Kenali Apa Itu Buzzer, Fungsi dan Perannya Untuk Kepentingan Bisnis
Harmony Blog
Marketing
Kenali Apa Itu Buzzer, Fungsi dan Perannya Untuk Kepentingan Bisnis
February 16, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Istilah buzzer baru pertama kali ‘naik daun’ pasca pemilihan umum presiden tahun 2019 lalu. Ketika itu, buzzer politik dari kedua belah kubu membanjiri media sosial. Namun, tahukah Anda jika buzzer tidak selalu berkaitan dengan politik dan bisa menjadi alat pemasaran yang efektif? Sebelum beranjak ke manfaat buzzer dalam pemasaran, mari kita membahas apa definisi buzzer terlebih dahulu.

Buzzer bukan selalu terkait dengan politik, namun bisa dimanfaatkan sebagai alat pemasaran yang efektif bagi bisnis Anda.

Pengertian Buzzer

Secara harfiah buzzer dapat diartikan sebagai lonceng. Tetapi, secara istilah atau terminology, buzzer adalah orang-orang tertentu yang menjadi lonceng pemberitahuan tentang suatu hal kepada orang-orang sekitarnya.

Dengan perkembangan media sosial di Indonesia, makna istilah buzzer menyempit kepada orang-orang yang berusaha menjadi lonceng atau alarm terhadap suatu isu di media sosial. Isu yang mereka bahas macam-macam mulai dari politik seperti buzzer politik dua tahun lalu, kesehatan, keuangan dan lain-lain.

Istilah buzzer seringkali disandingkan dengan istilah influencer padahal secara harfiah artinya berbeda. Buzzer adalah orang yang menjadi lonceng sedangkan influencer adalah orang yang mempengaruhi. Seorang Influencer bisa jadi disebut buzzer jika dia di-endorse untuk memberikan review atau tanggapan atas produk atau isu tertentu.

Tetapi, seorang buzzer belum tentu seorang influencer karena follower seorang buzzer bisa jadi tidak terlalu banyak. Sebuah penyedia jasa buzzer bisa jadi bukan perorangan melainkan kelompok atau korporat. Jasa buzzer ini menggerakkan puluhan atau bahkan ratusan akun media sosial untuk menaikkan suatu isu agar viral. Oleh karena itu, tidak jarang akun yang dimiliki oleh para buzzer adalah akun anonim.

Tidak perlu khawatir, jasa ini bisa digunakan di beberapa jenis produk misalnya produk makanan, produk kreatif, produk kesehatan, produk kerajinan sampai di bidang jasa juga bisa memanfaatkannya.

Apa Saja Fungsinya Dalam Bisnis?

Buzzer bertugas untuk menaikkan suatu isu tertentu agar ramai diperbincangkan di media sosial. Karena ramai dibicarakan di media sosial, akan ada lebih banyak orang yang mengetahui (brand awareness) produk tersebut. Peningkatan brand awareness pada akhirnya akan meningkatkan leads atau bahkan penjualan.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

Buzzer tidak hanya buzzer politik tetapi juga buzzer bisnis. Buzzer dapat menjadi alat pemasaran yang efektif bagi sebuah bisnis. Maka, tidak heran jika saat ini banyak bisnis yang menggunakan jasa buzzer untuk meningkatkan brand awareness mereka. Sebagai akibatnya, semakin banyak juga penyedia jasa buzzer di Indonesia.

Nah, jika Anda memanfaatkan jasa buzzer tentu akan mendorong pertumbuhan penjualan bisnis Anda semakin cepat. Seiiring hal tersebut, Anda akan dibanjiri uang masuk yang terus mengalir kepada rekening bisnis Anda. Lalu, bagaimana Anda mengatur semua transaksi yang masuk apabila Anda masih menggunakan cara manual?

Salah satu solusinya agar Anda bisa terima beres saja semua hasil laporan keuangan atas transaksi yang terjadi, adalah dengan menggunakan jasa pembukuan yang profesional. Mengapa demikian? Karena layanan ini juga menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda pantau secara realtime.

custom-form-newsletter

Buzzer VS Influencer

Anda memiliki banyak pilihan strategi pemasaran untuk meningkatkan digital presence bisnis Anda di internet. Salah satunya adalah menyewa jasa buzzer dan influencer. Berbeda dengan buzzer, influencer umumnya merupakan individu yang memiliki pengikut aktif di media sosial dan Anda bisa melihat wajah mereka dengan jelas.

Kelebihan menggunakan jasa influencer dibandingkan jasa buzzer adalah produk Anda seolah terjamin bagus kualitasnya di mata calon konsumen potensial. Kekurangannya adalah umumnya menyewa jasa influencer untuk endorse produk cukup mahal dan harus melewati seleksi tertentu dari sang influencer itu sendiri.

Berbanding terbalik dengan influencer, Anda bisa jadi tidak tahu siapa yang membantu memasarkan produk Anda dan mereka bisa jadi juga tidak peduli dengan kualitas produk Anda.  Dari segi harga bisa jadi harga yang mereka tawarkan lebih murah daripada influencer. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan efektivitas kinerja mereka.

Selain menggunakan buzzer dan influencer, Anda juga bisa meningkatkan SEO website Anda atau menggunakan iklan berbayar yang disediakan masing-masing media sosial untuk meningkatkan visibilitas perusahaan Anda di internet. Banyak jalan menuju Roma dan buzzer adalah salah satunya.

Sembari memilih mau memakai jasa buzzer atau tidak, Anda bisa mencoba aplikasi Harmony. Aplikasi buatan dalam negeri yang membantu Anda soal pembukuan bisnis. Daftarkan di sini dan dapatkan gratis berlangganan selama 30 hari! Untuk mengenal aplikasi Harmony lebih lanjut, silahkan follow dan like juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/