Harmony Blog

Bisnis Berkembang Dengan Konsep Personalized Marketing

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

personalized marketingPin

Memasarkan suatu produk dalam suatu bisnis tidaklah mudah, Anda harus mengetahui strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah personalized marketing.

Apa yang dimaksud dengan personalized marketing?

Personalized marketing adalah suatu cara yang dilakukan oleh penjual untuk memasarkan suatu produk secara personal atau per individu. Personalized marketing ini tentunya didasari oleh data untuk menghasilkan sebuah konten yang sesuai dengan keinginan customer.

Teknik personalized marketing ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan beberapa teknik yang tentunya mempunyai kelebihan dibandingkan dari beberapa teknik lainnya.

Personalized marketing sangat penting untuk perkembangan bisnis karena membuat hubungan dengan konsumen semakin baik dan selalu setia kepada produk yang Anda jual.

Teknologi yang dipakai adalah berupa algoritma, dan cara data dikumpulkan atau dianalisis menjadi faktor-faktor yang menentukan tingkat efektivitas personalized marketing yang dilakukan.

Definisi Personalized Marketing Menurut Para Ahli

Adapun para ahli yang berpendapat tentang personalized marketing.

Berdasarkan Will Fraser, menulis “What Is Personalization Marketing?” beliau menyatakan marketing adalah tentang pemberian informasi yang berharga di tempat yang tepat dan waktu yang tepat.

Namun, dari pengertian marketing saja belum dapat menjadi patokan bagaimana caranya untuk menyentuh orang yang tepat, oleh karena itulah konsep personalized marketing dibutuhkan.

Pada konsep personalized marketing, setiap individu mempunyai nilai sebagai pribadi yang unik sehingga pebisnis harus mengenal konsumen secara personal saat menyusun strategi marketing. Perlu dikeahui dalam sebuah bisnis tidak ada salahnya Anda menentukan segmen pasar sebelum melakukan pemasaran produk.

Contoh Personalized Marketing

Setelah memahami pengertian dari personalized marketing, untuk melengkapi penjelasan tersebut berikut ini adalah contoh dari personalized marketing:

1. Sebuah Undangan test kemampuan bahasa Inggris melalui email marketing yang dikirimkan oleh pihak English course wallstreet.

Ada banyak sekali brand yang kerap mengirimkan email undangan untuk menghadiri event, tapi apa yang membuat wallstreet berbeda?

Wallstreet benar-benar memberikan sentuhan personalized thing dengan mencatumkan nama konsumer yang dituju.

Ini akan membuat konsumen dapat memberikan perhatian yang lebih! Sentuhan personal menjadi sangat penting di era kompetisi bisnis digital ini.

2. Amazon memperlihatkan kepada konsumen informasi tentang buku yang layak direkomendasikan yang ada di website amazon tergantung dari buku apa yang sering dicari.

3. Contoh yang terakhir ini dari zalora. Zalora menginformasikan pemberikan promo melalui Email Marketing saat pelanggan berulang tahun.

Keuntungan Personalized Marketing

Jika personalized marketing dilakukan dengan benar terdapat keuntungan dari personalized marketing tersebut. Dengan personalize marketing ada baiknya juga mempergunakan strategi pemasaran STP untuk memasarka produk Anda lebih efektif dan terkontrol. pun Beberapa keuntungan dari personalized marketing yaitu:

1. Meraih Perhatian Konsumen

Keuntungan yang pertama ini adalah meraih perhatian konsumen. Adapun pesan personal dalam melakukan personalized marketing yang disampaikan kepada target market Anda yang pastinya bertujuan untuk meraih perhatian konsumen.

Tentunya  pesan moral tersebut harus dibuat semenarik mungkin agar dapat meraih perhatian konsumen.

Karena semakin menariknya konten berpesan moral tersebut , sudah jelas konsumen akan meluangkan waktunya untuk memberikan perhatian yang lebih kepada sebuah brand.

2. Meningkatkan Penjualan

Seperti halnya marketing pada umumnya, keuntungan yang kedua adalah meningkatkan penjualan. Untuk meningkatkan penjualan dlam suatu perusahaan maka ada baiknya Anda menggunakan strategi meningkatkan konversi penjualan.

Membuat konten yang bersifat personal dan mempunyai tujuan untuk menempatkan produk serta layanan sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Pada akhirnya tujuan akhir memunculkan keputusan pembelian dari konsumen.

3. Membangun Hubungan Baik Dengan Konsumen

Daya upaya dalam personalized marketing akan membuat sebuah brand lebih mengenal dan lebih dekat dengan konsumen. Hal ini menjadi langkah awal membangun hubungan baik dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

4. Membuat Konsumen Kembali

Keuntungan yang selanjutnya ini adalah efek berkelanjutan dari keberhasilan sebuah brand dalam meningkatkan pengalaman konsumen. Sesuatu yang menyentuh dan tertanam dalam hati seperti yang dijelaskan sebelumnya sudah pasti akan membuat konsumen kembali setia memilih produk dan layanan tersebut.

5. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Pengalaman konsumen menjadi bagian penting dalam strategi marketing. Pada tahap ini konsumen tidak hanya mendapatkan informasi semata, tetapi ikut merasakan dan terlibat dengan produk maupun layanan yang disediakan.

dikarenakan sesuatu yang langsung dialami umumnya  akan lebih menyentuh dan teringat pada hati konsumen. Dan interaksi dengan konsumen yang diperlihatkan dalam personalized marketing menjadi cara efektif untuk konsumen merasa dikaitkan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Pengaplikasian Personalized Marketing

Dalam dunia bisnis khususnya untuk bagian pemasaran, adapun konsep pemasaran efektif yang harus Anda tahu. pemasaran Konsep Personalized Marketing untuk Kemajuan Bisnis Anda. Setelah memahami beberapa keuntungan yang dapat diperoleh, kini saatnya untuk memahami bagaimana pengaplikasian konsep personalized marketing dalam sebuah bisnis.

1. Mengumpulkan Kontak Pelanggan

cara yang pertama adalah dengan mengumpulkan kontak pelanggan. Penentuan sebuah strategi dan fokus pemasaran adalah sebuah manfaat dari kontak konsumen khususnya email.

Karena dari kontak ini pebisnis dapat mendeteksi apa saja yang banyak dicari oleh konsumen di tiap “klik” yang dilakukan.

Dengan begitu pebisnis dapat mengetahui secara persis konten, insentif serta rekomendasi yang relevan untuk tiap konsumen. Karena Semakin banyak kontak yang dikumpulkan maka tentunya akan semakin efektif juga personalisasi yang dilakukan.

2. Mengirim Email Secara Personal

untuk penggunaan email kantor ada baiknya kirimkan email dengan menyantumkan nama salah satu anggota tim marketing.

lalu, jika email masih terlihat kaku dengan menggunakan template, disarankan memberi sedikit modifikasi supaya kata-kata yang dicantumkan tidak terlihat berasal dari sebuah mesin.

3. Sapa Konsumen Secara Personal

Disarankan dengan menyebutkan nama dan salam yang nonformal untuk setiap email yang Anda kirimkan kepada konsumen.

den begitu pastinya akan membuat konsumen merasa dikenal dan akrab dengan si pengirim email. Perasaan akrab yang ditimbulkan bukan tidak mungkin menarik seseorang untuk membuka email walaupun itu berisikan iklan.

4. Modifikasi Teknologi

Pemilik bisnis harus dapat pastikan platform teknologi yang dipakai mampu menangani data, segmentasi dan otomatisasi yang dibutuhkan dalam strategi marketing.

karena dengan teknologi yang tepat akan sangat menghemat waktu dalam pemrosesan data konsumen yang dalam jumlah banyak.

5. Website atau Aplikasi Lebih Personal

Melalui cara ini dapat dilakukan dengan membuat landing page yang menarik yang sesuai dengan kepribadian target konsumen.

baiknya Anda melakukan modifikasi terhadap gambar, pesan dan desain yang ditampilkan dalam website.

6. Konten Yang Dekat Dengan Konsumen

Disarankan dapat memberi sesuatu konten yang bermanfaat di dalamnya, umunya yang sangat dekat dengan kehidupan, lalu hubungkan dengan produk serta layanan yang ditawarkan.

7. Berinteraksi Dengan Konsumen

Pastikan untuk selalu mengontrol aktivitas media sosial dan selalu hadir saat konsumen membutuhkan bantuan.

Atau dapat juga melalui pembuatan konten-konten yang bersifat interaksi, supaya brand lebih dekat dengan konsumen.

8. Lakukan Follow Up

Follow up tersebut dapat berupa pemberian informasi produk terbaru, melibatkan dalam event, memberikan diskon dan promo atau sekadar menyelipkan catatan terima kasih.

Hal tersebut akan membuat konsumen merasa dihargai. Personalized marketing akan membuka celah yang cukup luas untuk pebisnis mengembangkan usahanya.

Para pebisnis yang berhasil menerapkan konsep ini dengan baik dan dapat memanfaatkan semua teknologi yang relevan tentunya akan mencapai keunggulan.

Tapi disarankan jika saat telah mencapai posisi teratas, jangan lupa untuk memastikan pengelolaan bisnis yang baik agar mampu bertahan. mampu meningkatkan laba dan bisnis semakin berkembang.

Agar bisnis tersebut berkembang, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Oleh karena itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Dan saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair 2019. Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
  • Weekly
  • Monthly
  • All-Time

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Memahami Tahapan Siklus Bisnis dan PenerapannyaMemahami Tahapan Siklus Bisnis dan Penerapannya Siklus bisnis tentu sangat berpengaruh pada fase naik dan turun output ekonomi secara berkala namun tidak teratur. Dalam fase nya dapat dilacak melalui indikator aktivitas…Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis AndaPentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda Sebagian dari Anda mungkin pernah merasa tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga beban tugas dan pekerjaaan bisa menumpuk walaupun mendekati deadline. Penyebabnya…Bukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-BupotBukti Potong PPh 23, Cara Mudah Membuatnya Dengan e-Bupot Dalam sebuah perpajakan bukti potong PPh 23 adalah suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan bagi pengusaha kena pajak. PPh pasal 23 ini merupakan pajak penghasilan…10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda10 Tips Meningkatkan Repeat Order Untuk Pelanggan Produk Anda Dalam dunia bisnis, tentu Anda pasti tahu mengenai apa itu repeat order. Namun bagi Anda yang belum memahami jelas mengenai apa itu repeat order, berikut…Penghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan LengkapnyaPenghasilan Kena Pajak (PKP), Ketahui Tarif dan Perhitungan Lengkapnya Yang dimaksud dengan penghasilan kena pajak adalah penghasilan yang digunakan untuk menghitung pajak penghasilan Pasal 23 dan juga Pasal 25. Untuk penghasilan kena pajak ini…

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Contact Harmony