Berapa CAC atau Customer Acquisition Cost bisnis Anda? Apakah Anda tahu bahwa ada CAC atau Customer Acquisition Cost adalah biaya perusahaan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Dalam pembahasan kali ini, kita akan memahami bagaimana menurunkan CAC atau Customer Acquisition Cost sekaligus memaksimalkan profit bisnis.
Bagi bisnis apapun mendapatkan pelanggan baru adalah suatu tantangan besar. Perusahaan mengeluarkan sejumlah biaya untuk menjangkau pelanggan baru. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan rencana strategis dan strategi pemasaran produk/ jasa, maka perlu melihat CAC atau Customer Acquisition Cost.
Table of Contents
CAC atau Customer Acquisition Cost adalah sejumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam upaya mendapatkan prospek atau pelanggan baru. Biaya ini meliputi gaji tim pemasaran, gaji tim sales force/ sales person, biaya iklan, biaya strategi pemasaran segmenting, biaya kampanye di Facebook/ Instagram, dan lainnya.
Cara mengidentifikasi CAC atau Customer Acquisition Cost adalah menjumlahkan keseluruhan biaya sumber daya dan dibagi dengan jumlah total pelanggan yang didapatkan.
Untuk menghitung CAC atau Customer Acquisition Cost, caranya mudah. Yaitu, membagi antara semua biaya pengeluaran iklan/ pemasaran, dengan jumlah total pelanggan dalam satu periode.
Rumus CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah
Total biaya pengeluaran, tersebut terdiri dari:
Alternatif, formula CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah menjumlahkan keenam biaya di atas lalu dibagi jumlah pelanggan yang didapatkan dalam satu periode.
Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet
Berikut ini ada beberapa strategi CAC yang bisa Anda pahami:
Pastikan pengunjung situs atau audiens akun medsos bisnis mudah berkonversi menjadi pelanggan atau prospek potensial. Misalnya, tambatkan atau embed tombol check-out button, sediakan berbagai metode pembayaran non-tunai, berikan promo diskon, dan lainnya.
Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bisa memastikan pelanggan saat ini merasa puas, loyal, dan bersedia datang lagi. Tawarkan upgrade member atau produk terbaru yang bisa dicoba member tertentu.
Jika tidak, tawarkan voucher, hadiah, atau event khusus pelanggan dengan tingkat pembelian tertentu.
Calon pembeli saat ini semakin cerdas. Jarang sekali, orang membeli tanpa browsing atau mencari tahu di Google tentang produk atau layanan yang diinginkan.
Daripada capek membujuk dan merayu calon prospek Anda, jadilah mitra bisnis terpercaya. Buatlah konten-konten yang mengedukasi di website Anda. Sehingga, calon pelanggan bisa lebih memahami manfaat produk/ jasa cukup melihat media online.
Bila perlu, selenggarakan webinar atau buat konten video Youtube untuk menginformasi masyarakat tentang produk Anda.
[elementor-template id="26379"]
Agar lebih mudah memahami CAC, mari simak Contoh biaya akuisisi pelanggan berikut.
Dari Contoh Customer Acquisition Cost di atas maka nilai CAC-nya adalah
Total biaya : 200.000.000 + 80,000.000 + 60,000.000 + 20,000.000 = 360.000.000
Jml pelanggan : 7.000
Customer Acquisition Cost = 360.000.000 : 7.000 = Rp 51.428.
Kembangkan perusahaan Anda agar menarik lebih banyak perhatian pelanggan baru dengan CAC. Untuk mempermudah dalam hal manajemen keuangan guna membiayai iklan, strategi pemasaran, dan mengelola gaji tim pemasaran, pakai Software Akuntansi Harmony.
Aplikasi Harmony dapat menjadi solusi keuangan dan pembukuan bisnis secara real time berbasis teknologi Cloud. Fiturnya lengkap untuk menyederhanakan tugas-tugas accounting.
Termasuk pencatatan transaksi, smart invoicing, inventory, purchasing order, pembelian, dan masih banyak lagi. Ikuti dan like akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.
Yuk, meraih kesuksesan bisnis dengan pengelolaan keuangan secara modern bersama Software Akuntansi Harmony. Dapatkan uji coba GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.