Harmony Blog

HRM (Human Resource Management) : Apa Saja Manfaat dan Penerapannya Dalam Bisnis?

Diupdate Apr 16th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

human resource managementPin

Human Resource Management (HRM) bagi sebuah perusahaan bukanlah hal yang timbul secara mendadak. Sudah sejak lama manusia hidup berorganisasi, maka human resource management sudah ada dan masuk pada setiap sektor. Misalnya, perusahaan, pemerintahan, ekonomi, dan kemasyarakatan. Pada setiap sektor tersebut  dibutuhkan satuan kerja yang secara khusus akan mengelola sumber daya manusia yang kemudian saat ini dikenal dengan istilah human resource management atau HRM.

Human Resource Management (HRM) pertama kali mulai diperhitungkan perannya sejak Revolusi Industri di Inggris.Click to Tweet

Dalam suatu perusahaan, human resource management pertama kali mulai dijadikan unsur yang sangat penting bagi internal perusahaan sejak Revolusi Industri di Inggris, sekitar tahun 1760. Dampak revolusi ini tidak hanya merubah cara produksi, tetapi juga penanganan sumber daya manusia yang berbeda. Pada akhirnya, perusahaan bisa semakin meningkatkan mutu dari setiap elemen yang dimiliki.

Pengertian Human Resource Management

Setiap perusahaan pasti memiliki berbagai macam sumber daya sebagai input untuk diubah menjadi output berupa produk, baik barang maupun jasa. Sumber daya tersebut meliputi banyak hal, misalnya modal, teknologi untuk menunjang proses produksi, metode, atau strategi yang digunakan agar perusahaan bisa terus beroperasi. Sumber daya yang tidak kalah penting adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan penting dalam merencanakan, mengelola, dan mengendalikan sumber daya dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Key Performance Indicator (KPI) dan Fungsinya

Dari sisi perusahaan, pengertian human resource management adalah suatu proses yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang dimilikinya. Adapun, human resource development adalah kegiatan perusahaan dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kompetensi segala sumber daya yang dimilikinya.

Saat ini, HRM mengalami perkembangan dalam fungsinya. Pada masa awal, fungsi human resource development adalah untuk mengembangkan kebijakan SDM yang sesuai dengan prosedur dan sistem yang ada dalam perusahaan. Saat ini, fungsi semakin meluas dengan menyediakan SDM yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh human resource management dalam hal ini bisa dilihat dari seleksi saat merekrut karyawan atau tenaga kerja baru. Atau, contoh human resource management lainnya seperti pengembangan karir, promosi jabatan, pelatihan keterampilan dan keahlian karyawan, dan sebagainya.

Manfaat HRM bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat HRM bagi sebuah perusahaan, jika fungsi human resource management berjalan dengan baik benar. Beberapa manfaat yang mungkin diperoleh perusahaan antara lain :

  • Menggambarkan nilai-nilai yang menyeluruh dan memberikan sebuah prinsip panduan yang bisa diterapkan dalam mengelola SDM
  • Memberikan standar dan prosedur operasional perusahaan.
  • Arah tujuan perusahaan bisa diidentifikasi
  • Menjadi pedoman yang bisa mendefinisikan nilai-nilai, prinsip, dan strategi yang harus diterapkan oleh perusahaan
  • Sebagai prosedur formal dan metode yang bisa digunakan untuk menempatkan rencana strategis dan kebijakan perusahaan
  • Sebagai pendekatan informal yang digunakan dalam mengelola SDM
  • Memungkinkan strategi SDM, kebijakan, dan praktek yang akan dilaksanakan bisa sesuai dengan rencana (plan) yang telah ditentukan.
  • Menyediakan solusi dari risiko dan masalah SOP yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Manajemen Yang Perlu Anda Tahu

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Penerapan HRM bagi Perusahaan

Pengelolaan human resource management bagi perusahaan tentunya bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan kerja keras upaya dari tim HRD atau manajemen personalia untuk mengelompokkan keahlian setiap karyawan dan menempatkan pada posisi yang tepat bagi perusahaan.  Hanya dengan cara demikian, maka manfaat HRM bisa didapatkan dan fungsi human resource management dapat maksimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menerapkan HRM bagi perusahaan antara lain:

  • Menentukan human resource management atau SDM dengan perencanaan struktur dan job desk karir karyawan.
  • Menetapkan SDM Skill setiap karyawan sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang dimiliki.
  • Melakukan Management Trainee untuk Fresh Graduate supaya kebutuhan perusahaan terhadap SDM bisa tepat sasaran.
  • Melakukan Penilaian dan Evaluasi terhadap setiap SDM yang telah ditempatkan pada job desk masing-masing.
  • Mendukung dan menghargai kebutuhan karyawan seperti memberikan apresiasi atas keberhasilannya melaksanakan tugas dari manajemen.

SDM dengan skill dan keahlian yang tepat akan lebih produktif jika diberikan teknologi atau fasilitas yang mendukung pekerjaannya. Misalnya SDM yang memiliki tanggung jawab dalam manajemen keuangan perusahaan. Tanpa diberikan suatu alat bantu, maka skill dan keahliannya akan tampak biasa-biasa saja.

Dari sebab itu, sebagai pebisnis Anda harus memberikan dukungan teknologi untuk kinerja manajemen keuangan perusahaan Anda. Caranya dengan menggunakan Software Akuntansi Harmony yang sangat potensial untuk menyusun, mengolah, menganalisis, dan menyajikan laporan keuangan.

Software Akuntansi Harmony memungkinkan perusahaan Anda bisa memiliki budget management yang lebih akurat dan modern. Nikmati Software Akuntansi Harmony GRATIS selama 30 hari, jika Anda mendaftar sekarang di sini.

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu atau SDM dalam mengurus pembukuan perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan layanan dari Harmony Accounting Service. Dapatkan pula info-info keuangan dan penawaran spesial hari ini melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK