7 Kebiasaan Pengusaha Sukses Yang Harus Ditiru
Harmony Blog
Business
7 Kebiasaan Pengusaha Sukses Yang Harus Ditiru
May 13, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Bisnis dengan Berlangganan Newsletter Harmony dengan isi data berikut ini :

Mungkin diantara Anda pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnis untuk menjadikan usahanya berkembang. Lalu seolah-olah kebingungan apa yang mesti Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis Anda. Padahal Anda sudah membuat bisnis plan yang bagus. Namun saat menjalankannya, Anda terhenti oleh kebiasaan Anda sendiri yang tidak menjalankan rencana Anda dengan konsisten dan sungguh-sungguh. Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses, dan merubah kebiasaan Anda yang sebelumnya negatif, Simak penjelasan kebiasaan pengusaha sukses berikut ini.

Menjadi pengusaha sukses itu membutuhkan kerja keras. Melawan diri sendiri adalah musuh terbesar. Lawan kebiasaan buruk Anda menjadi kebiasaan untuk menjadi pribadi yang SUKSES.

Berikut 7 Kebiasaan Pengusaha Sukses Yang Harus Anda Tiru :

1. Membuat Agenda Kerja Harian

Kebiasaan pengusaha sukses untuk membuat bisnis plan jangka panjang atau jangka pendek, hal tersebut tercermin dari setiap hari membuat agenda kerja hariannya. Anda harus disiplin mengenai hal ini karena dapat memberikan gambaran apa saja yang akan Anda lakukan seharian penuh, sehingga waktu Anda bisa dialihkan kepada hal-hal positif lainnya.

custom-form-newsletter

Dalam membuat agenda kerja gunakan durasi atau target pengerjaannya, agar Anda lebih efektif dan efisien. Adapun kesulitan dalam mencatatnya Anda bisa mulai dengan kegiatan yang pasti dan kegiatan yang dapat memakan waktu lama. Ini mesti Anda pastikan agar ketika ada agenda yang diluar perkiraan, tidak akan membuat Anda kekhawatiran yang berakibat fatal.

Baca Juga : Cara Mengelola Bisnis UKM Agar Sukses

2. Olahraga dan Beribadah adalah Kebiasaan Pengusaha Sukses

Menjadi pribadi pengusaha yang sukses memang tidak mudah, harus dibutuhkan kesehatan tubuh secara jasmani maupun rohani. Anda bisa melakukan kebiasaan pengusaha sukses seperti terbiasa untuk bangun pagi lalu melakukan pemanasan sehingga tubuhnya tidak kaku. Begitu pula harus diseimbangkan dengan rohani selalu beribadah karena di dunia ini kebutuhan tidak hanya jasmani tetapi rohani sehingga dipercaya dapat membantu otak Anda menjadi lebih cepat dalam menganalisa maupun mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

3. Kebiasaaan Berinteraksi dengan Sesama.

Selain interaksi dengan tubuh Anda dan interaksi dengan sang pencipta, kebiasaan pengusaha sukses itu selalu berinteraksi dengan sesama mulailah dengan interaksi lingkungan keluarga terlebih dahulu dengan baik. Waktu sarapan pagi biasanya waktu tepat untuk memulai interaksi dengan keluarga, Anda harus luangkan waktu untuk anak, istri dan anggota keluarga lain. Biasanya diawali dengan lingkungan keluarga baru lalu mulailah penyesuaian interaksi dengan lingkungan sekitar, teman Anda, mentor bisnis, dll.

4.Kebiasaan untuk Tidak Menunda Pekerjaan dan Langsung Take Action

Suatu kesalahan besar bagi Anda, jika Anda masih sering menunda pekerjaan atau keputusan, karena waktu itu berharga dan waktu tidak bisa dibeli dengan uang. Anda akan menyesal bila mendapatkan kasus calon pembeli Anda berpindah atau membatalkan penjualan pada perusahaan Anda gara-gara adanya penundaan keputusan atau pekerjaan. Apalagi bila Anda memiliki banyak karyawan, Anda harus membiasakan diri untuk selalu displin waktu sebagai contoh untuk karyawan. Semakin Anda menunda-nunda pekerjaan atau proyek, semakin lama pula Anda akan mendapatkan profit.

5. Kebiasaan Pengusha Sukses Dengan Memiliki Skala Prioritas

Mementingkan menyelesaikan pekerjaan yang lebih lama atau lebih berat daripada pekerjaan yang mudah bisa cepat dilakukan sehingga Anda harus membiasakan diri untuk membuat skala prioritas dan fokus pada satu pekerjaan karena ketika Anda multi-tasking justru membuat Anda kebingungan prioritaskan yang mana. Menggunakan waktu pagi hari sangat bagus untuk menangani pekerjaan yang dianggap skala prioritas lebih besar terlebih dahulu.

6. Merencanakan Esok Hari

Kebiasaan pengusaha sukses selanjutnya adalah merencanakan agenda esok hari, biasanya seorang pengusaha memiliki waktu santai di malam hari sebelum menjelang tidur. Biasanya waktu cocok untuk merencanakan apa yang akan dikerjakan ketika menjelang esok hari. Anda dapat mereview apa yang hari ini dikerjakan sehingga dapat menjadi skala prioritas rencana esok hari. Buatlah rencana esok hari dengan pekerjaan yang cukup membutuhkan waktu lebih lama dan menghabiskan energi sehingga konsetrasi Anda akan hilang ketika menjelang esok hari.

7. Membaca Berita Terkini

Sudah suatu kewajiban kegiatan membaca berita terkini di pagi hari menjadikan kebiasaan pengusaha sukses, Anda bisa membaca dan mencari berita terkini melalui media massa seperti tv, radio, media cetak seperti koran, majalah dan surat kabar dan bisa melalui media social seperti Instagram, FB dan lain sebagainya. Seorang pengusaha sukses membaca berita terkini justru sangat berguna karena dengan berita terkini Anda bisa membaca peluang apa yang saja bisa dilakukan perusahaan, apalagi kalo sudah menyangkut masalah profit perusahaan.

Seperti dalam artikel ini adanya informasi terkini Anda bisa mengelola keuangan dan membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi harmony, yang mana dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/