Harmony Blog

Kasbon – Ketahui Pengertian, Penyebab Serta Cara Mudah Mencatatnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Kasbon-HarmonyPin

Memberikan kasbon kepada karyawan merupakan sebuah loyalitas maupun solusi yang diberikan oleh perusahaan, agar dapat membantu dan menyenangkan karyawan melalui pinjaman yang mudah.Kasbon dalam akuntansi biasanya diklasifikasikan sebagai piutang pegawai yang akan dimasukkan ke dalam neraca, agar dapat dilakukan analisis laporan keuangan.

Kasbon adalah piutang karyawan yang diberikan oleh perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan yang darurat.

Secara umum kasbon adalah sebuah fasilitas pengajuan pinjaman karyawan melalui koperasi perusahaan, sehingga pinjaman tersebut akan dipotong langsung melalui gaji bulanan pegawai.

Maka dari itu sampai saat ini masih banyak pegawai yang memanfaatkan fasilitas kasbon, karena biasanya contoh kasbon perusahaan tidak dikenakan bunga selain dari bank.

Apa Yang Dimaksud Kasbon?

Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa kasbon adalah sebuah fasilitas yang diberikan perusahaan untuk karyawan, di mana gaji tersebut akan terima terlebih dahulu. Namun kemudian pada akhir bulan gaji karyawan akan dipotong sesuai dengan nominal kasbon.

Tentunya fasilitas pinjaman karyawan ini akan berguna dan sangat dibutuhkan untuk memenuhi keperluan, apalagi ketika karyawan belum gajian dan membutuhkan dana darurat.

Maka sebagai pegawai di perusahaan yang ingin mengajukan pinjaman dapat terbantu, sehingga karyawan juga bisa meningkatkan loyalitas dan kinerjanya terhadap perusahaan.

Selain itu kasbon dalam akuntansi dapat dimasukkan sebagai piutang karyawan yang dicatat ke dalam neraca, serta mempengaruhi transaksi rincian rekonsiliasi bank dengan laporan keuangan perusahaan.

Baca Juga : Cara Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan

Apa Saja Manfaat Pemberian Kasbon Kepada Karyawan?

Adapun beberapa manfaat pemberian kasbon kepada karyawan bagi perusahaan yaitu sebagai berikut :

1. Membantu Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Adanya fasilitas berupa kasbon yang diberikan oleh perusahaan, maka manfaat yang diterima yaitu dengan cara membantu meningkatkan rasa loyalitas karyawan untuk perusahaan.

Sehingga adanya manfaat kasbon ini berguna bagi perusahaan yang secara tidak langsung, dapat mengikat karyawan agar tetap tekun bekerja di perusahaan.

2. Mengembangkan Produktivitas Kinerja Karyawan

Sebagai pegawai perusahaan tentu memiliki kebutuhan, di mana gaji atau tunjangan yang diberikan belum tercukupi keperluannya. Maka dari itu salah satu pemberian perusahaan melalui fasilitas kasbon, supaya karyawan dapat mengembangkan produktivitas kinerja karyawan.

Sehingga manfaat pemberian kasbon ini dapat menunjukkan bahwa pegawai akan memberikan rasa terimakasihnya dengan cara meningkatkan kinerjanya.

3. Memperbaiki Efisiensi Biaya Pengelolaan Karyawan

Seperti pembahasan di atas bahwa kasbon memberikan manfaat bagi perusahaan supaya karyawan terus dapat terikat secara tidak langsung. Sehingga hal ini juga memberikan perbaikan efisiensi biaya operasional perusahaan.

Di mana biaya pengeluaran ini digunakan untuk merekrut karyawan baru bagi divisi HR, maka dari itu fasilitas yang diberikan perusahaan ini mampu mengurangi turnover karyawan.

Untuk membantu pebisnis dalam menyajikan laporan keuangan arus kas baik itu biaya keluar dari dana pinjaman karyawan atau pemasukan transaksi Anda, maka sekarang Anda bisa menggunakan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat.

Dengan cara manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Macam-Macam Penyebab Karyawan Melakukan Kasbon

Berikut ini ada macam penyebab karyawan ingin melakukan kasbon kepada perusahaan yaitu meliputi :

1. Pinjaman Biaya Pendidikan

Pada masa sekarang ada kemungkinan bahwa biaya pendidikan sangat tinggi, namun sebagai pegawai dengan gaji yang pas tentu tidak akan menduga bahwa akan ada biaya pengeluaran lainnya.

Sehingga akan meminjam kepada perusahaan untuk biaya. Misalnya untuk beli buku, kegiatan ekstrakulikuler, perjalanan sekolah, jajanan anak serta biaya tidak terduga lainnya.

2. Pinjaman Biaya Pengobatan Maupun Persalinan

Tentunya contoh kasbon juga merupakan bagian dari biaya pengobatan maupun persalinan merupakan pengeluaran yang tinggi, apalagi jika harus dirawat dalam waktu yang lama.

Hal ini akan membuat karyawan inisiatif untuk meminjam dana perusahaan dalam membiayai pengobatan keluarganya atau pribadi.

3. Pinjaman Untuk Biaya Pernikahan

Terkadang sebagai pegawai perusahaan tidak dapat mengontrol biaya pengeluaran yang tidak sedikit, apalagi ketika melakukan pernikahan. Maka dari itu pengajuan pinjaman keryawan oleh perusahaan, harus sesuai dengan adanya kesanggupan membayar nominal kasbon.

4. Peminjaman Dana Renovasi Rumah

Ada beberapa karyawan mungkin akan menghadapi bencana tidak terduga seperti banjir atau kebakaran, sehingga pegawai yang memiliki gaji yang pas terpaksa untuk melakukan pinjaman kepada perusahaan.

5. Pengajuan Dana Untuk Memperbaiki Kendaraan

Adan biaya perbaikan kendaraan ini juga merupakan pengeluaran yang tidak terduga, sehingga untuk melaksanakan kegiatan perusahaan tentunya pegawai akan berupaya untuk melakukan pinjaman kepada perusahaan.

6. Peminjaman Dana Beribadah

Adapun beberapa karyawan biasanya juga ingin memiliki kebutuhan untuk melaksanakan ibadah seperti naik haji dan lainnya mengenai keagamaan. Sehingga pegawai yang ingin memenuhi ibadahnya melalui pinjaman harus dibicarakan dengan baik dengan manajemen perusahaan.

7. Pinjaman Biaya Travelling

Contoh kasbon lainnya terjadi karyawan yang menerima gaji serta bonus belum turun, maka pegawai yang telah mengambil cuti dan mengajukan pinjaman untuk liburan, juga harus didiskusikan oleh manajemen supaya perjanjian pelunasan sesuai dengan kesepakatan.

8. Kehilangan Atau Tertelan Kartu Debit Pada Mesin ATM

Beberapa karyawan pasti pernah mengalami kartu debit hilang ataupun tertelan, pinjaman ini juga terjadi karena adanya kebutuhan mendesak ataupun memenuhi kebutuhan sehari-hari yang ingin mengambil uang di tabungan.

Bagaimana Mengurangi Banyaknya Pengajuan Kasbon?

Begitu banyak pengajuan kasbon karyawan, tentunya hal ini akan memberatkan perusahaan serta mengganggu laporan keuangan. Maka dari itu adapun beberapa cara pengurangan kasbon yaitu :

1. Melaksanakan Aturan Pinjaman Secara Ketat

Adanya anggaran pinjaman yang melebihi batas, dan pelunasan yang tidak lancar ini dapat memberatkan perusahaan. Maka Anda perlu Untuk membatasi kebutuhan pengajuan pinjaman, mengurangi angka nominal batas pinjaman, memperpendek jangka waktu cicilan, serta sebagainya.

2. Memperbaiki Rencana Keuangan

Perusahaan yang mendatangkan financial planner, akan memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Sehingga pelatihan ini memberikan pegawai supaya dapat mengambil langkah apa saja untuk memenuhi kebutuhan melalui rencana penyimpanan keuangan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Membuat Kesepakatan Dana Darurat Bersama

Adanya dana darurat bersama didapat dari potongan sebagian gaji karyawan setiap bulan, sehingga pemotongan ini harus disepakati dan bisa dijadikan dana darurat bersama.

Cara Mudah Mencatat Pinjaman Kasbon Melalui Software

Adapun beberapa pencatatan pinjaman kasbon dalam akuntansi dengan cara mudah, melalui software sebagai berikut :

1. Pemberian Pinjaman Karyawan (Kasbon)

Mencatat pinjaman klik pada menu kas dan bank, setelah itu pilih transaksi baru dan klik Uang Keluar.

Pencatatan kasbon software harmony 1Pin

2. Isi Catatan Informasi Kasbon Sebagai Uang Keluar

Selanjutnya isi setiap kolom yaitu dengan pilih kontak untuk isi nama karyawan, isi deskripsi sesuai dengan transaksi, kemudian isi nominal pinjaman di kolom harga satuan.

Pencatatan kasbon software 2 harmony 1Pin

3. Isi Informasi Akun Pinjaman Keluar

Setelah mengisi informasi peminjam, maka selanjutnya isi informasi pencatatan akun yaitu dengan akun piutang lain, atau pinjaman karyawan (loan to employees).

Pencatatan kasbon software 3 harmony 1Pin

Setelah mengetahui penyebab karyawan yang ingin mengajukan kasbon serta cara mudah mencatat, maka salah satu mencegah terjadinya kasbon yaitu dengan cara memberikan penggajian yang selalu tepat waktu bahkan on-time, untuk setiap bulannya sehingga kebutuhan karyawan juga tidak terhambat.

Namun jika Anda memiliki kesulitan untuk menyesuaikan data laporan keuangan seperti laporan arus kas, laba rugi, dan laporan posisi keuangan lainnya. Ingin selalu terupdate atas setiap transaksi secara real time? Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony