pihak asuransi sehubungan dengan premi, klaim, dan manfaat polis lainnya.

6. Penerimaan dan pembayaran kas dari kontrak yang dimiliki untuk tujuan diperjanjikan atau diperdagangkan. 

7. Pembayaran kas kepada dan untuk kepentingan karyawan perusahaan.

Selain itu masih ada beberapa contoh transaksi lain yang termasuk sebagai arus kas dari aktivitas operasi. Jenis transaksi perusahaan dagang tentu saja berbeda dengan jenis transaksi perusahaan jasa. Di mana pada umumnya, perusahaan dagang lebih banyak memiliki jenis transaksi dari kegiatan operasionalnya.

Beberapa perusahaan menyajikan laba operasi. Akan tetapi, memang tidak semua perusahaan melakukan hal tersebut. Untuk menghitung laba operasi, Anda dapat mengurangi pendapatan dengan item-item yang dijumlahkan dari :

• Harga pokok penjualan

• Biaya-biaya untuk penjualan

• Biaya umum dan administrasi

• Biaya penelitian dan pengembangan

• Beban penyusutan dan amortisasi

Arus kas dari aktivitas operasi merupakan sesuatu yang penting sehingga banyak perusahaan yang fokus pada hal ini. Manajemen perusahaan ingin melihat bagaimana usaha perusahaan dapat menghasilkan uang (kas) dari kegiatan bisnis yang mereka lakukan.

Dalam hal itu, tentu saja aliran kas positif lebih disukai dan arus kas negatif merupakan suatu peringatan. Karena jika negatif, berarti perusahaan mengeluarkan uang untuk membiayai kegiatan bisnis dan uang yang dikeluarkan tersebut lebih tinggi daripada yang masuk. Jika mengalami arus kas negatif, perusahaan harus meminjam dari bank atau lembaga keuangan lainnya atau menjual aset tetap yang ada. 

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan memahami tentang operating activities? Pembuatan laporan laba rugi, laporan cash flow yang berhubungan dengan aktivitas operasi tentu akan merepotkan jika dibuat secara manual. Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya, karena selain mudah dalam membuat laporan keuangan, software akuntansi juga akan membantu Anda mengelola keuangan secara praktis dan tanpa repot.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK