Harmony Blog

Contoh Sederhana Laporan Keuangan Bisnis UKM yang sesuai dengan SAK EMKM

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sak emkmPin

Bagi setiap pemilik bisnis yang berkembang dan berbasis UMKM, akan sangat membutuhkan pembukuan sederhana mulai dari pencatatan hingga pelaporan keuangan. Namun bagaimana jika UMKM ingin menyajikan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi. Ternyata SAK EMKM disahkan oleh Dewan IAI untuk memenuhi kebutuhan laporan keuangan UMKM di Indonesia.

Sebelumnya secara internasional, akuntansi telah memiliki standar yang berlaku di berbagai negara seperti GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) dan IFRS (International Financial Reporting Standard). Kemudian Indonesia meresmikan standar akuntansi pelaporan keuangan khusus bagi UMKM pelaporan keuangan khusus bagi UMKM yaitu SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah).

Laporan keuangan menurut SAK EMKM dibuat berdasarkan asumsi dasar akrual dan sesuai dengan kelangsungan bisnis usaha. Sebagai syarat penyajian laporan keuangan UMKM juga harus bersifat relevan, lengkap, mudah dipahami dan komparatif.

Apa Sih SAK EMKM Itu?

Menurut IAI Undang-Undang No 20 Tahun 2008

Mengutip ED SAK EMKM yang disahkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) bahwa UU No.20 Thn 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dapat digunakan sebagai acuan dalam mendefinisikan dan memberikan rentang kuantitatif EMKM.

ED SAK EMKM  ini juga berlaku efektif tanggal 1 Januari 2018. Sebagai entitas mikro, kecil, dan menengah adalah entitas tanpa akuntabilitas publik yang signifikan, sebagaimana didefinisikan dalam Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), yang memenuhi definisi dan kriteria usaha mikro, kecil, dan menengah sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, setidak-tidaknya selama dua tahun berturut-turut.

SAK EMKM merupakan sebuah peraturan pelaporan keuangan yang disusun secara khusus untuk entitas mikro kecil dan menengah. SAK EMKM merupakan sebuah peraturan pelaporan keuangan yang disusun secara khusus untuk entitas mikro kecil dan menengah. Sehingga dapat dijadikan sebagai patokan standar akuntasi keuangan pada UMKM, UMKM dan disahkan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) sebagai sebuah organisasi profesi yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia. Melalui website iaiglobal.or.id.

Baca Juga : 3 Contoh Standar Audit Laporan Keuangan dan Penjelasannya

Tujuan Laporan Keuangan SAK EMKM

Tujuan laporan keuangan SAK EMKM adalah untuk menyediakan informasi posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi oleh siapapun yang tidak dalam posisi dapat meminta laporan keuangan khusus untuk memenuhi kebutuhan informasi tersebut.

Pengguna tersebut meliputi penyedia sumber daya bagi entitas seperti kreditor maupun investor. Dalam memenuhi tujuannya, laporan keuangan juga menunjukkan pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

Diharapkan pemilik bisnis dapat menerapkan dan mulai menyajikan sebuah laporan keuangan secara sistematis. Biasanya dimulai dari pencatatan transaksi yang berkaitan dengan uang, pembelian dan penjualan serta kebutuhan kredit atau investor.

Laporan keuangan juga berfungsi untuk mengetahui keadaan finansial perusahaan, sehingga laporan yang dibuat dapat secara detail, tepat dan perhitungan yang baik. SAK EMKM ini hadir untuk membantu Anda dalam mengatur laporan keuangan yang sesuai standarnya. Mungkin saat ini Anda masih sibuk dalam mengembangkan usaha, namun jangan lupa bahwa Anda juga perlu mengatur laporan keuangan Anda dengan baik.

Tentu bukan hal mudah bagi Anda untuk melakukannya. Maka Anda perlu menggunakan layanan profesional kami yaitu jasa sewa ahli pembukuan untuk Anda. Walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun, dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Laporan Keuangan SAK EMKM

Pada pernyataan Pada pernyataan IAI dalam ED SAK EMKM Bab 3 point 3.9, Laporan keuangan minimum terdiri dari:

1. Laporan Posisi Keuangan Akhir Periode

Dikutip dalam ED SAK EMKM, Bab 4 Tentang Laporan Posisi Keuangan dalam ayat 2 menyatakan bahwa informasi, informasi laporan posisi keuangan yang disajikan sebagai entitas dapat mencakup akun-akun berikut:

• Kas dan setara kas

• Piutang

• Persediaan

• Aset tetap

• Utang usaha

• Utang bank

• Ekuitas

Di dalam fungsi penggunaan laporan posisi keuangan yaitu suatu cara untuk membuat keputusan keuangan yang lebih tepat agar mengurangi resiko kerugian dan juga dapat mengontrol arus kas (cash flow) tersebut. Pada data keuangan serta informasi perusahaan dari laporan keuangan, maka kreditur dan investor akan menggunakan laporan untuk menentukan kelayakan investasi dan pemberian kredit terhadap bisnis Anda. Berikut ini contoh laporan keuangan SAK EMKM pada laporan posisi keuangan yaitu :

Image 2Pin

Baca Juga : Neraca Saldo : Penjelasan Lengkap dan Contoh Praktisnya    

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
       

2. Laporan Laba Rugi Selama Periode

Pada pernyataan Pada pernyataan IAI dalam ED SAK EMKM Bab 5 point 5.2, pada informasi laporan laba rugi yang disajikan sebagai entitas dapat mencakup akun-akun berikut:

• Pendapatan

• Beban keuangan

• Beban pajak

Adanya laporan laba rugi, berguna supaya Anda dapat melihat apakah bisnis bisa mendapatkan hasil laba atau rugi dalam periode tertentu. Biasanya periode laporan laba rugi dapat ditentukan per bulan, kuartal, bahkan tahunan.

Fungsi laporan laba rugi dibutuhkan oleh pihak kepentingan internal seperti tim manajemen dan dewan direksi, serta pihak kepentingan eksternal seperti investor dan kreditur. Penggunaan laporan ini berfungsi untuk mengevaluasi profitabilitas bisnis dan membantu menilai tingkat risiko keuangan bisnis.

Kemudian perhitungan rasio profitabilitas pada laporan laba rugi juga dapat dijadikan acuan untuk melihat rasio keuangan lainnya misalnya rasio solvabilitas, rentabilitas, dan sebagainya. Berikut contoh laporan keuangan SAK EMKM pada laporan laba rugi yaitu:

Image 3Pin

3. Catatan Atas Laporan Keuangan

Pada pernyataan Pada pernyataan IAI dalam ED SAK EMKM Bab 6 point 6.2, informasi catatan atas laporan keuangan yang berisi tambahan dan rincian akun-akun tertentu yang relevan yaitu sebagai berikut :

• Suatu pernyataan bahwa laporan keuangan telah disusun sesuai dengan ED SAK EMKM

• Ikhtisar kebijakan akuntansi

• Informasi tambahan dan rincian akun tertentu yang menjelaskan transaksi penting dan material sehingga bermanfaat bagi pengguna untuk memahami laporan keuangan.

Catatan atas laporan keuangan dapat tercatat secara sistematis, sehingga dapat mengkategorikan setiap akunnya yang sudah tersajikan disetiap laporan keuangan. Sehingga informasi tersebut dapat terkait di dalam catatan laporan keuangan, berikut ini contoh laporan keuangan SAK EMKM pada catatan atas laporan keuangan yaitu :

Image 4Pin Image 5Pin Image 6Pin

Dengan mematuhi persyaratan SAK EMKM dalam pembuatan laporan keuangan, pemerintah mengharapkan. Pemerintah mengharapkan bisnis UKM atau UMKM di Indonesia semakin maju. Untuk mempermudah bisnis Anda dalam membuat laporan keuangan, dan memiliki usaha kecil.

Anda bisa menggunakan pembukuan manual namun perlu Anda ingat pembukuan manual memiliki risiko human error yang cukup besar. Dapatkan sistem pembukuan software Harmony sebagai sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau secara Gratis 30 Hari.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony