Harmony » Blog » 

Ketahui Gambaran Pasar Bisnis Anda dan Pentingnya Untuk Kemajuan Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 2, 2021

Sudah mendapatkan gambaran pasar bisnis Anda? Nah, sebelum menerapkan strategi penjualan atau pemasaran, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu seperti apa gambaran pasar yang ada. Gambaran pasar berperan penting untuk memahami peta keseimbangan pasar serta metode pemasaran langsung yang ingin digunakan.

Dengan memahami gambaran pasar, pelaku usaha juga bisa mengidentifikasi siapa saja kompetitor atau pesaing di pasar.Click to Tweet

Sebagai contoh, gambaran pasar di daerah, lebih cocok pemasaran langsung dengan sales promotion girl yang datang ke pasar-pasar tradisional.

Sementara, untuk masyarakat perkotaan yang modern, mungkin bisa menggunakan pemasaran tidak langsung seperti media sosial atau iklan banner.

Apa Itu Gambaran Pasar?

Jadi, gambaran pasar adalah informasi yang dikumpulkan untuk memahami kondisi suatu pasar. Nantinya, dari gambaran informasi pasar dapat diperoleh analisis pasar serta siapa saja yang bisa jadi target pasar potensial.

Gambaran informasi pasar sangat bermanfaat dalam pemasaran produk barang dan jasa yang mendambakan target pasar ideal. Sebab, target potensial akan menjadi pembeli atau bahkan pelanggan setia bisnis Anda.

Dengan memahami gambaran pasar, pelaku usaha juga bisa mengidentifikasi siapa saja kompetitor atau pesaing di pasar. Setelah membuat analisis pasar, Anda bisa membuat inovasi produk atau jasa terbaru yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.

Contoh Gambaran Pasar

Sebagai contoh gambaran pasar yang mudah dipahami adalah bisnis souvenir di kota Yogyakarta. Menurut para pengrajin dalam melihat gambaran pasar souvenir seperti kerajinan kayu atau perhiasan, masih sedikit yang membuat. Jadi, peluang bisnis cukup besar menembus pasar global.

Agar lebih mudah menjangkau konsumen di luar negeri, pengrajin memakai sistem pemasaran melalui media sosial, pameran/ expo, dan menitipkan di toko, mall, atau outlet oleh-oleh.

Baca Juga: Perbedaan Konsep Penjualan Dan Konsep Pemasaran

Pentingnya Gambaran Pasar Bagi Kemajuan Bisnis

Ibarat kompas yang menunjukkan arah, itulah pentingnya tampilan pasar bagi kemajuan bisnis Anda. Dengan gambaran pasar, Anda lebih mudah mengetahui bagaimana kondisi pasar terkini dan apa saja strategi pemasaran yang paling efektif memikat konsumen. Berikut adalah pentingnya gambaran informasi pasar untuk bisnis Anda:

Apa Itu Gambaran Pasar Bisnis

  1. Membantu Mengidentifikasi Target Pasar

    Siapakah target pasar potensial bisnis Anda? Dari mana Anda mengetahuinya? Salah satu caranya adalah dengan membuat gambaran informasi pasar.

    Dari gambaran informasi pasar, pebisnis akan mudah melakukan analisis pasar untuk menentukan siapa-siapa saja yang ideal dijadikan target pasar.

    Informasi mengenai target pasar ini meliputi perilaku konsumen, jenis kelamin, rata-rata penghasilan, usia, tempat tinggal, dan sebagainya. Anda akan lebih mudah membuat strategi pemasaran yang lebih efektif.

  2. Mengenali Pesaing Bisnis

    Tak semua pesaing bisnis itu adalah lawan yang harus ditaklukkan. Tidak jarang, kini banyak pelaku usaha yang melakukan kolaborasi agar lebih memikat pembeli.

    Sebagai contoh gambaran pasar yang berperan penting dalam pemasaran adalah dua public figure atau selebriti terkenal yang meluncurkan produk sepatu. Mereka berkolaborasi dengan menghadirkan produk sepatu berkarakter atau bertema dua sosok ternama ini.

    Sehingga, bukannya malah bersaing, tetapi dua penggemar selebriti ini akan berusaha mendapatkan dan membeli produk sepatu tersebut.

    [elementor-template id="26379"]

  3. Memahami Kondisi Pasar Sebelum Produk Dijual

    Jadikan gambaran informasi pasar sebagai alat tes sebelum produk dilempar ke pasaran. Dari sini, Anda bisa mengetahui apakah produk sudah memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen? Atau masih ada yang perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi?

    Setelah membuat analisa pasar dan memahami gambaran informasi pasar, barulah Anda bisa memulai penerapan strategi pemasaran terbaik.

Ulasan mengenai pentingnya gambaran pasar di atas menjadi informasi tambahan yang bermanfaat, bagi Anda pebisnis pemula atau hendak merilis produk baru ke pasaran dengan sukses.

Selain memahami gambaran pasar, agar bisnis sukses dan berkembang pesat, perhatikan mengenai sistem pembukuan keuangan bisnis Anda. Sebisa mungkin, hindari pembukuan manual yang menyita banyak waktu dan tenaga.

Pakai Software Akuntansi Harmony yang lebih modern, rapi, dan sistematis. Software Akuntansi Harmony menerapkan sistem akuntansi berstandar internasional yang sudah terbukti keunggulannya oleh ribuan klien di Indonesia.

Mulai dari pencatatan transaksi, perhitungan aset, penagihan/ invoicing, hingga rekonsiliasi bank otomatis serta urusan pembukuan lainnya, bisa ditangani semudah beberapa langkah saja.

Pembukuan bisnis menjadi lebih cepat, mudah, dan akurat, tanpa ribet dan menambah produktivitas tim finance. Apalagi, Software Akuntansi Harmony dilengkapi lebih dari 20 jenis laporan keuangan siap pakai, lho! Praktis dan benar-benar fungsional, kan?

Yuk, apa yang bikin Anda ragu? Coba GRATIS selama 30 hari Software Akuntansi Harmony, melalui tautan ini. Info lebih lanjut, follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram