Inilah Fungsi dan Tugas Marketing Dalam Perusahaan yang Harus Anda Tahu
Harmony Blog
Marketing
Inilah Fungsi dan Tugas Marketing Dalam Perusahaan yang Harus Anda Tahu
October 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tugas marketing di dalam sebuah bisnis adalah menciptakan serta mengembangkan nilai dari sebuah produk dan melakukan pemasaran atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara. Agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas maka tugas seorang dalam divisi marketing menjadi sangat penting.

Salah satu hal yang memberikan kontribusi terbesar dari kesuksesan suatu bisnis adalah marketing. Sehingga, marketing dapat disebut sebagai kunci untuk penjualan yang besar.

Maka dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa marketing tidak hanya sebatas pada riset pemasaran saja, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

Tugas marketing juga harus terus memperhatikan pelanggannya. Sebab hubungan marketing dengan pelanggan juga harus dijaga dengan baik. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk yang Anda jual.

Namun apabila Anda ingin menjadi seorang pekerja marketing, Anda harus paham betul mengenai pengertian marketing. Hal inilah yang akan membantu mereka dalam menjalankan tugasnya.

Fungsi Marketing

Terdapat beberapa fungsi marketing yang harus Anda ketahui yaitu :

1. Fungsi Pertukaran

Dengan adanya marketing, konsumen hanya perlu melakukan pertukaran dengan pelaku marketing atau produsen untuk memenuhi kebutuhannya.

melakukan pertukaran yang dimaksud disini adalah konsumen dapat membeli produk yang berasal dari produsen baik melakukannya dengan cara menukar uang dengan produk, ataupun melakukan pertukaran produk dengan produk untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi Perantara

Fungsi marketing dalam media perantara merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan produk dari produsen kepada konsumen yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain yaitu pembiayaan, pencarian informasi, pengelompokan produk, dan lainnya.

3. Distribusi Fisik

Distribusi fisik berfungsi untuk mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang dihasilkan oleh seorang produsen tentunya tidak langsung tiba di depan konsumen begitu saja, ini harus melalui proses distribusi.

Dimana produk yang berasal dari produsen akan memenuhi kebutuhan para konsumen dan produk disalurkan melalui darat, air ataupun udara. Kemudian dilakukan penyimpanan produk dan menjaga stok produk  agar tidak terjadi kekurangan pada saat diperlukan oleh konsumen, sehingga produk dapat terpenuhi dan dapat dikonsumsi oleh para konsumen.

Baca Juga : Pengertian Lengkap CRM (Customer Relationship Management)

Tugas Marketing

Selain fungsi, adapun tugas marketing yang. Apa saja tugas marketing tersebut? Berikut penjelasannya :

a. Marketing Bertugas Dalam Mempromosi

Maksud dari fungsi marketing yang kedua adalah marketing memiliki fungsi dalam memperkenalkan atau mempromosikan setiap produk dan perusahaan yang sudah dihasilkan dan disebarluaskan kepada masyarakat.

Sehingga perusahaan dan produknya dapat dikenal dan perusahaan juga dapat memiliki jumlah peminat yang banyak terhadap produk yang dihasilkannya.

Tugas marketing yang satu ini harus selalu direncanakan oleh para marketer, agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan lancar. Namun selain itu, marketing juga harus mengetahui jenis promosi apa saja yang ingin digunakan, dapat menggunakan brosur, banner, dan lain sebagainya.

Maksud dari kegiatan promosi ini adalah mengenalkan produk kepada masyarakat. Promosi dapat berupa publikasi maupun pemberian bonus. Publikasi dapat melalui televisi, radio, atau internet sebagai media yang sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Konsumen pada umumnya tertarik dengan adanya bonus. Pemberian bonus dapat berupa diskon, souvenir, voucher, garansi, dan masih banyak lagi. Pemberian bonus sebaiknya dibatasi waktunya. Hal ini untuk menghindari kerugian perusahaan.

b. Marketing dapat Berperan Sebagai Sales

Sebuah marketing dapat berperan sebagai sales dengan maksud, tugas marketing biasanya adalah untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan dan penawaran  terhadap produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan.

c. Marketing Bertugas Mendalami Riset dan Pengembangan

Marketing memiliki tugas dalam meriset dan mengembangkan produk dalam sebuah perusahaan.

Maksudnya adalah marketing bertugas dalam mendapatkan berbagai macam informasi dan menyampaikannya pada perusahaan tentang segala sesuatu yang bermanfaat untuk mendukung dalam meningkatkan kualitas maupun penjualan yang sudah dihasilkan oleh perusahaan untuk dipasarkan.

d. Marketing Bertugas Sebagai Perwujudan Konsep Marketing Communication

Maksud marketing yang berperan sebagai perwujudan konsep marketing communication ini memiliki perperan untuk membuat atau menjalin hubungan ataupun komunikasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat atau perusahaan dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, agar hubungan yang memiliki kerja sama antara perusahaan yang satu dengan yang lain juga dapat menjalankan kerjasamanya secara baik dan saling membawa keuntungan bersama.

Baca Juga : Bisnis Berkembang Dengan Konsep Personalized Marketing

custom-form-newsletter

Konsep Marketing

• Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan

Dalam memenuhi kebutuhan manusia, apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka akan berakibatkan fatal, seperti contoh manusia sangat membutuhkan sandang, pangan dan papan serta ada juga kebutuhan lainnya, seperti keamanan, kenyamanan dan kebutuhan lainnya.

Dimana dalam kebutuhan ini tidak dapat diciptakan oleh masyarakat ataupun pasar, akan tetapi kebutuhan ini merupakan suatu rangkaian hakikat biologis dan kondisi ataupun keadaan seseorang itu sendiri.

Namun selain itu manusia juga selalu menginginkan berbagai macam hal supaya merasa tercukupi walaupun jika tidak terpenuhi tidak menimbulkan masalah yang fatal seperti misalnya keinginan untuk berekreasi atau berwisata, pendidikan dan berbagai macam jasa untuk menunjang kehidupannya.

• Pertukaran dan Transaksi

• Nilai, biaya dan kepuasan

Di dalam kegiatan marketing biasanya terdapat suatu pertukaran baik itu dalam bentuk uang dengan produk atau produk dengan produk. Sehingga ketika pertukaran tersebut telah disetujui maka akan melakukan transaksi seperti misalnya transaksi pembelian.

Dalam konsep pemasaran yang terkait nilai, biaya dan kepuasan ini pada dasarnya tergantung dari sisi individu masing-masing dalam hal ini terkait dengan konsumen terhadap produk yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Yang mana kebutuhan masing-masing konsumen tidak dapat disama ratakan. Selain itu pada masing-masing produk pun memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan yang berbeda-beda.

Sehingga hal ini tergantung pada pihak konsumen itu sendiri dalam menilai, dan menjadikan pertimbangan bagi pihak produsen atau pelaku bisnis dalam menciptakan produk yang akan ditawarkan.

• Produk

Produk yang terdapat dalam konsep marketing  ini merupakan penawaran yang dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yang diantaranya barang, jasa, dan gagasan atau ide. Setiap produk yang dihasilkan oleh produsen menjadi sesuatu yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

• Pasar

Pasar disini memiliki arti pembeli atau konsumen yang memiliki kebutuhan terhadap produk kita, dan kebutuhan tersebut tersedia serta mampu melaksanakan pertukaran nilai, sehingga dapat terjadi transaksi untuk memenuhi kebutuhannya.

Ukuran pasar tergantung dari jumlah konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya dan memiliki sumber daya untuk ditukarkan dengan apa yang konsumen butuhkan.

• Hubungan dan Jaringan

Dalam konsep marketing terdapat istilah hubungan dan jaringan yang merupakan transaksi untuk memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang terkait seperti misalnya konsumen, pemasok dan penyalur. Dimana mana tujuan dari hal ini adalah untuk mempertahankan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

• Pemasaran dan Calon Pembeli

Konsep marketing terdapat pemasar dan calon pembeli. Di mana pemasar ini akan mencari calon pembeli yang sekiranya ingin memenuhi kebutuhannya sehingga dapat melakukan pertukaran nilai atau transaksi.

Sedangkan calon pembeli sendiri merupakan seseorang yang akan diidentifikasi oleh pemasar dan memungkinkan untuk melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhannya.

Banyak strategi  marketing yang Anda lakukan untuk bisnis Anda, sudah berbagai macam cara para pebisnis melakukan strategi pemasaran untuk mengenalkan produk yang perusahaan miliki, dengan bertambahnya era teknologi di zaman sekarang, dalam memasarkan setiap produk sudah tidak sulit lagi untuk dilakukan.

Maka dari itu penting bagi para pebisnis untuk lebih update mengenai apa saja strategi yang dilakukan para pebisnis di era zaman sekarang ini. Dan keuangan perusahaan adalah termaksud dari kunci kesuksesan setiap pebisnis. Untuk itu Anda harus teliti dalam mengelola setiap keuangan bisnis Anda.

Kini Anda sudah tidak perlu repot lagi dalam mengelola bisnis Anda, kini sudah ada Software Akuntansi Harmony yang dapat membantu Anda baik dalam masalah transaksi, pembukuan, dan sistem akuntansi lainya.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba Gratis selama 30 hari Software Harmony disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/