Harmony Blog

Customer Acquisition Cost (CAC), Bagaimana Cara Hitung dan Meningkatkannya?

Diposting Sep 8th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Customer Acquisition CostPin

Berapa CAC atau Customer Acquisition Cost bisnis Anda? Apakah Anda tahu bahwa ada CAC atau Customer Acquisition Cost adalah biaya perusahaan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Dalam pembahasan kali ini, kita akan memahami bagaimana menurunkan CAC atau Customer Acquisition Cost sekaligus memaksimalkan profit bisnis.

Customer Acquisition Cost adalah sejumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam upaya mendapatkan prospek atau pelanggan baru.Click to Tweet

Bagi bisnis apapun mendapatkan pelanggan baru adalah suatu tantangan besar. Perusahaan mengeluarkan sejumlah biaya untuk menjangkau pelanggan baru. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan rencana strategis dan strategi pemasaran produk/ jasa, maka perlu melihat CAC atau Customer Acquisition Cost.

Pengertian CAC Atau Customer Acquisition Cost Adalah

CAC atau Customer Acquisition Cost adalah sejumlah total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam upaya mendapatkan prospek atau pelanggan baru. Biaya ini meliputi gaji tim pemasaran, gaji tim sales force/ sales person, biaya iklan, biaya strategi pemasaran segmenting, biaya kampanye di Facebook/ Instagram, dan lainnya.

Pengertian customer acquisition costPin

Cara mengidentifikasi CAC atau Customer Acquisition Cost adalah menjumlahkan keseluruhan biaya sumber daya dan dibagi dengan jumlah total pelanggan yang didapatkan.

Cara Hitung CAC Atau Customer Acquisition Cost Adalah

Untuk menghitung CAC atau Customer Acquisition Cost, caranya mudah. Yaitu, membagi antara semua biaya pengeluaran iklan/ pemasaran, dengan jumlah total pelanggan dalam satu periode.

Rumus CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah

Rumus customer acquisition cost

Total biaya pengeluaran, tersebut terdiri dari:

  1. Biaya pemasaran, contoh biaya iklan.
  2. Biaya pegawai/ karyawan, contoh biaya upah sales person.
  3. Biaya layanan profesi, contoh: konsultasi, desain, developer website, dll.
  4. Biaya penjualan, contoh: upah makelar, charge fee eCommerce.
  5. Biaya software/ perangkat lunak, contoh: biaya instalasi aplikasi, pembelian software, dll.
  6. Biaya pengeluaran lainnya, contoh: biaya sewa, biaya peralatan, dll.

Alternatif, formula CAC atau biaya akuisisi pelanggan adalah menjumlahkan keenam biaya di atas lalu dibagi jumlah pelanggan yang didapatkan dalam satu periode.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

Cara Meningkatkan Strategi CAC Atau Customer Acquisition Cost

Berikut ini ada beberapa strategi CAC yang bisa Anda pahami:

  1. Optimalkan Tingkat Konversi

    Pastikan pengunjung situs atau audiens akun medsos bisnis mudah berkonversi menjadi pelanggan atau prospek potensial. Misalnya, tambatkan atau embed tombol check-out button, sediakan berbagai metode pembayaran non-tunai, berikan promo diskon, dan lainnya.

  2. Maksimalkan Pelanggan Saat Ini

    Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang bisa memastikan pelanggan saat ini merasa puas, loyal, dan bersedia datang lagi. Tawarkan upgrade member atau produk terbaru yang bisa dicoba member tertentu.

    Jika tidak, tawarkan voucher, hadiah, atau event khusus pelanggan dengan tingkat pembelian tertentu.

  3. Edukasi Calon Pelanggan

    Calon pembeli saat ini semakin cerdas. Jarang sekali, orang membeli tanpa browsing atau mencari tahu di Google tentang produk atau layanan yang diinginkan.

    Daripada capek membujuk dan merayu calon prospek Anda, jadilah mitra bisnis terpercaya. Buatlah konten-konten yang mengedukasi di website Anda. Sehingga, calon pelanggan bisa lebih memahami manfaat produk/ jasa cukup melihat media online.

    Bila perlu, selenggarakan webinar atau buat konten video Youtube untuk menginformasi masyarakat tentang produk Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Customer Acquisition Cost

Agar lebih mudah memahami CAC, mari simak Contoh biaya akuisisi pelanggan berikut.

Contoh customer acquisition costPin

Dari Contoh Customer Acquisition Cost di atas maka nilai CAC-nya adalah

Total biaya : 200.000.000 + 80,000.000 + 60,000.000 + 20,000.000 = 360.000.000

Jml pelanggan : 7.000

Customer Acquisition Cost = 360.000.000 : 7.000 = Rp 51.428.

Kunci Penting Memikat Lebih Banyak Pelanggan Baru

Kembangkan perusahaan Anda agar menarik lebih banyak perhatian pelanggan baru dengan CAC. Untuk mempermudah dalam hal manajemen keuangan guna membiayai iklan, strategi pemasaran, dan mengelola gaji tim pemasaran, pakai Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony dapat menjadi solusi keuangan dan pembukuan bisnis secara real time berbasis teknologi Cloud. Fiturnya lengkap untuk menyederhanakan tugas-tugas accounting.

Termasuk pencatatan transaksi, smart invoicing, inventory, purchasing order, pembelian, dan masih banyak lagi. Ikuti dan like akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.

Yuk, meraih kesuksesan bisnis dengan pengelolaan keuangan secara modern bersama Software Akuntansi Harmony. Dapatkan uji coba GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK