Harmony Blog

Inilah Jenis Kemitraan, Karakteristik dan Cara Kerjanya

Diposting Jul 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis KemitraanPin

Sedang berencana menjadi mitra bisnis? Perlu Anda ketahui ada beberapa jenis kemitraan yang bisa dijumpai dalam berbagai bidang bisnis. Tak jarang, terjadi merger perusahaan karena tujuan organisasi tertentu dan agar bisa saling menguntungkan.

Partnership atau kemitraan adalah penggabungan dua orang atau lebih untuk bekerjasama menjalankan usaha dan mendapatkan keuntungan suatu bisnis.Click to Tweet

Tak peduli apapun jenis perusahaannya, partnership atau kemitraan adalah salah satu strategi untuk mengembangkan sayap bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas. Jenis kemitraan ada beberapa bentuk. Apa saja? Berikut pembahasannya.

Pengertian Partnership atau Kemitraan Adalah

Partnership atau kemitraan adalah penggabungan dua orang atau lebih untuk bekerjasama menjalankan usaha dan mendapatkan keuntungan suatu bisnis.

Apa itu jenis kemitraanPin

Antara kedua pihak terjadi kesepakatan untuk membagi secara proporsional kerugian dan keuntungan perusahaan setelah dilakukan berbagai analisis strategi. Seperti analisis kondisi pasar, analisis pemasaran, hingga analisis SWOT untuk memahami kelemahan dan kelebihan bisnis.

Secara sederhana, partnership atau kemitraan adalah masing-masing pihak bertanggung jawab atas hutang dan kewajiban bisnis lainnya.

Apa Saja Jenis Kemitraan

Ada beberapa jenis kemitraan, antara lain:

  1. General Partnership (GP)

    Jenis kemitraan yang pertama adalah kemitraan umum atau general partnership. Jenis kemitraan ini, kedua pihak sama-sama bertanggung jawab penuh dalam hal kewajiban serta kendala hukum.

  2. Limited Liability Partnership (LLP)

    Berikutnya, ada jenis kemitraan berupa limited liability partnership. Yaitu, jenis kemitraan di bidang akuntan, pengacara, dan sebagainya. Jika ada mitra yang terlibat kendala hukum, maka pihak mitra lainnya tidak perlu bertanggung jawab.

  3. Limited Partnership (LP)

    Jenis kemitraan selanjutnya adalah kemitraan terbatas atau limited partnership. Dalam jenis kemitraan ini, hanya beberapa mitra saja yang menjalankan operasional. Sementara, mitra lainnya yang menjadi “silent partner” tidak melakukan operasional atau lebih fokus pada kegiatan monitoring saja. Selain itu, kendala hukum dan kewajiban hutang tidak dipenuhi oleh mitra yang hanya “silent partner” dalam jenis kemitraan ini.

    Baca Juga: Organisasi : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaat Yang Dapat Anda Ambil 

Karakteristik Partnership atau Kemitraan

Terdapat sejumlah karakteristik partnership. Berikut beberapa karakteristik kemitraan:

  • Terdapat Surat Kontrak

    Setiap jenis kemitraan harus memiliki surat kontrak kemitraan agar sah dan diakui di mata hukum.

  • Bertanggung Jawab Dalam Kewajiban

    Kewajiban berupa hutang yang muncul atas kemitraan, wajib dipenuhi oleh setiap mitra.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Mendaftar Kemitraan Baru

    Apabila ada mitra yang pensiun atau meninggal dunia, anaknya atau orang lain bisa mendaftar kemitraan baru untuk menggantikan. Yang terpenting adalah terdapat surat kontrak kemitraan baru.

  • Kurang Dari 20 Orang

    Menurut Companies Act, karakteristik kemitraan adalah tidak boleh melebihi 20 anggota. Ada pula yang hanya membatasi sebanyak 10 anggota/ mitra. ‘

  • Agen Reksa

    Setiap jenis kemitraan bertanggung jawab penuh pada kegiatan operasional usaha. Akan tetapi, terkadang bisa juga seorang mitra yang mewakili mitra lainnya dengan surat kuasa.

Cara Kerja Partnership atau Kemitraan

Masing-masing jenis kemitraan, memiliki mekanisme kerja yang berbeda. Namun, hampir semuanya membutuhkan surat perjanjian atau MoU (memorandum of understanding) sebagai kontrak bisnis yang sah di mata hukum.

Kemudian, masing-masing pihak menjalankan operasional dan tanggung jawab masing-masing sesuai yang tercantum dalam MoU.

Lebih lanjut, dalam pembagian profit ataupun masalah perpajakan, setiap mitra juga akan membayar dengan nilai yang sudah disepakati. Sebab, antara mitra satu dan yang lain, besaran nominal pajak bisa berbeda-beda sesuai dengan jumlah bisnis atau skala bisnis yang dimilikinya.

Ada beberapa contoh kemitraan UMKM yang bisa dijumpai saat ini, di antaranya waralaba, keagenan, reseller/ distributor, bagi hasil, joint venture (usaha patungan) dan masih banyak lagi.

Nah, kira-kira Anda berminat dengan jenis kemitraan yang mana? Apakah model franchise kuliner? Atau jenis kemitraan bisnis lainnya? Apapun pilihannya, yang terpenting adalah selalu kelola anggaran keuangan dan pembukuan bisnis dengan baik.

Untuk membantu Anda mengelola pembukuan yang modern dan rapi, pakai Software Akuntansi Harmony yang sudah terbukti kecanggihannya. Dipakai oleh ribuan klien di seluruh tanah air, meliputi: instansi, lembaga, yayasan, perusahaan swasta, koperasi, hingga klien personal, dan masih banyak lagi.

Software Akuntansi Harmony menjadi salah satu aplikasi pembukuan ternama di Indonesia  dengan fitur komplit dan antarmuka yang sederhana. Mudah dipahami oleh siapa saja, meski tanpa keahlian akunting. Kegiatan finansial dan akunting bisa berjalan lebih produktif, cepat, dan efisien waktu.

Mari, pakai Software Akuntansi Harmony sekarang, klik tautan ini untuk mencoba GRATIS selama 30 hari. Ingin tau gimana fitur-fiturnya bisa bantu bisnis Anda? Jangan lupa, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony