Istilah - Istilah Dalam Bisnis Properti yang Harus Anda Ketahui
Harmony Blog
Business
Istilah – Istilah Dalam Bisnis Properti yang Harus Anda Ketahui
August 26, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Menurut Anda apakah hal yang penting dalam memulai bisnis properti? Jika jawaban Anda modal maka itu tidak salah. Ditahap awal berbisnis modal memang adalah seuatu yang penting walaupun banyak juga pebisnis yang baru memulai usahanya menggunakan strategi bootstrapping.

Tapi ada hal lain juga yang cukup penting yaitu pengetahuan, termasuk pengetahuan istilah dalam bisnis properti. Pengetahuan istilah dalam bisnis properti adalah hal yang harus pahami dengan baik. Hal ini diperlukan agar Anda menguasai tentang bisnis properti agar menjadi pengusaha sukses di bidang properti.

Untuk sukses di bisnis properti maka pebisnis properti harus mempunyai pengetahuan tentang istilah dalam bisnis properti.

Sebenarnya ada banyak sekali istilah dalam bisnis properti, tapi kami akan memberikan istilah-istilah yang cukup sering kita dengar. Istilah dalam bisnis properti ada beberapa yang sama atau digunakan juga dalam istilah bisnis lainnya.

Berikut istilah dalam bisnis properti yang harus Anda ketahui :

DEVELOPER

Developer adalah suatu instansi perorangan atau perusahaan yang membuat produk properti (perumahan, apartemen dll). Developer menjadi istilah dalam bisnis properti yang sering sekali kita dengar.

REAL ESTATE

Real estate adalah tanah ditambah apapun secara pemanen tetap untuk itu termasuk bangunan, gudang dan barang-barang lain yang melekat pada struktur.

KMB 

Kelayakan Menggunakan Bangunan. KMB ini merupakan Izin yang diberikan kepada perorangan atau badan hukum setelah habis masa berlakunya Izin Penggunaan Bangunan (IPB). Adapun tenggat waktu IPB adalah 5 tahun untuk bangunan non rumah tinggal dan 10 tahun untuk bangunan rumah tinggal.

KDB 

Koefisien Dasar Bangunan, yaitu angka persentase perbandingan luas bangunan yang bisa dibangun terhadap luas tanah yang tersedia, sesuai rencana tata kota. Contoh properti memiliki KDB 50%, luas lahan 1000 m2. Berarti luas lahan yang dapat dibangun hanya 500 m2, sisanya digunakan untuk ruang terbuka hijau dan resapan air.

KPR

Kredit Pemilikan Rumah. Sistem pembayaran ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh pihak bank kepada konsumen untuk mendapat rumah dengan cara mencicil. KPR juga merupakan istilah dalam bisnis properti yang sering digunakan.

KPA 

Kredit Pemilikan Apartemen. Jenis pembayaran ini sebenarnya serupa dengan KPR. Hanya berbeda dari jenis propertinya saja. KPA adalah jenis cicilan untuk jenis apartemen.

NJOP 

Nilai Jual Objek Pajak ini adalah nilai yang ditetapkan negara sebagai dasar pengenaan pajak bagi PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). NJOP seringkali diasumsikan sebagai harga terendah atas properti. Biasanya properti yang dijual dengan harga 1,5 hingga dua kali lipat dari harga NJOP.

PBB 

Pajak Bumi dan Bangunan. PBB pasti digunakan dalam istilah bisnis properti saat transaksi.

PPJB 

Pengikatan Perjanjian Jual Beli, yakni perjanjian jual-beli antara pihak penjual dan pembeli dimana masih sebatas kesepakatan saja dan belum ada peralihan hak kepemilikan tanah/rumah secara hukum.

Dengan demikian, di sertifikat masih atas nama penjual, sampai klausul-klausul yang disepakati terpenuhi. PPJB biasanya dilakukan agar tidak dibeli oleh pihak lain.

KLB 

Koefisien Lantai Bangunan, yaitu perbandingan jumlah luas seluruh lantai terhadap luas tanah perpetakan yang sesuai dengan rencana kota.

LTV 

Loan to Value. Rasio antara nilai kredit terhadap agunan pada saat awal pemberian kredit.

PPAT

Pejabat Pembuat Akte Tanah. PPAT adalah pejabat umum yang diberikan kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun.

RAB 

Rancangan/Rencana Anggaran Biaya adalah ringkasan perkiraan pengeluaran dan pemasukan dalam pengerjaan sebuah proyek properti. Melalui RAB ini bisa ditentukan beberapa hal, diantaranya harga jual yang layak, paket investasi, perkiraan keuntungan, durasi pengerjaan, dan lain-lain.

Ruko

Rumah toko. Merupakan istilah dalam bisnis properti untuk menyebut gabungan antara rumah dan toko.

Rukan

Rumah Kantor. Merupakan istilah dalam bisnis properti untuk menyebut gabungan antara rumah dan kantor.

custom-form-newsletter

SBDK

Suku Bunga Dasar Kredit. SBDK merupakan istilah dalam bisnis properti yang berhubungan dengan pengajuan kredit di bank.

SHGB

Sertifikat Hak Guna Bangunan. adalah jenIS sertifikat yang pemegangnya berhak memiliki dan mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan kepunyaan pemilik bangunan.

Tanah tersebut dapat berupa tanah yang dikuasai langsung oleh negara, maupun tanah yang dikuasai oleh perorangan atau badan hukum. Sertifikat hak guna bangunan mempunyai batas waktu kepemilikan 30 tahun, dan dapat diperpanjang hingga batas waktu 20 tahun.

SHM

Sertifikat Hak Milik. SHM adalah jenis sertifikat yang pemiliknya memiliki hak penuh atas kepemilikan tanah pada kawasan dengan luas tertentu yang telah disebutkan dalam sertifikat tersebut. Sertifikat Hak Milik tidak ada batas waktu kepemilikan.

UUPA

Undang-undang Pokok Agraria. UUPA adalah undang-undang yang mengatur tentang dasar-dasar dan ketentuan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agararia nasional di Indonesia yang mencakup dasar-dasar dan ketentuan-ketentuan pokok, hak-hak atas tanah, air dan ruang angkasa serta pendaftaran tanah, ketentuan-ketentuan pidana dan ketentuan peralihan.

SIPPT 

Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah, yakni  izin dari gubernur terhadap penggunaan tanah bagi bangunan dengan kepemilikan luas tanah 5000 m2 atau lebih.

SOHO

Small Office, Home Office atau hunian yang juga dijadikan sebagai kantor.

Selain pengetahuan tentang istilah dalam bisnis properti, hal penting lainnya pebisnis properti harus memiliki etika bisnis yang baik. Dalam bidang pemasaran pebisnis properti harus mengikuti perkembangan jenis ecommerce yang bisa menjual produk propertinya dan mencari tau teknologi apa yang bisa membantu perkembangan bisnis propertiya.

Berbicara mengenai teknologi untuk membantu perkembangan bisnis, maka Anda juga harus merapikan pembukuan usaha dengan menggunakan teknolog agar bisnis bisa berkembang lebih cepat.

Gunakan aplikasi pembukuan online agar keuangan usaha properti Anda bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Untuk aplikasi pembukuan online gunakan Harmony.

Silahkan tonton bagaimana Harmony membantu pebisnis properti memudahkan pembukuan usaha mereka disini

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/