Harmony » Blog » 

Customer Acquisition Cost (CAC), Bagaimana Cara Hitung dan Meningkatkannya?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 8, 2021

Berapa CAC atau Customer Acquisition Cost bisnis Anda? Apakah Anda tahu bahwa ada CAC atau Customer Acquisition Cost adalah biaya perusahaan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Dalam pembahasan kali ini, kita akan memahami bagaimana menurunkan CAC atau Customer Acquisition Cost sekaligus memaksimalkan profit bisnis.

Customer Acquisition Cost adalah sejumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam upaya mendapatkan prospek atau pelanggan baru.Click to Tweet

Bagi bisnis apapun mendapatkan pelanggan baru adalah suatu tantangan besar. Perusahaan mengeluarkan sejumlah biaya untuk menjangkau pelanggan baru. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan rencana strategis dan strategi pemasaran produk/ jasa, maka perlu melihat CAC atau Customer Acquisition Cost.

Pengertian CAC Atau Customer Acquisition Cost Adalah

CAC atau Customer Acquisition Cost adalah sejumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam upaya mendapatkan prospek atau pelanggan baru. Biaya ini meliputi gaji tim pemasaran, gaji tim sales force/ sales person, biaya iklan, biaya strategi pemasaran segmenting, biaya kampanye di Facebook/ Instagram, dan lainnya.

Pengertian Customer Acquisition Cost

Cara mengidentifikasi CAC atau Customer Acquisition Cost adalah menjumlahkan keseluruhan biaya sumber daya dan dibagi dengan jumlah total pelanggan yang didapatkan.

Cara Hitung CAC Atau Customer Acquisition Cost Adalah

Untuk menghitung CAC atau Customer Acquisition Cost, caranya mudah. Yaitu, membagi antara semua biaya pengeluaran iklan/ pemasaran, dengan jumlah total pelanggan dalam satu periode.

Rumus CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah

Rumus Customer Acquisition Cost

Total biaya pengeluaran, tersebut terdiri dari:

  1. Biaya pemasaran, contoh biaya iklan.
  2. Biaya pegawai/ karyawan, contoh biaya upah sales person.
  3. Biaya layanan profesi, contoh: konsultasi, desain, developer website, dll.
  4. Biaya penjualan, contoh: upah makelar, charge fee eCommerce.
  5. Biaya software/ perangkat lunak, contoh: biaya instalasi aplikasi, pembelian software, dll.
  6. Biaya pengeluaran lainnya, contoh: biaya sewa, biaya peralatan, dll.

Alternatif, formula CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah menjumlahkan keenam biaya di atas lalu dibagi jumlah pelanggan yang didapatkan dalam satu periode.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

Cara Meningkatkan Strategi CAC Atau Customer Acquisition Cost

Berikut ini ada beberapa strategi CAC yang bisa Anda pahami:

  1. Optimalkan Tingkat Konversi

    Pastikan pengunjung situs atau audiens akun medsos bisnis mudah berkonversi menjadi pelanggan atau prospek potensial. Misalnya, tambatkan atau embed tombol check-out button, sediakan berbagai metode pembayaran non-tunai, berikan promo diskon, dan lainnya.

  2. Maksimalkan Pelanggan Saat Ini

    Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bisa memastikan pelanggan saat ini merasa puas, loyal, dan bersedia datang lagi. Tawarkan upgrade member atau produk terbaru yang bisa dicoba member tertentu.

    Jika tidak, tawarkan voucher, hadiah, atau event khusus pelanggan dengan tingkat pembelian tertentu.

  3. Edukasi Calon Pelanggan

    Calon pembeli saat ini semakin cerdas. Jarang sekali, orang membeli tanpa browsing atau mencari tahu di Google tentang produk atau layanan yang diinginkan.

    Daripada capek membujuk dan merayu calon prospek Anda, jadilah mitra bisnis terpercaya. Buatlah konten-konten yang mengedukasi di website Anda. Sehingga, calon pelanggan bisa lebih memahami manfaat produk/ jasa cukup melihat media online.

    Bila perlu, selenggarakan webinar atau buat konten video Youtube untuk menginformasi masyarakat tentang produk Anda.

[elementor-template id="26379"]

Contoh Customer Acquisition Cost

Agar lebih mudah memahami CAC, mari simak Contoh biaya akuisisi pelanggan berikut.

Contoh Customer Acquisition Cost

Dari Contoh Customer Acquisition Cost di atas maka nilai CAC-nya adalah

Total biaya : 200.000.000 + 80,000.000 + 60,000.000 + 20,000.000 = 360.000.000

Jml pelanggan : 7.000

Customer Acquisition Cost = 360.000.000 : 7.000 = Rp 51.428.

Kunci Penting Memikat Lebih Banyak Pelanggan Baru

Kembangkan perusahaan Anda agar menarik lebih banyak perhatian pelanggan baru dengan CAC. Untuk mempermudah dalam hal manajemen keuangan guna membiayai iklan, strategi pemasaran, dan mengelola gaji tim pemasaran, pakai Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony dapat menjadi solusi keuangan dan pembukuan bisnis secara real time berbasis teknologi Cloud. Fiturnya lengkap untuk menyederhanakan tugas-tugas accounting.

Termasuk pencatatan transaksi, smart invoicing, inventory, purchasing order, pembelian, dan masih banyak lagi. Ikuti dan like akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.

Yuk, meraih kesuksesan bisnis dengan pengelolaan keuangan secara modern bersama Software Akuntansi Harmony. Dapatkan uji coba GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram