Harmony » Blog » 

Katalog Adalah Media Promosi Yang Cukup Populer Untuk Menjelaskan Produk

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 23, 2021

Salah satu media promosi dalam strategi pemasaran produk yang efektif sampai saat ini adalah sebuah katalog. Nah apa itu katalog? Katalog adalah salah satu istilah yang familiar dan terkenal untuk memasarkan suatu barang atau jasanya.

Dari segi bentuknya katalog adalah sebuah majalah atau lembaran yang memiliki macam bentuk maupun ukuran, namun terkadang penggunaan tidak tepat sasaran ke dalam pemasaran konsumen.

Tujuan dibuatnya katalog adalah untuk memberitahukan ke pada masyarakat bahwa brand dari perusahaan tersebut, mengadakan suatu promo bahkan diskon dalam momen tertentu.

Di sisi lain contoh katalog ini biasanya ditemukan pada supermarket ataupun minimarket. Tetapi semakin berkembangnya teknologi pada masa kini membuat para pebisnis menerapkan e-katalog dengan tujuan meminimalisir biaya.

Nah apa sih bedanya katalog dengan e-katalog? Untuk membantu Anda lebih memahami contoh serta apa itu katalog serta e-katalog, maka simaklah artikel di bawah ini.

Katalog adalah sebuah daftar barang ataupun jasa yang bisa Anda jual atau beli melalui suatu perusahaan.Click to Tweet

Apa Itu Katalog?

Secara definisi katalog adalah daftar rincian barang atau jasa yang biasanya diperjual belikan serta mencantumkan harga-harganya melalui sebuah media promosi seperti katalog.

Apa Itu Katalog

Selain itu berdasarkan pada beberapa tahun lalu bahwa hampir seluruh bisnis, saling berkompetisi untuk membuat katalog yang menarik, dengan tujuan untuk mempromosikan jasa serta produknya.

Bahkan dilihat dari contoh katalog itu sendiri memiliki berbagai bentuk serta ukurannya, melalui beberapa jenis seperti buku, lembaran, majalah, kartu, atau digital yang biasa disebut e-katalog.

Secara umum katalog adalah media promosi yang disebarluaskan kepada konsumen melalui toko, mall, supermarket, minimarket dan sebagainya. Bahkan toko penerbit tersebut terkadang menjual jasanya melalui gambar maupun secara tulisan.

Untuk menyebarluaskan katalog adalah dengan dua cara yaitu pertama menempatkan di tempat etalase toko, atau kedua dibagikan di jalanan. Akan tetapi penerapan katalog manual ini ternyata mulai ditinggalkan dan kurang diminati oleh masyarakat ataupun pebisnis.

Mengapa demikian? Karena sasaran pebisnis tidak tepat sasaran, bahkan biaya yang dikeluarkan dalam membuat katalog tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Maka dari itu dengan kecanggihan suatu teknologi, pebisnis akhirnya memutuskan untuk membuat e-katalog dengan tujuan mengurangi beban serta menambah keuntungan.

Hingga saat inilah penggunaan e-katalog semakin banyak digunakan oleh para pebisnis maupun marketer, dimana fungsinya mmperoleh tingkatk ke efektifkan yang lebih baik dari katalog manual.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Kegunaan Katalog Produk

Setelah memahami apa itu katalog, maka selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah kegunaan dari katalog tersebut.

  • Bermanfaat Memasarkan dan Menawarkan Barang

    Adanya katalog ini bertujuan untuk memasarkan barang sehingga adanya suatu gambaran dari jenis produk yang disajikan, fungsi serta kategorinya akan membuat Anda minat terhadap produk tersebut.

  • Menjadi Media Promosi Efektif dan Efisien

    Adanya media promosi yang efisien ini membuat Anda memiliki gambaran suatu produk, sehingga pelanggan akan lebih mudah dalam menemukan produk yang di inginkan melalui perusahaan Anda dan melakukan pre order. Selain itu katalog yang efektif ini dapat menciptakan bentuk katalog yang berbobot dan menarik pelanggan, adanya daya tarik ini akan menambah peminat konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan oleh bisnis Anda.

  • Mengurangi Biaya Promosi

    Kegunaan lainnya di dalam katalog adalah dapat mengurangi biaya pemasaran dari beberapa produk, ketika sebagai pebisnis yang ingin efektif dalam menyebarluaskan produknya tanpa katalog.

    Maka bisa melalui tahap pemilihan menawarkan produk kepada toko grosir atau pengecer lainnya, sehingga dengan menentukan strategi pemasaran stp yaitu segmenting targeting dan positioning yang di inginkan oleh bisnis Anda.

    Kemudian pemilik toko grosir berminat maka perusahaan dapat mengirimkan produk yang sesuai dipesannya, akan tetapi jika masih menggunakan katalog sebaiknya katalog tersebut disebar di beberapa tempat pelanggan. sehingga konsumen akan mengenal produk yang Anda pasarkan maupun dijual.

  • Memberikan Motivasi Kepada Agen Penjualan

    Terakhir dalam kegunaan katalog adalah adanya motivasi bagi para agen penjualan, dimana katalog produk ini pebisnis akan lebih termotivasi karena sudah menentukan jaringan penjualannya.

    Sehingga dengan adanya berbagai katalog yang menarik akan membuat motivasi juga kepada para agen penjualan untuk memasarkan produk Anda kepada konsumen.

[elementor-template id="26379"]

Mengenal E-Katalog dan Macamnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa katalog juga memiliki perubahan menjadi e-katalog, namun apa itu e-katalog serta macam-macam bentuknya.

Perbedaan Katalog

Secara umum e-katalog adalah salah satu media sistem infomasi atas promosi yang berisi seluruh daftar produk, harga, jenis, merek, spesifikasi, dan jumlah barang yang tersedia oleh perusahaan tersebut untuk diakses secara digital.

Adapun ciri-ciri e-katalog itu sendiri yaitu tidak memiliki tanggal kadaluarsa dibandingkan dengan manual. Bahkan dalam perusahaan atau brand tersebut bisa merubah katalognya kapan saja, tanpa harus mencetak ulang secara terus menerus dibandingkan dengan katalog biasa.

Dalam e-katalog sendiri memiliki berbagai macam jenis keterangan atas informasi yang berdasarkan isi serta siapa yang menerbitkannya. Dengan tujuan untuk dijadikan sumber inspirasi serta media pembelajaran, dimana ada baiknya Anda juga mengenal beberapa jenis e-katalog yaitu:

  • E-Katalog Nasional
  • E-Katalog Sektoral
  • E-Katalog Daerah
  • E-Katalog Swasta

Berdasarkan jenisnya e-katalog ini juga terbagi yaitu e-katalog konsumen dan e-katalog bisnis. Bahkan kedua jenis e-katalog ini memiliki pengertian yang sama, yaitu adalah suatu daftar produk barang maupun jasa yang disusun oleh perusahaan hingga badan usaha. Dimana katalog ini dibuat secara digital dan memiliki informasi produk barang atau jasa di dalamnya.

Seperti itulah pembahasan mengenai katalog, serta contoh katalog yang bisa Anda dapatkan melalui minimarket atau toko lainnya. Sebagai pebisnis yang masih menggunakan katalog manual atau e-katalog, tentu harus meminimalisir biaya bukan?

Karena adanya biaya promosi katalog ini juga berkaitan dengan pengeluaran serta pemasukan kas, di mana mempengaruhi jurnal serta laporan keuangan lainnya yang harus Anda ketahui bahkan membutuhkan perhitungan yang secara akurat dan detail.

Namun dengan pembukuan atau penjurnalan yang secara manual melalui excel ataupun dengan pembukuan lainnya, dapat menimbulkan resiko salah pencatatan serta selisih perhitungan.

Sehingga data keuangan yang Anda ingin lihat juga tidak selalu terupdate ataupun secara real time. Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara Gratis selama 30 Hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram