Harmony Blog

Event Marketing Adalah Strategi Meningkatkan Brand Anda

Diposting Sep 7th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Event MarketingPin

Mungkin Anda pernah melihat atau datang ke sebuah acara-acara perkenalan produk. Nah, acara tersebut salah bentuk dari strategi pemasaran yang dikenal dengan event marketing.

Event marketing adalah cara pemasaran produk yang efektif dilakukan pebisnis untuk mendekatkan produk kepada pasar dan juga konsumen.Click to Tweet

Untuk menyelenggarakan event marketing, tentunya Anda akan terlibat dengan banyak pihak. Seperti terlibat langsung dengan customer, media, dan pihak lainnya.

Melakukan event marketing adalah momen di mana customer bisa berinteraksi langsung dengan sebuah brand atau momen terbaik setiap pebisnis untuk memperkenalkan brand image sebuah produk secara langsung.

Apa Itu Strategi Event Marketing?

Strategi event marketing adalah salah satu dari strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menyelenggarakan sebuah acara dengan tujuan untuk mempromosikan sebuah brand, produk, ataupun jasa.

Tentunya perusahaan yang melakukan sebuah event pasti memiliki tujuan untuk memperkenalkan produk baru mereka ke publik. Nantinya publik akan diberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa yang akan ditawarkan oleh perusahaan.

Apa itu strategi event marketingPin

Dengan diadakannya sebuah pemasaran langsung seperti contoh event marketing ini, maka suatu komoditas dapat diperkenalkan dengan baik ke publik. Selain itu bisa juga tercipta sebuah kedekatan emosional dan juga rasional antara konsumen dengan produk yang ada.

Hal tersebut bisa terjadi karena konsumen bisa merasakan, menyentuh, dan mendengar secara langsung produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal ini tentu sangat berbeda dari hanya melihat produk tersebut di iklan ataupun media lainnya.

Dalam melakukan contoh event marketing ini juga Anda harus bisa meninggalkan kesan yang mendalam di pikiran para pengunjung. Apabila saat produk yang Anda promosikan sudah melekat kuat di pikiran konsumen, maka peluang mereka dalam melakukan pembelian ataupun mengkonsumsi produk tentu akan sangat besar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menerapkan Konsep Inti Pemasaran Untuk Bisnis Anda?

Apa Tujuan Diadakannya Event Marketing?

Adapun beberapa tujuan dan fungsi diadakannya sebuah event marketing adalah sebagai berikut:

  1. Dapat Membuat Produk Diterima Oleh Kalangan Masyarakat

    Agar produk dapat diterima oleh kalangan masyarakat, maka Anda sebagai pebisnis perlu mengadakan pendekatan produk atau jasa secara emosional dan juga personal pada calon konsumen Anda.

    Hal inilah yang merupakan fungsi utama diadakannya sebuah event marketing. Dengan berbagai strategi yang terdapat dalam event marketing tentu akan mengatur setiap hal yang mendukung jalannya sebuah acara, agar pesan produk dapat diterima baik oleh kalangan masyarakat yang sudah hadir pada event tersebut.

  2. Memperluas Jaringan Bisnis Anda

    Dalam melakukan sebuah event, tentunya akan ada banyak sekali pihak yang akan terlibat. Selain tim event, akan ada juga pihak luar yang mungkin menjadi mitra kerja sama bisnis Anda di masa depan. Para investor dan juga pesaing juga akan menjadi satu kesatuan di dalam jaringan bisnis.

    Dengan suksesnya sebuah event yang dibuat, bukan tidak mungkin akan ada banyak investor yang akan tertarik untuk melakukan sebuah pendanaan di perusahaan Anda.

  3. Dapat Meningkatkan Permintaan Produk

    Tujuan dilakukannya sebuah event marketing adalah untuk meningkatkan permintaan produk ataupun jasa bisnis Anda. Event marketing ini dapat membuat pemasaran Anda menjadi lebih membekas dan intim pada para konsumen Anda.

    Maka dari itu, sudah banyak perusahaan yang melakukan strategi event marketing untuk merilis produk barunya dan memperkenalkan produknya pada calon konsumen secara langsung.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menyelenggarakan Event Marketing

Menyelenggarakan sebuah event tidaklah asal-asalan. Adapun terdapat beberapa tahap untuk menyelenggarakannya yaitu:

  1. Persiapan Awal Acara

    Persiapan awal yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan ide, menyusun anggaran yang diperlukan dalam membuat event, dan apa tujuan diselenggarakannya event tersebut.

    Selain itu Anda juga jangan lupa untuk menulis siapa saja pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut, seperti media, artis, pemerintah, catering dan lainnya.

  2. Peluncuran Event

    Apabila Anda sudah mempersiapkan semuanya di awal, maka langkah selanjutnya Anda mengumumkan ke sosial media mengenai event yang nantinya akan Anda selenggarakan.

    Tahap ini Anda berfokus untuk bagaimana caranya agar mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Apabila acara Anda ini segmented, maka pastikan bahwa orang-orang spesial tersebut turut hadir dalam event Anda.

  3. Persiapan Akhir Event

    Bagian ini biasanya dilakukan pada H-7 atau H-3 dan seharusnya seluruh persiapan sudah selesai dilakukan, dan setiap vendor dan pengisi acara sudah mengkonfirmasi serta hal-hal lainnya.

    Dalam tahap persiapan akhir ini cenderung untuk mengevaluasi persiapan awal serta mengantisipasi adanya hal-hal di luar perencanaan. Maka dari itu alangkah baiknya Anda dan tim Anda sudah membuat plan yang mana nantinya digunakan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang di luar perencanaan acara.

  4. Melaksanakan Event

    Tahap ini adalah di mana event marketing berlangsung. Maka dari itu pada tahap ini seluruh tim harus siap dengan job desk nya masing-masing dan harus selalu stand by. Pastikan juga bahwa alur koordinasi jelas agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka bisa teratasi dengan baik.

    Baca Juga: Manajemen Pemasaran Internasional Dan Target Pasarnya

Contoh Event Marketing

Adapun beberapa contoh event marketing yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan Anda.

  1. Webinar

    Contoh event marketing ini tentu diselenggarakan secara online. Webinar merupakan seminar, talkshow, atau diskusi yang dilakukan secara online yang mana peserta yang hadir hanya dapat dilihat melalui laptop ataupun layar gadget saja, atau dapat dikatakan secara virtual.

    WebinarsPin

    Selama Anda dapat terhubung dengan mudah pada jaringan internet, maka Anda bisa turut serta berpartisipasi di dalam event marketing tersebut.

    Untuk meningkatkan brand awareness, webinar sangat efektif untuk Anda gunakan dalam menjangkau target konsumen yang memiliki kendala jarak. Tentu acara ini masih bisa Anda lakukan dengan cara menggunakan zoom, google meet, facebook live, dan lainnya.

  2. Konferensi

    Sebagian orang tentu pasti akan menghubungkan event marketing ini dengan tujuan pendidikan. Event ini juga sangat identik dengan diskusi masalah ataupun isu tertentu, yang mana dengan cara menghadirkan para pembicara yang dinilai profesional. Tujuannya agar menghimpun berbagai orang dengan goals yang sangat spesifik.

    Contohnya seperti memberikan informasi dengan cara bagaimana cara mengurangi pencemaran lingkungan, hal apa yang harus dilakukan untuk mencegah adanya kekerasan pada anak-anak, dan lain-lain.

  3. Event Launching

    Sebuah bisnis dapat membuat acara event marketing dengan tujuan untuk memperkenalkan varian produk terbarunya dan memperkenalkan berbagai fitur terbaru bisnisnya.

    Contohnya seperti event launching yang terdapat pada perusahaan Samsung yang mana menyelenggarakan Unpacked 2020 agar bisa memperkenalkan Samsung S20 dan juga Sambung Galaxy Z Flip nya pada kalangan masyarakat.

  4. Workshop

    Workshop ini bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan konferensi. Dalam workshop ini juga akan dipimpin oleh orang yang sudah ahli dalam bidangnya tersebut.

    Tujuan diadakannya workshop ini adalah agar para peserta mendapatkan keahlian baru. Yang mana singkatnya, workshop ini menggabungkan antara teori dan praktik dalam waktu bersamaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai event marketing yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan adanya event marketing, maka konsumen berkesempatan langsung untuk melakukan interaksi dengan produk. Tentunya hal tersebut tidak bisa mereka temui pada strategi pemasaran lainnya.

Jika event marketing ini dapat dilakukan dengan baik, maka strategi ini mampu mendatangkan keuntungan yang sangat melimpah untuk bisnis Anda.

Namun, Anda harus bisa mencatat setiap keuntungan tersebut ke dalam catatan laba rugi perusahaan. Walaupun memang memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk melakukannya, namun catatan keuangan ini akan sangat membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Mau tahu cara mudahnya dalam mencatat keuangan? Anda dapat memanfaatkan software akuntansi seperti Harmony.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Masih ragu? Silakan coba untuk membuktikan sendiri, daftar FREE Trial 30 hari, klik tautan ini. Info lebih lanjut, like dan follow juga akun media sosial Harmony, di InstagramLinkedIn, dan Facebook sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK