Harmony » Blog » 

Financial Controller : Apa Saja Fungsi Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Januari 6, 2021

Setiap perusahaan harus bisa menerapkan skala prioritas dalam pengelolaan keuangan usaha. Maka dari itu, pada jabatan accounting dan keuangan suatu perusahaan selalu dilengkapi dengan jabatan khusus yang disebut dengan financial controller. Adanya job desk dari financial controller ini memungkinkan anggaran dan keuangan bisa dikelola dengan teknik-teknik yang tepat.

Financial controller memberikan kontribusi dan analisis terkait anggaran dan keuangan perusahaan agar bisa dikelola lebih baik dengan teknik-teknik yang tepat.

Financial controller juga sangat penting untuk memberikan kontribusi yang sangat kritis, misalnya agar perusahaan tahu cara tepat mengelola dana darurat jika dinilai benar-benar harus dilakukan. Namun, ada banyak fungsi lain financial controller. Berikut ini, beberapa fungsi financial controller bagi perusahaan.

Menjaga Sistem Akuntansi Perusahaan

Tugas utama dari seorang financial controller adalah melakukan analisa dan interpretasi terhadap data statistik serta data informasi keuangan. Dengan demikian, akan timbul suatu penilaian mengenai perbandingan antara hasil operasi dan kinerja yang berkenaan dengan anggaran.

Selain itu, selalu terdapat interpretasi yang penting dari berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan pajak dan tingkat efektivitas operasional perusahaan. Untuk semua tujuan tersebut, perusahaan membutuhkan seorang petugas bisa monitoring dengan baik.

Sistem akuntansi dan pencatatan setiap transaksi yang terjadi bisa terjaga dan data perusahaan bebas dari tindakan manipulatif. Setiap transaksi yang tercatat akan sangat penting untuk melengkapi laporan keuangan internal perusahaan, sehingga akan sangat membantu alur pembukuan yang dibuat oleh jabatan keuangan lainnya seperti bookkeeper.

Baca Juga : 7 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan dengan Baik dan Benar

[elementor-template id="26379"]

Membantu dalam Menyusun Anggaran

Seperti yang disebutkan sebelumnya, financial controller akan memudahkan dalam alur pembukuan oleh jabatan keuangan lainnya. Bookkeeper adalah salah satu jabatan yang akan sangat terbantu dengan adanya financial controller.

Pemangku jabatan financial controller akan dilibatkan secara langsung dalam menyusun anggaran perusahaan. Tugas financial controller dalam hal ini bisa untuk memberikan saran yang paling tepat dalam menyusun anggaran perusahaan. Misalnya bertindak untuk mengontrol anggaran agar tidak sampai melebihi budget yang dimiliki perusahaan.

Evaluasi Kinerja Staf Akunting Perusahaan

Financial controller juga memiliki kewajiban dan fungsi untuk mengevaluasi kinerja staf bagian akuntansi. Misalnya dengan memberikan pelatihan dalam penyusunan pembukuan atau hal lainnya yang berkaitan dengan laporan keuangan.

Financial controller juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap divisi keuangan memiliki keahlian atau keterampilan sesuai dengan kinerja yang diharapkan perusahaan supaya operasional bisa berjalan secara lebih efektif dan maksimal.

Menjaga Agar Keuangan Perusahaan Tetap Sehat

Tugas financial controller bukan hanya dalam pelaporan dan pembukuan saja, melainkan berkenaan dengan hal-hal yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan. Maka itu, kualifikasi seorang financial controller berbeda dengan para pemangku jabatan keuangan lainnya.

Financial controller adalah jabatan yang bertugas untuk mendukung fungsinya sebagai pengontrol untuk memastikan keuangan perusahaan yang sehat. Maka dari itu, diperlukan kompetensi yang memadai agar bisa melakukan fungsi pengawasan secara optimal, termasuk upaya supaya kondisi pemasukan dan pengeluaran perusahaan bisa terus stabil.

Memastikan Data Keuangan Perusahaan Kredibel dan Akurat

Fungsi lain dari seorang financial controller di dalam suatu perusahaan adalah menjamin data keuangan perusahaan tetap authentic. Financial controller harus bisa memastikan tidak adanya pemalsuan data keuangan dan memastikan tidak ada usaha penipuan yang dapat merugikan perusahaan. Dengan fungsi ini, keuangan perusahaan bisa berjalan dengan baik dan pastinya sistem keuangan perusahaan juga bisa lebih efektif dan efisien.

Mendukung Tugas Financial Controller dengan Software Akuntansi Harmony

Peran jabatan financial controller sangat penting bagi perusahaan Anda. Maka dari itu, dalam mendukung pekerjaan seorang financial controller, Anda pasti membutuhkan sistem pengaturan keuangan perusahaan yang tepat. Salah satunya yaitu menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Jika perusahaan Anda menggunakan software ini, maka dijamin akan lebih mudah untuk melakukan kontrol yang lebih maksimal terhadap kondisi finansial perusahaan. Selain itu, software ini lebih praktis karena bisa mengakses keuangan usaha Anda setiap saat. Nikmati GRATIS 30 hari software akuntansi Harmony klik disini.

Anda tidak memiliki waktu dan tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi. Update juga info dan penawaran terbaru kami melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram