Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan yang Menerapkannya
Harmony Blog
Business
Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan yang Menerapkannya
June 9, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mungkin Anda harus mengetahui bahwa manfaat etika bisnis itu sangat berperan penting dalam perusahaan. Perusahaan berkembang sekalipun pastinya memiliki etika berbisnis yang tidak mudah untuk diterapkan, karena dengan penerapan manfaat etika bisnis yang baik dapat membentuk nilai, norma dan etos kerja yang positif bagi karyawannya.

Menerapkan sebuah manfaat dari etika bisnis dengan optimal, akan dapat meningkatkan profit dan keuntungan perusahaan Anda.

Jika dalam lingkungan perusahaan Anda masih menemukan adanya kesenjangan sosial atau membuat kelompok masing-masing antar karyawan berarti penerapan manfaat etika bisnisnya belum berjalan. Kali akan dibahas mengenai manfaat etika bisnis bagi perusahaan yang menerapkannya? Simak terus artikel ini.

Pengertian Etika Bisnis

Pada etika bisnis adalah suatu cara yang dapat dilakukan melalui kegiatan bisnis, bisa mencakupi kegiatan seluruh aspek bisnis yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis bisa mempengaruhi kinerja bisnis yang baik sehingga sangat penting pada suatu perusahaan yaitu dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat. – wikipedia

Etika berbisnis dapat dijadikan pedoman atau prinsip bagi karyawan termasuk dalam manajemen bisnis suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian tindakan ekonomi dengan tujuan terciptanya sistem kerja yang efektif dan efisien dalam lingkungan perusahaan.

Baca juga artikel ini : Pengertian Manajemen dan Fungsinya Yang Harus Anda Ketahui

Adapun beberapa pendekatan-pendekatan yang dijadikan dasar tingkah laku etika bisnis, sebagai berikut:

1. Pendekatan pada prinsip asas manfaat, tindakan yang dilakukan harus didasarkan pada prinsip dapat memberikan manfaat etika bisnis sebesar-besarnya dengan cara yang tidak berbahaya dan biaya serendah-rendahnya.

2. Pendekatan pada prinsip HAM, tindakan yang dilakukan harus mengedepankan hak asasi manusia yang harus dihormati sehingga tidak merugikan orang lain.

3. Pendekatan pada prinsip keadilan, tindakan yang dilakukan menerapkan prinsip keadilan dan tidak merugikan atau memihak pada seseorang maupun kelompok.

custom-form-newsletter


Manfaat Etika Bisnis

Etika bisnis sangat penting bagi perusahaan dalam membangun etos kerja karyawannya, hal ini menjadi manfaat etika bisnis diantaranya sebagai berikut:

1. Menciptakan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan dari pelanggan adalah suatu hal yang sangat penting untuk masih tetap perusahaan menghasilkan profit atau keuntungan. Dengan semakin loyalitas konsumen terhadap produk Anda semakin besar pula Anda bisa menguasai pasar, dan kepercayaan pelanggan semakin meningkat karena perusahaan dinilai sangat memperhatikan pelanggannya. Apalagi Anda mendapatkan pelanggan baru dari referensi konsumen Anda yang loyal agar untuk mempercayakan kebutuhannya pada perusahaan Anda.

2. Menjadikan Brand Citra Baik Dimata Konsumen

Menjadi produk Anda menjadi brand yang memiliki citra baik dimata konsumen adalah suatu usaha yang tidak mudah dan dapat dikatakan suatu prestasi suatu pemasaran produk suatu perusahaan. Setelah citra baik itu terbentuk konsumen sendiri yang memutuskan untuk memperpanjang penggunaan produk Anda sehingga target perusahaan Anda bisa tercapai. Tidak begitu sulit bagi Anda untuk mencoba cara menerapkan branding dalam bisnis Anda.

3. Membuat Karyawan Sendiri Semakin Loyal dan Betah

Manfaat etika bisnis ketiga adalah membuat karyawan semakin loyal dan betah, ternyata dengan loyalitas karyawan etika bisnis dapat mengedepankan etika dalam menjalankan roda perusahaan. Suatu perusahaan dikatakan manajemen buruk jika terlihat dari siklus arus keluar masuk karyawannya, dimata calon karyawan baru sekalipun akan menjadikan prioritas utama dan perusahaan mendapatkan kesempatan untuk memperkerjakan karyawan yang berkualitas.

4. Memberikan Keuntungan atau Profit Bagi Perusahaan

Manfaat etika bisnis yang terakhir adalah mendapatkan prioritas utama dari investor menjadikan potensi untuk mendapatkan keuntungan atau profit semakin besar bagi perusahaan.

Untuk menghitung keuntungan atau profit perusahaan di era teknologi cloud saat ini Anda pasti membutuhkan satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/