Harmony » Blog » 

Jasa Pembukuan: Ketahui Lengkapnya untuk Membantu Perusahaan Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 13, 2020

Pembukuan akuntansi tidak boleh diabaikan dalam usaha Anda. Pembukuan akan memberikan informasi yang lengkap mengenai biaya operasional perusahaan, laporan keuangan, dan laporan laba rugi. Maka dari itu, tidak heran kalau jasa pembukuan menjadi trend untuk dunia bisnis saat ini.

Jasa pembukuan sangat membantu menyederhanakan tugas administrasi dan keuangan. Sehingga, Anda bisa tenang dan lebih fokus pada tugas-tugas inti operasional bisnis.

Perusahaan membutuhkan jasa pembukuan atau outsourcing akuntansi untuk pembukuan yang praktis. Mengingat fungsi akuntansi sangat penting bagi perusahaan, maka jasa pembukuan (bookkeeping) dinilai sanggup untuk menyediakan laporan keuangan secara profesional untuk perusahaan.

Jasa pembukuan adalah perseorangan maupun badan yang menawarkan suatu jasa yang dapat membantu Anda melihat cerminan dari kondisi keuangan pada bisnis yang Anda bangun. Jasa pembukuan juga akan membantu meringankan beban Anda dalam aktivitas bisnis supaya Anda tetap fokus dengan operasi bisnis dan perencanaannya.

Saat ini, banyak freelance membuat laporan keuangan seperti jasa akuntan online yang menawarkan jasanya di internet. Gambaran ini merupakan satu bukti, bahwa profesi ini menjadi semakin dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut ini, beberapa gambaran jasa pembukuan dalam membantu perusahaan Anda.

Membantu Mengendalikan Keuangan Perusahaan

Salah satu perannya untuk usaha Anda salah sebagai pengendali keuangan. Data-data keuangan yang ada dalam bisnis Anda merupakan informasi yang dapat memberitahukan kondisi perusahaan yang sebenarnya, seperti mengalami keuntungan atau kerugian. Dengan adanya informasi tersebut, maka jasa pembukuan berperan untuk mengendalikan dan mengontrol keuangan usaha Anda serta memberikan evaluasi yang tepat mengenai performa bisnis yang berjalan.

Bisnis yang Anda jalankan tentu selalu melakukan pencatatan pada setiap transaksi keuangan yang terjadi dengan tertata rapi. Jasa pembukuan nantinya bisa menyediakan informasi mengenai keuangan yang lebih akurat dari data–data transaksi yang sudah dicatat dalam buku besar atau dengan bantuan software akuntansi yang terintegrasi.

Baca Juga : Pengertian dan Penerapan Metode Creative Accounting

[elementor-template id="26379"]

Membantu dalam Analisis dan Pengambilan Keputusan

Adanya informasi keuangan dalam perusahaan Anda sangat berguna untuk membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan. Pihak manajemen membutuhkan informasi akuntansi yang selalu up to date serta akurat supaya keputusan yang diambil berkenaan dengan strategi bisnis selanjutnya bisa tepat sasaran.

Melalui pembukuan yang baik dan benar, pihak manajemen dapat dengan mudah melihat serta menganalisis arus kas sekaligus melihat kondisi keuangan perusahaan yang ter up to date. Jika kondisi keuangan mudah dilihat, maka akan lebih mudah dalam mengevaluasi keuangan dan manajemen kinerja perusahaan.

Sebagai Penghubung dengan Pihak Ketiga

Peran jasa pembukuan ternyata tidak saja menjadi penting untuk pihak internal perusahaan, tapi juga untuk eksternal perusahaan. Misalnya untuk para stakeholder, jasa pembukuan nantinya akan menjembatani pengambilan keputusan dengan pihak ketiga, vendor, dan pihak lainya yang terkait dalam laporan keuangan yang telah dibuat. Laporan keuangan yang dibuat pasti memiliki rincian yang jelas dan tertata rapi, sehingga pihak ketiga akan tertarik untuk melakukan joint operation atau berinvestasi pada perusahaan.

Membantu dalam Urusan Perpajakan

Jika perusahaan menjalankan proses pembukuan yang tidak benar sejak awal, maka data yang dimiliki tidak lagi akurat, khususnya perihal pendapatan dan pengeluaran selama bisnis berjalan. Akhirnya, kesalahan pelaporan pajak mungkin saja terjadi. Jasa pembukuan akan membuat pencatatan yang lebih akurat, sehingga kesalahan dalam perhitungan pajak tidak mungkin terjadi dan akan membuat catatan yang merekam segala pemasukan dan pengeluaran dari usaha.

Dengan demikian, pelacakan terhadap bukti transaksi dan juga nominal pengurangan pajak yang mungkin dapat diterima perusahaan menjadi lebih mudah. Selain membantu dalam urusan penyetoran dan pelaporan pajak, juga akan membantu pengurangan beban pajak usaha Anda.

Jasa pembukuan akan memberikan manfaat untuk Anda dalam mengatur dan mengefisienkan keuangan dalam bisnisnya. Namun, selain menggunakan jasanya, Anda juga membutuhkan teknologi pendukung untuk kelancaran pencatatan dan pembukuan usaha Anda.

Maka dari itu, agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam pencatatan keuangan dan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony yang tersedia untuk mengoptimalkan pembukuan dan laporan keuangan usaha Anda. Dengan mendaftar disini sekarang juga, Anda akan menikmati layanan gratis uji coba selama 30 hari.

Untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan sendiri Anda dapat menggunakan layanan jasa pembukuan dari Harmony Accounting Service. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

 

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram